Yuk, Ikuti 7 Cara Hidup Sehat saat Usia Menginjak 40 Tahun

0
12534
sehat

Sehat adalah harta yang tak ternilai. Dengan jiwa dan raga yang sehat, kita dapat melewatkan waktu bersama keluarga tercinta. Dengan jasmani dan rohani yang sehat pula, kita bisa menikmati pencapaian yang diperoleh di tempat kerja atau di lingkungan sosial.

Tapi, ada pula ungkapan yang bilang “life begins at 40”, atau hidup dimulai di usia 40 tahun. Di usia ini, biasanya Anda mulai menempati posisi bagus di kantor, mencapai prestasi tinggi pada karir, mapan secara finansial, memiliki aset yang cukup, dan keluarga sejahtera. Tak heran, orang yang menginjak usia 40 tahun umumnya sangat menikmati hidup dengan menjalani pola hidup tidak sehat. Padahal, di usia ini biasanya seseorang rentan terkena penyakit karena fungsi organ manusia mulai melambat. Tak heran, penyakit ringan atau berat pun mulai menghampiri di usia 40 tahun.

Agar tubuh tetap sehat dan berumur panjang, ada beberapa gaya hidup sehat yang layak diikuti. Di samping itu, Anda juga bisa mencoba beberapa kebiasaan baik seputar perencanaan keuangan yang bermanfaat ketika sakit. Apa saja gaya hidup sehat dan kebiasaan baik tersebut?

Baca juga: Tips Menyiapkan Dana Kesehatan Keluarga

1. Olahraga yang teratur

Olahraga adalah investasi bagi Anda yang ingin berumur panjang. Dengan olahraga yang teratur, sistem kekebalan tubuh meningkat, sehingga tubuh tak mudah terserang bakteri atau radikal bebas. Olahraga juga terbukti menyehatkan saraf, tulang, aliran darah, serta membersihkan racun dalam tubuh.

2. Tidur yang cukup

Gaya hidup sehat di usia 40 tahun ialah dengan tidur yang cukup. Cara ini ampuh membuat kinerja organ tubuh normal, daya tahan tubuh terjaga dengan baik, dan terhindar dari serangan penyakit menular.

3. Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter agar tubuh tidak dehidrasi, mencegah kelelahan, menjaga stamina tubuh agar tetap stabil sehingga akhirnya tubuh tidak mudah jatuh sakit.

4. Jalani pola makan sehat

Menjaga pola makan sehat adalah gaya hidup vital bagi Anda yang telah menginjak usia 40 tahun. Jika tubuh mendapat asupan makanan dengan gizi kurang sempurna, besar kemungkinan tubuh kita akan cepat terserang penyakit. Mengkonsumsi makanan sehat juga membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Hindari mengonsumsi makanan siap saji secara berlebihan karena makanan ini biasanya mengandung pengawet berlebih dan lemak jenuh. Kandungan ini bisa mengakibatkan kegemukan, kelainan fungsi otak, serta kelainan fungsi ginjal dan hati. Hindari pula makanan dan minuman terlalu manis karena

berisiko menimbulkan diabetes. Anda perlu juga menghindari konsumsi kafein berlebih karena bisa mengganggu pernafasan, penyumbatan aliran darah, dan mengganggu saraf-saraf di bagian kepala.

Setelah itu, coba jalani diet seimbang untuk mengikis penumpukan lemak dalam tubuh. Diet yang seimbang juga berguna mempertahankan kadar gula, garam, dan kolesterol dalam tubuh. Sebagai pelengkap, Anda bisa mengkonsumsi suplemen makanan sehat yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan nutrisi seimbang.

5. Hindari rokok dan alkohol

Rokok sepatutnya dihindari karena mengandung nikotin, tar, dan zat lain yang bersifat karsinogen atau zat pemicu kanker. Selain itu, zat karsinogen juga dapat merusak sistem pernafasan dan mengganggu pembuluh darah menuju otak. Begitu pula halnya dengan minuman beralkohol yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu tersumbatnya aliran darah serta pembuluh darah menuju jantung, hati, ginjal, dan otak. Alkohol juga mampu merusak pembuluh darah sehingga tubuh dapat kehilangan daya tahan tubuh dan keseimbangan hormon.

Di samping tubuh sehat, menghindari rokok dan alkohol juga bisa membuat Anda lebih hemat. Misalnya saja, dalam seminggu Anda bisa menghabiskan 5 bungkus rokok. Jika sebungkus rokok harganya Rp15 ribu, maka dalam seminggu Anda bisa menghemat Rp45 ribu dengan berhenti merokok. Ini setara dengan Rp65 ribu seminggu atau Rp3,3 juta setahun. Begitu pula dengan minuman beralkohol yang harganya berkisar antara puluhan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah. Uang ini tentu akan lebih bermanfaat jika disimpan untuk tabungan kesehatan.

6. Membuat perencanaan keuangan

Setelah memastikan pola hidup cukup sehat, kini waktunya membuat perencanaan keuangan, agar Anda tak tambah pusing memikirkan biaya pengobatan saat jatuh sakit. Pertama-tama, Anda bisa menyiapkan dana darurat yang dicairkan. Dana darurat ini dapat digunakan salah satunya untuk menutup biaya rumah sakit atau keperluan mendadak lainnya. Idealnya, dana darurat yang perlu disiapkan ialah sebesar lima kali pengeluaran bulanan. Agar mudah dicairkan, taruhlah dana darurat di rekening tabungan. Kedua, Anda juga bisa melengkapi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan. Tujuannya, agar ketika Anda dan keluarga jatuh sakit, maka tabungan Anda tidak ludes untuk menutup biaya rumah sakit.

Baca juga: Usaha Sampingan untuk Karyawan

7. Tetap berpikiran positif

Pola hidup sudah baik, keuangan pun terencana, jangan lupa untuk selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, maka Anda akan optimistis untuk mengerjakan segala sesuatu dan dapat menyebarkan aura positif kepada orang lain. Jika pikiran Anda dipenuhi oleh hal-hal yang positif, hidup pun lebih bahagia dan tubuh semakin sehat.

Menjalani hidup sehat dan kebiasaan baik di usia 40 tahun bukanlah hal yang sulit. Dengan tekad agar bisa menghabiskan waktu bersama orang tercinta lebih lama, pastilah Anda bisa menjalani hidup sehat dengan semangat.