Avrist Assurance Pertahankan Predikat Rating AA- dari Fitch Ratings

PT Avrist Assurance (Avrist) untuk ke-8 kalinya meraih Peringkat National Insurer Financial Strength Rating di 'AA-(idn)' dengan prospek peringkat yang stabil dari Fitch Ratings.

Penilaian peringkat AA- tersebut dinilai berdasarkan data keuangan perusahaan yang sehat serta kinerja operasional yang stabil. Avrist memiliki portfolio investasi yang baik serta tingkat permodalan yang cukup kuat. Selain itu, Fitch Rating juga menilai strategi yang dijalankan oleh Avrist untuk mempertahankan kestabilan kinerja perusahaan dengan memasarkan produk tradisional, merupakan strategi yang dapat memperkuat posisi Avrist di industri asuransi.

Selama tahun 2018, Avrist Assurance membukukan Laba Setelah Pajak sebesar Rp 265 miliar, atau meningkat sebesar 36 persen bila dibandingkan dengan 2017 sebesar Rp 194 miliar. Rasio Solvabilitas Avrist Assurance hingga akhir Juni 2019 berada pada 453%. Rasio tersebut menunjukkan bahwa modal Avrist Assurance jauh di atas batas minimum persyaratan OJK sebesar 120%.

Dengan strategi yang berfokus pada penjualan produk asuransi tradisional, Avrist telah mencatatkan pertumbuhan premi sebesar 103% hingga akhir Juni 2019. Sebagai implementasi, Avrist memberikan proporsi sebesar 70% dari total seluruh protofolio bisnis untuk produk asuransi tradisional, di mana pada tahun 2013 proporsi untuk produk tradisional hanya sebesar 51%. Selain itu, dengan strategi fokus pada produk tradisional ini, Fitch menilai bahwa ini bisa menguntungkan keberlanjutan premium jangka panjang Avrist Assurance, karena produk dianggap lebih tangguh di saat krisis likuiditas.

Dengan meraih rating AA-, Avrist Assurance semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan asuransi yang kredibel serta memiliki permodalan yang kuat untuk dapat bertahan dari volatilitas pasar saat ini. Ke depannya, Avrist akan terus berupaya mewujudkan misi untuk menjadi 15 perusahaan asuransi jiwa teratas di Indonesia pada tahun 2021, dan 10 perusahaan asuransi teratas di tahun 2023.