Keunggulan Asuransi Syariah yang Perlu Kamu Ketahui

0
7224

Di bulan Ramadan ini, sebagian dari kita jadi makin semangat mendalami ajaran-ajaran agama Islam. Di mulai dari mengikuti kajian dan dakwah online, ibadah sunah tarawih. Selain itu mencari tahu produk-produk jasa keuangan berbasis syariah, salah satunya asuransi syariah. Yuk, kita simak keunggulan dari asuransi syariah.

Sebenarnya, apa sih asuransi syariah itu? Asuransi syariah adalah jasa perlindungan jiwa/kesehatan yang menggunakan prinsip saling tolong-menolong. Landasan dasarnya adalah Al-Quran serta Hadist, sehingga asuransi syariah dipastikan tidak mengandung unsur riba maupun nilai tak pasti.

Asuransi syariah menggunakan konsep saling menjamin, di mana setiap peserta saling melindungi satu sama lain. Konsep saling berbagi dan menanggung risiko, melalui dana kumpulan yang disebut dengan dana tabarru’. Konsep ini berbeda dengan asuransi konvensional, di mana peserta membayarkan premi ke perusahaan asuransi. Setelah itu jika risiko terjadi, perusahaan asuransi yang akan menanggung biayanya.

Konsep dasar asuransi syariah ini sangat sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia, yang gemar bergotong-royong untuk saling tolong-menolong. Oleh sebab itu, produk asuransi syariah bersifat universal. Tidak terbatas pada pemeluk agama Islam saja, melainkan boleh dimiliki oleh siapa pun.

Dengan prinsip tolong-menolong, asuransi syariah punya keunggulan dan manfaat yang beragam. Berikut ini keunggulan asuransi syariah, yang dapat membantu kamu untuk lebih paham akan manfaatnya.

1.Pembagian keuntungan yang proporsional

Dalam asuransi syariah, profit dari hasil investasi dapat dibagikan ke masing-masing peserta dan pengelola asuransi syariah itu sendiri. Hal ini tergantung akad yang telah disepakati. Ini berbeda dengan asuransi konvensional, di mana profit dari hasil investasi akan menjadi milik perusahaan.

2. Tidak ada unsur riba dan gharar

Asuransi syariah dibangun dengan prinsip syariat Islam, jadi sudah tentu tidak mengandung riba maupun sesuatu yang tidak pasti (gharar). Seluruh pengelolaan dana tabarru’ dilakukan secara transparan sehingga dapat mengoptimalkan keuntungan bagi masing-masing peserta.

3. Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah

Seluruh produk asuransi syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah, sehingga pengelolaan dananya tetap mengikuti kaidah-kaidah syariat Islam. Jadi, kamu nggak perlu khawatir dana kamu akan hangus tiba-tiba, karena dana yang terkumpul dikelola secara transparan.

Baca juga: Apa Saja Pilihan Investasi Terbaik di Tahun 2020

4. Berlandaskan Quran dan Hadist

Inilah landasan utama dari produk asuransi syariah. Di mana setiap unsur, pengelolaan, sistem penjualan, hingga pembagian hasil, menggunakan prinsip yang sesuai dengan Quran dan Hadist. Kamu nggak perlu ragu lagi akan adanya bunga atau biaya tak pasti, karena prinsip syariah mengutamakan kepastian yang sesuai dengan akad/perjanjian. Dengan semua keunggulan asuransi syariah di atas, kamu jadi lebih paham kan bedanya asuransi syariah dan asuransi konvensional? Yuk, siapkan perlindungan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kebutuhan perlindungan jiwa dengan asuransi berbasis syariah, kamu bisa pilih produk unggulan dari Avrist Assurance yaitu Syariah Investa Optima. Produk ini memberikan perlindungan jiwa hingga 75 tahun serta manfaat investasi berbasis syariah. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut dan memiliki produk Syariah Investa Optima melalui Bank OCBC NISP.

Selamat menjalankan ibadah puasa buat kamu yang sedang menjalankan ya! Semoga kamu sehat selalu, supaya ibadahnya makin lancar dan penuh berkah.