Membicarakan Soalnya Nominal Gaji ke Teman, Etis atau Tidak?

0
7835
Membahas Soal Besarnya Nominal Gaji ke Teman, Etis atau Tidak?

Membicarakan nominal gaji ke teman bisa jadi membuat suasana tidak nyaman dan memalukan. Lalu, bagaimana cara yang harus dipertimbangkan sebelum memulai topik ini?

“Halo Avrist,

Saya punya seorang teman dekat dan saya sering berbagi banyak hal dengan dia. Ketika saya merasa dekat dengan dia, apakah saya bisa membuka semua hal kepadanya, termasuk soal gaji? Namun, sepertinya topik ini masih begitu sensitif bagi banyak orang. Meski untuk saya pribadi, saya ingin bisa membicarakan tentang penghasilan dengan kolega dan teman secara terbuka. Karena bagi saya, itu bukan lagi menjadi topik pembicaraan yang berat dan sensitif. Jadi, bagaimana cara yang tepat agar saya bisa membicarakan topik ini tanpa menimbulkan ketidaknyamanan?” – Mia, 31 tahun.

Halo Mia,

Sebenarnya, sama saja seperti topik lainnya, informasi mengenai nominal gaji, baik itu gaji yang Anda terima atau orang lain, itu adalah salah satu informasi sensitif. Bisa jadi akhirnya pembicaraan ini akan berujung pada kecemburuan sosial atau permusuhan.

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah, apa sebenarnya tujuan Anda membuka topik ini? Apa Anda sedang di posisi menerima tawaran baru dan ingin mencari tahu seberapa besar nominal gaji yang laik untuk posisi tersebut? Atau mungkin Anda justru ingin mencari tahu informasi ini karena Anda merasa ingin membantu teman-teman lain dan memastikan setiap orang mendapatkan gaji yang layak? Tentunya, ada banyak alasan di balik keinginan Anda membawa topik ini untuk dibicarakan bersama. Nah, alasan ini bisa jadi “pancingan” Anda untuk memulai topik secara perlahan.

Baca Juga: Bagaimana sih Tips Meminta Bantuan Endorse Kepada Teman?

Kedua, Anda harus hati-hati dengan siapa lawan bicara Anda saat membicarakan topik gaji ini. Anda harus melihat kembali apakah ini teman dekat yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan Anda atau teman satu kantor. Bila terjadi di teman satu kantor risiko kecemburuan sosial bisa saja terjadi. Bila Anda sedang di posisi menerima tawaran baru dan ingin mencari tahu seberapa besar nominal gaji yang laik untuk posisi tersebut Anda bisa mencari informasi yang sudah ada di luar sana. Bisa melalui internet dengan melihat kisaran gaji untuk posisi yang sama dari beberapa perusahaan. Cara lainnya, Anda bisa menanyakan kepada sumber daya eksternal seperti mentor, mantan atasan Anda di perusahaan sebelumnya, atau juga organsisasi industri profesional berdasarkan tingkat pengalaman Anda, keahlian, dan wilayah.

Baca Juga: Saat Terdesak, Apakah Tepat Pinjam Uang ke Saudara?

Pertimbangan ketiga, sebaiknya jangan membagi informasi terlalu detil dengan jumlah gaji. Tapi bila ingin berdiskusi beri saja informasi kisaran gaji, Agar teman Anda juga tidak membandingkan penghasilan yang diterimanya dengan orang lain.

Terakhir, taktik terbaik untuk menyampaikan topik ini bersama teman-teman Anda adalah tingkat kenyamanan Anda dan juga mereka. Jangan sampai memaksakan topik pembicaraan yang nantinya malah membuat orang menjadi awkward dan tidak menyukai Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman Kantor yang Julid

Semoga kini Anda bisa berdiskusi seputar besarnya nominal gaji dengan teman dengan cara yang tepat tanpa menimbulkan rasa canggung, ya. Sukses selalu.