Asuransi Kesehatan Hospital Benefit vs Cash Plan, Pilih Mana Sebaiknya?

0
6057
asuransi kesehatan hospital benefit

Melengkapi kebutuhan proteksi kesehatan sudah seharusnya dilakukan setiap keluarga. Tujuannya tentu supaya risiko kerugian finansial akibat sakit bisa dikelola dengan baik sehingga tujuan-tujuan keuangan keluarga bisa dicapai. Hal yang menggembirakan, saat ini sudah ada bermacam pilihan produk asuransi kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan agar kebutuhan proteksi keluarga terpenuhi. Dilihat dari tipe penggantian manfaat, ada dua jenis asuransi kesehatan yang saat ini sering ditawarkan, yaitu asuransi kesehatan hospital benefit dan asuransi kesehatan cash plan.

Asuransi kesehatan hospital benefit mungkin lebih familiar bagi Anda. Asuransi ini memberikan perlindungan melalui penggantian biaya medis yang spesifik berdasarkan pos (coverage) yang telah ditentukan dalam polis. Misalnya, untuk biaya rawat inap, biaya kunjungan dokter, biaya obat, dan lain sebagainya. Sedangkan asuransi kesehatan hospital cash plan memberikan perlindungan berupa santunan biaya harian selama si tertanggung sakit. Mana yang lebih oke untuk memenuhi kebutuhan proteksi Anda? Yuk, simak lebih jauh karakteristik asuransi kesehatan hospital benefit dan asuransi kesehatan cash plan tersebut.

Asuransi Kesehatan Hospital Benefit vs Cash Plan

Asuransi kesehatan hospital benefit

Hampir semua perusahaan asuransi jiwa memiliki produk asuransi kesehatan hospital benefit ini. Seperti disinggung di atas, asuransi hospital benefit memberikan perlindungan berupa manfaat penggantian biaya medis sesuai cakupan atau coverage yang tertera dalam polis.

Umumnya, asuransi berjenis hospital benefit membagi cakupan perlindungannya dalam beberapa kategori. Yaitu, manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan, manfaat pembedahan, manfaat intensive care unit (ICU). Lalu ada juga manfaat kunjungan dokter, manfaat biaya obat, hingga manfaat biaya laboratorium, peralatan medis, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Pandangan Salah tentang Asuransi yang Membahayakan Keuangan Anda

Untuk setiap pos yang menjadi cakupan perlindungan, penyedia asuransi biasanya menentukan inner limit atau batas pertanggungan asuransi dalam nominal atau jumlah klaim per kejadian selama usia setahun polis. Misalnya, untuk manfaat rawat inap dibatasi maksimal 150 hari dalam setahun atau klaim maksimal sekian juta rupiah dan sebagainya. Asuransi kesehatan jenis ini juga biasanya menerapkan batas total nilai klaim maksimal dalam setahun (yearly limit).

asuransi kesehatan hospital benefit

Asuransi kesehatan hospital cash plan

Asuransi kesehatan hospital cash plan memberikan manfaat berupa santunan harian senilai tertentu, dikalikan dengan jumlah hari di mana Anda dirawat inap. Jadi, manfaat asuransi tidak diberikan spesifik berdasarkan biaya medis atau biaya perawatan. Itu sebabnya, jumlah manfaat yang Anda peroleh pada asuransi kesehatan hospital cash plan bisa lebih kecil atau lebih besar dari biaya yang Anda tanggung sesungguhnya ketika dirawat inap di rumah sakit.

Sebagai contoh, Anda jatuh sakit dan harus dirawat inap selama 10 hari di rumah sakit. Kebetulan Anda memiliki asuransi kesehatan berjenis hospital cash plan atau santunan harian dengan besar manfaat senilai Rp1 juta per hari. Dengan begitu, Anda bisa menerima manfaat sejumlah 10 hari x Rp1 juta atau Rp10 juta. Jadi, kendati biaya perawatan Anda, katakanlah hanya menghabiskan biaya Rp5 juta, Anda tetap berhak mendapatkan santunan asuransi sebesar Rp10 juta sesuai jumlah hari Anda dirawat di rumah sakit. Sebaliknya, saat Anda dirawat inap sampai 7 hari dan menghabiskan dana perawatan hingga Rp12 juta, santunan yang diberikan oleh asuransi hospital cash plan tetap akan sejumlah Rp7 juta saja.

Baca juga: Alasan Penting Mengapa Punya BPJS Kesehatan Saja Tidak Cukup

Asuransi santunan harian pada dasarnya ditujukan sebagai perlindungan terhadap biaya-biaya yang hilang akibat Anda sakit. Misalnya, karena sakit,  Anda tidak mampu bekerja dan kehilangan penghasilan. Maka, manfaat dari asuransi santunan harian bisa menutup risiko kehilangan penghasilan selama Anda sakit. Yang menarik, umumnya asuransi kesehatan berjenis santunan harian tetap bisa diklaim kendati Anda sudah memiliki asuransi kesehatan lain (coordination of benefit). Ini karena asuransi santunan harian juga ditujukan untuk membantu biaya perawatan manakala asuransi kesehatan lain yang Anda gunakan plafonnya belum memadai.

asuransi kesehatan hospital benefit

Avrist Simple Start: Asuransi yang Memiliki Semua Manfaat 

Dua jenis asuransi kesehatan baik yang bertipe hospital benefit maupun cash plan masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Anda tinggal menyesuaikan mana tipe asuransi yang lebih memadai untuk kebutuhan dan kondisi keuangan. Nah, adakah produk asuransi kesehatan yang memiliki dua manfaat sekaligus: yakni sebagai asuransi hospital benefit sekaligus memberi manfaat cash plan? Jawabannya, ada.

Avrist Simple Start, produk asuransi kesehatan terbaru dari Avrist Assurance memberikan dua manfaat tersebut sekaligus dalam satu produk. Jadi, selain memberikan manfaat penggantian biaya medis mulai dari manfaat rawat inap, manfaat ICU, manfaat pembedahan hingga manfaat rawat jalan dan komplikasi kehamilan, Avrist Simple Start juga memberikan manfaat santunan harian apabila biaya rawat inap/ICU atau pembedahan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Nilai santunan harian mulai Rp200.000 hingga Rp500.000 per hari sesuai jenis insurance plan yang Anda ambil. Menarik, bukan?

Baca juga: Anak Muda Juga Perlu Asuransi, Lihat Daftarnya di Sini

Jadi, kapan lagi bisa memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat lengkap? Yuk, segera lengkapi proteksi kesehatan bersama Avrist Assurance!