Jangan Kasih Kendor, Begini Cara agar Tetap Berkembang saat Work from Home

0
1810

Pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19) telah melahirkan gaya hidup baru bagi banyak orang. Sudah sebulan penuh kita menjalani social distancing dengan melakukan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan anak-anak belajar dari rumah atau learn from home (LFH). Akhirnya, kita sudah mulai terbiasa dengan “a new normal” seperti tidak terburu-buru mandi sebelum bekerja atau bahkan tidak lagi menyalakan alarm di pagi hari. Tantangan berkegiatan di rumah juga tidak sedikit. Di rumah, kita bisa mengakses layanan movie streaming atau media social kapan saja, tanpa ada yang mengawasi seperti halnya di kantor. Bekerja di rumah juga membuat kita lebih mudah menunda-nunda pekerjaan, misalnya dengan rebahan atau melakukan hal yang tidak produktif. Bagaimana tips agar tetap berkembang saat work from home? Simak artikel ini.

Tips agar Tetap Berkembang saat Work from Home

Agar bisa melawan tantangan dan kebiasaan-kebiasaan yang kontraproduktif di rumah, Anda perlu menanamkan pemahaman bahwa Anda sejatinya adalah karyawan yang bisa bekerja di manapun. Sehingga, jika sebelumnya Anda bisa berkembang di kantor, maka saat ini pun Anda tetap bisa berkembang walaupun tidak ada bos atau rekan kerja yang mengawasi. Bagaimana cara agar tetap berkembang saat work from home?

1. Tetapkan jadwal rutin seperti biasanya

Agar setiap hari terasa seperti hari kerja dan hari sekolah, maka Anda pun perlu menerapkan jadwal rutin yang Anda terapkan sebelum WFH. Misalnya, pasang alarm di pukul 05.00 WIB, kemudian sarapan pada jam 06.00 WIB, dan olahraga di pukul 07.00 WIB. Setelah olahraga, tetapkan jadwal mandi pukul 08.00 WIB, sehingga pukul 09.00 WIB Anda sudah siap bekerja di depan komputer Anda.

Mengatur jadwal ini perlu agar hidup Anda teratur dan tidak banyak waktu terbuang untuk hal-hal yang kurang perlu. Bekerja dari rumah dengan atmosfer yang santai juga membuat batasan antara waktu kerja dan waktu bersama keluarga sangat tidak jelas. Maka, mengatur jadwal ini bisa membantu Anda disiplin menyisihkan waktu untuk pekerjaan dan keluarga. Jangan lupa juga mengatur jadwal untuk akhir pekan dan mengisinya dengan kegiatan hobi atau hal-hal lain yang bisa memanjakan diri.

Baca juga: 7 Cara Mempertahankan Bisnis di Tengah Krisis Corona

tetap produktif saat WFH

2. Bangun suasana yang mendukung WFH

WFH juga memiliki tantangan yang tidak sedikit. Misalnya, Anda harus berinteraksi dengan pasangan 24 jam penuh, karena ia juga bekerja dari rumah. Anda juga harus berdamai meluangkan lebih banyak waktu untuk membimbing anak menjalani sekolah dan les online. Jika kita tidak pintar-pintar menyiasati tantangan ini, bisa-bisa pekerjaan dan tanggung jawab Anda sebagai orangtua sama-sama terbengkalai. Karenanya, Anda perlucara agar tetap berkembang saat work from home serta membangun suasana yang mendukung WFH.

Ciptakan Suasana Bekerja di Rumah dengan Langkah Berikut

  • Tetapkan ruang atau tempat khusus untuk Anda bekerja di rumah

Pisahkan antara ruang bekerja dan ruang santai. Anda bisa menyiapkan suatu ruangan khusus untuk bekerja. Di tempat ini, Anda bisa menempatkan meja kerja, komputer, stationary, dan peralatan pendukung kerja lainnya.

  • Kunci pintu jika diperlukan

Di hari bekerja, Anda akan sering melakukan conference call. Maka, ada baiknya Anda mengunci ruang kerja Anda untuk menghindari gangguan dari anak atau orang-orang di rumah.

  • Siapkan internet dan komputer yang mumpuni

Jangan sampai internet dan komputer menjadi penghalang Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena itu, pastikan Anda punya jaringan internet yang kuat dan komputer yang bisa mendukung pekerjaan Anda.

  • Ikuti jam kerja

Bekerjalah sesuai jam kerja. Artinya, jika saatnya istirahat makan siang atau selesai jam kerja, Anda pun sebaiknya menutup komputer Anda dan beralih mendedikasikan waktu untuk diri sendiri, keluarga, atau hal lain.

  • Tetap terhubung dengan orang lain

Jika Anda merasa kesepian, aturlah conference call bersama rekan kerja atau teman-teman nongkrong untuk sekadar menyapa dan melakukan kegiatan bersama-sama.

Baca juga: Agar Tidak Kesepian, Ini Cara Bersosialisasi Meski #diRumahAja

3. Pastikan target kerja terpenuhi meski jam kerja fleksibel

Salah satu kemewahan yang ditawarkan dari WFH adalah, Anda punya fleksibilitas dalam bekerja. Artinya, Anda menjadi bos untuk diri Anda sendiri. Bila Anda memutuskan untuk mencuci pakaian di waktu pagi hari, pastikan juga bahwa target pekerjaan yang Anda tetapkan hari itu akan tercapai. Dengan demikian, atasan Anda akan menaruh kepercayaan pada Anda.

Download panduan E-book di sini

Proteksi diri Anda agar dapat bekerja dengan tenang

Dengan mengikuti jurus di atas, semoga kini bekerja dari rumah bukanlah menjadi suatu beban bagi Anda, melainkan suatu kemewahan. Sebab, bekerja dari rumah memungkinkan Anda tetap bisa mencari nafkah dan dekat dengan keluarga tercinta.

Maka, manfaatkanlah momen self-quarantine ini sebagai cara agar tetap berkembang saat work from home, memiliki waktu lebih untuk menikmati waktu dengan keluarga, dan jaga kesehatan Anda sekeluarga. Untuk perlindungan kesehatan, percayakan kebutuhan proteksi Anda pada Avrist Assurance yang berkomitmen mengelola risiko finansial Anda dan keluarga ketika jatuh sakit. Tak cuma itu. Agar aktivitas Anda #DiRumahAja tidak membosankan, Anda juga bisa menikmati konten-konten seru ala #AvGotYouatHome di Instagram Avrist Assurance.

Baca juga: 6 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Tanpa Ribet

Jika saat ini Anda masih mencari asuransi kesehatan yang tepat, maka Anda bisa mempertimbangkan Avrist Simple Start, asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan asuransi jiwa. Dengan premi terjangkau per bulan, Avrist Simple Start menawarkan berbagai manfaat antara lain manfaat kamar rawat inap harian, manfaat rawat jalan, manfaat rawat jalan umum, manfaat pembedahan, manfaat bonus tanpa klaim, dan manfaat asuransi jiwa.

Jadi, tunggu apa lagi? Pastikan Anda menjalanicara agar tetap berkembang saat work from home dan terlindungi secara finansial dengan memiliki asuransi kesehatan dari Avrist Assurance.