Pengkinian Data Nasabah, Apa Saja Manfaatnya?

0
17614
Pengkinian data nasabah
Pengkinian data nasabah

Kamu sudah pernah mendengar istilah pengkinian data nasabah? Jika kamu merupakan nasabah dari suatu perusahaan yang bergerak di industri finansial, baik itu perbankan, asuransi, maupun aset manajemen, kemungkinan kamu pernah menerima email dari perusahaan bersangkutan yang meminta kamu untuk melakukan pengkinian data.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan pengkinian data nasabah? Apakah kita boleh melewatkan proses tersebut? Dan apakah ada dampak yang merugikan jika kita tidak melakukannya?

Nah, daripada mengira-ngira, langsung kita bahas aja yuk, serba-serbi pengkinian data supaya kamu bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

Apa yang dimaksud dengan pengkinian data nasabah?

Pengkinian data adalah proses pembaharuan data nasabah yang telah bergabung di suatu perusahaan penyedia jasa keuangan. Umumnya, data yang perlu diperbaharui adalah data diri seperti nama, alamat email, nomor telepon, alamat rumah, dan sebagainya.

Nasabah hanya perlu mengisi formulir baik secara online maupun formulir manual yang bisa nasabah kirimkan ke customer service perusahaan penyedia jasa keuangan.

Kalau kamu merupakan nasabah dari Avrist Assurance, maka kamu juga perlu ikut berpartisipasi dalam melakukan prosedur ini. Setiap pemilik polis asuransi Avrist Assurance akan menerima informasi yang memuat imbauan untuk mengisi formulir pengkinian data nasabah.

Mengapa kita perlu melakukannya?

Tujuan utama dari proses ini tentu saja untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Oleh sebab itu, perusahaan jasa keuangan membutuhkan data yang memenuhi unsur LAKU, yaitu Lengkap, Akurat, Kini, dan Utuh.

Dengan menyediakan data yang memenuhi kriteria LAKU, nasabah dapat bertransaksi dengan lebih aman dan nyaman.

Selain itu, prosedur pengkinian data juga telah diatur oleh OJK melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 12/POJK.01/2017 Tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Di Sektor Jasa Keuangan.

Jadi, kamu nggak perlu khawatir kalau data kamu akan disalahgunakan. Landasan prosedur ini memenuhi aturan dari OJK ya, dan tidak dilakukan untuk penyalahgunaan data pribadi nasabah.

Apa saja keuntungan jika melakukan pengkinian data?

Dengan melakukan pengkinian data, kamu akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi. Seperti kemudahan saat proses verifikasi dan transaksi di perusahaan penyedia jasa keuangan, karena data-datamu sudah tersimpan dan teregistrasi dengan baik.

Perusahaan penyedia jasa keuangan juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan data kamu, sehingga kebocoran yang mengakibatkan penyalahgunaan data dapat dihindari.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang akurat dan valid dari perusahaan penyedia jasa keuangan. Misalnya informasi terbaru baik mengenai promo, produk keluaran terbaru, dan lain-lain. Jadi bisa terus terupdate nih.

Perusahaan penyedia jasa keuangan juga dapat menggunakan data nasabah untuk menganalisa kebutuhan nasabah akan suatu produk.

Misalnya untuk Avrist Assurance, data nasabah dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk terus menyediakan produk perlindungan yang sesuai kebutuhan nasabah, baik dari sisi usia, domisili, pekerjaan, dan sebagainya.

Baca juga: Berniat Pensiun Dini? Siapkan Ini agar Finansial Aman

Bagaimana jika nasabah tidak melakukan pengkinian data?

Kalau kamu masih belum yakin akan pentingnya melakukan pengkinian data, sepertinya kamu perlu mempertimbangkan dampak berikut ini. Jika seorang nasabah tidak melakukan pengkinian data, maka proses validasi data dan profil nasabah berpotensi mengalami kegagalan.

Ini akan merepotkan nasabah di kemudian hari karena seluruh transaksi di perusahaan jasa keuangan tentunya membutuhkan validasi data pribadi. Kalau pengkinian data sudah dilakukan, proses validasi akan lebih cepat dan tentu saja tidak merepotkan kamu.

Selain itu, keamanan transaksi nasabah jadi lebih sulit untuk dipertanggungjawabkan, atau mengalami penurunan kualitas pelayanan. Dengan melakukan pengkinian data, nasabah dapat bertransaksi dengan lebih aman, lebih cepat, dan lebih terlayani dengan baik.

Nah, sekarang kamu sudah tau dong pentingnya melakukan pengkinian data? Tentu saja, ini semua untuk kebaikan kita bersama, baik untuk nasabah maupun perusahaan jasa keuangan yang mewadahi setiap transaksi kamu.

Kalau kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pengkinian data, khususnya buat kamu pemegang polis Avrist Assurance, kamu bisa menghubungi layanan Customer Care Avrist Assurance ya.

Yuk, lakukan pengkinian data nasabah untuk pelayanan yang lebih baik.