Ingin Mulai Bisnis dengan Modal Kecil, Apakah Bisa?

0
2967
Mulai Bisnis dengan Modal Kecil

Bagaimana jika ingin mulai bisnis dengan modal kecil? Apakah bisa? Jangan mundur dulu. Banyak orang pernah mengalaminya. Bahkan, tak jarang dari mereka yang berhasil mengukir kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Berawal dari modal kecil, bisnis mereka kemudian berkembang menjadi besar hingga akhirnya bisa menjadi penopang utama ekonomi keluarga dan masyarakat.

Mulailah dari hal yang sederhana dan mungkin dilakukan, misalnya melalui bisnis online. Paling tidak, dengan memulai bisnis online, Anda tak perlu berpikir bagaimana mencari modal untuk sewa tempat usaha. Sambil belajar, coba dulu menjadi reseller online yang tanpa modal. Banyak lagi peluang lain yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis dengan modal pas-pasan.

Meski menantang, tapi mulai bisnis dengan modal kecil bisa dilakukan

Konsultan bisnis Bernie Klinder, dikutip dari Forbes (2017) mengatakan, mulai bisnis dengan modal kecil memang sangat menantang, tetapi bisa dilakukan. Jangan patah semangat dulu. Ia mencontohkan Mary Kay dan bisnisnya, Domino’s Pizza, yang dimulai dengan beberapa ratus Dollar AS.

Bernie menekankan, untuk mulai bisnis dengan modal kecil, pertama, disiplinlah soal keuangan. Kedua, jangan berutang!

Ketiga, jika Anda memulai bisnis dengan modal yang sangat sedikit, hematlah dengan uang yang Anda punya. Idealnya, Anda memulai bisnis dengan biaya overhead yang sangat sedikit, dengan Anda sebagai sumber utama tenaga kerjanya. Mengapa? Agar Anda tak perlu pusing memikirkan membayar tenaga kerja.

BACA JUGA: Intip 6 Inspirasi Bisnis Daur Ulang Barang Bekas

Beberapa hal yang perlu diingat jika mulai bisnis dengan modal terbatas 

  1. Jangan menghabiskan satu Rupiah pun tanpa memikirkan bagaimana uang itu akan menumbuhkan bisnis Anda. Jika apa yang Anda beli tidak membuat Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan, atau memungkinkan Anda melayani lebih banyak pelanggan, jangan membelanjakannya.
  2. Bisnis Anda bukan celengan pribadi Anda. Bersiaplah untuk menerima gaji sedikit atau bahkan tidak ada untuk tahun pertama bisnis Anda. Untuk beberapa tahun pertama bisnis berjalan, Anda mungkin adalah karyawan dengan bayaran terendah. Turunkan pengeluaran pribadi Anda hingga mendekati nol.
  3. Jangan menganggap Anda harus membeli segalanya untuk memulai bisnis yang dijajaki.
  4. Jangan buru-buru membuka ruang kantor fisik atau toko. Penyediaan ruang kantor membutuhkan biaya besar.
  5. Jangan membeli peralatan baru. Bisnis selalu punya risiko bangkrut. Ini harus diingat. Jika membutuhkan peralatan, hampir semua yang Anda butuhkan, mulai dari perabot kantor hingga peralatan pabrik, tersedia versi bekas.
  6. Pelajari beberapa prinsip akuntansi dasar. Anda tidak harus menjadi seorang akuntan, tetapi perlu memahami cara melacak pendapatan dan pengeluaran Anda. Dengan demikian, dapat menentukan kegiatan mana yang menguntungkan dan mana yang tidak.
  7. Selalu ingat bahwa “cash is king” atau “uang tunai adalah raja”, dan laba bersih lebih penting daripada pendapatan yang tinggi. Jika Anda kehabisan uang tunai dan kehabisan fasilitas utang, maka bisnis Anda telah selesai. Untuk menjadi sukses, Anda benar-benar harus fokus pada kegiatan bernilai tinggi dan investasi yang menumbuhkan bisnis Anda.
BACA JUGA: Mudah dan Kekinian, Ini 10 Bisnis Potensial di Instagram

Bisnis apa yang bisa dimulai dengan modal kecil?

Paling mudah untuk memulai bisnis adalah, pilih bisnis yang sesuai dengan hobi Anda. Mengapa? Hal ini akan menimbulkan kesenangan tersendiri. Segala sesuatu yang dimulai karena senang dan membuat hati gembira, pasti akan berjalan lebih lancar. Paling tidak, ini adalah awal yang baik. Anda tak harus mempelajari banyak, karena selama ini Anda menyukainya.

Ini beberapa ide bisnis yang minim modal yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Fotografi

    Suka fotografi? Anda bisa mulai menjajaki bisnis jasa fotografi, jangan hanya sekadar hobi memotret. Dengan memulai bisnis ini, Anda tidak harus berpikir mengadakan peralatan. Gunakan peralatan yang selama ini sudah Anda miliki saja. Tak hanya soal menjual jasa foto untuk berbagai acara, foto-foto yang Anda hasilkan juga bisa dijual ke sumber foto online.

  • Penulis resensi atau editor tulisan

    Bagi Anda yang hobi membaca, mengapa tidak mengubah kecintaan Anda pada buku menjadi penghasilan? Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari buku. Misalnya, jasa meresensi buku lepas atau memulai blog buku. Anda tidak hanya dapat dibayar, tetapi sering kali juga mendapatkan buku gratis juga. Pilihan lain, menjadi editor yang mengedit tulisan. Dengan menjadi editor, Anda dapat membaca dan memperbaiki kesalahan dalam tulisan.

BACA JUGA: 5 Ide Side Hustle Agar Passion Terpenuhi dan Pendapatan Bertambah
  • Crafting

    Bagi mereka yang kreatif, punya hobi crafting alias kerajinan tangan, ini adalah modal besar. Modal tak hanya terkait uang, tetapi juga bakat dan kemampuan. Misal, Anda memiliki hobi merajut atau menjahit, kenapa tidak mulai memasarkan produk yang pernah Anda hasilkan selama ini? Jika selama ini melakukannya karena senang, maka ubahlah menjadi sumber penghasilan. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Buatlah beberapa contoh produk, kemudian buka pre-order atau pemesanan. Dengan begitu, Anda hanya akan membuat produk sesuai pesanan dan tak ada modal yang terbuang sia-sia. Anda membuat barang yang sudah pasti terjual.

BACA JUGA: Bagaimana Etika Berbisnis dengan Teman?
  • Reseller

    Menjadi reseller atau menjual kembali dengan sistem dropship lebih minim risiko. Anda hanya membutuhkan foto-foto produk dari sebuah agen atau toko, misalnya pakaian, kemudian memasarkannya. Melalui sistem dropship, Anda tinggal memberikan alamat konsumen yang melakukan pemesanan kepada agen atau supplier produk yang Anda pasarkan. Tak ada modal yang harus disiapkan. Pelajari bisnis ini, pelan-pelan kumpulkan modal, siapa tahu suatu saat Anda bisa tumbuh dari seorang reseller bisa menjadi supplier.

Semoga tips mulai bisnis dengan modal kecil ini bisa membantu dan memotivasi Anda ya. Selamat memulai bisnis!