Pilih Menu

Dewan Direksi

Makki Ibrahim Kusuma

Direktur Operasional, Hukum dan Sekretaris Perusahaan

Setelah lulus sebagai Sarjana Hukum dari Universitas Tarumanegara, Jakarta, Makki Ibrahim Kusuma memulai karirnya sebagai konsultan hukum selama 11 tahun di beberapa firma hukum di Jakarta, sebelum akhirnya berkecimpung di dunia asuransi melalui PT Avrist Assurance. Sebagai konsultan hukum, Makki juga telah memegang lisensi advokat dari PERADI sejak tahun 2007. Sebelum dipercaya menjadi salah satu anggota Direksi PT Avrist Assurance, Makki sempat menjabat sebagai Manajer Departemen Hukum dan Sekretaris Perusahaan di tahun 2011 – 2012 dan Kepala Departemen Hukum dan Sekretaris Perusahaan di tahun 2012 – 2016.  Kini sebagai salah satu anggota Direksi perusahaan, tanggung jawab Makki meliputi segala aspek dari hukum dan sekretaris perusahaan, kepatuhan, teknologi informasi, dan pengembangan management trainee sebagai salah satu pilar dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia.

Ho Kan Tak

Direktur Aktuaria, Pengembangan Produk, dan Manajemen Risiko

Sebelum bergabung dengan Avrist, Ho Kan Tak telah memegang berbagai posisi senior di Aviva, Manulife, dan AIA, terakhir sebagai Chief Finance Officer dari Aviva's Chinese Business Unit. Ho Kan Tak juga sempat menjabat sebagai Assistant Vice President – Agency Compensation Manulife Asia, setelah sebelumnya bekerja di AIA selama lebih dari 18 tahun, termasuk sebagai Chief Actuary AIA Taiwan. Pengalamannya di industri asuransi mencakup sejumlah bidang, antara lain kompensasi agen, pemasaran dan pengembangan produk, penetapan harga produk/pricing, pelaporan keuangan, dan valuasi aktuaria. Lulusan dari University of Hong Kong dengan gelar Bachelor of Science in Mathematics ini juga telah memegang kualifikasi profesi aktuaria dari Society of Actuaries (US). Sejak April 2018, Ho Kan Tak bergabung dengan Avrist sebagai Direktur yang bertanggung jawab atas seluruh aspek aktuaria (termasuk valuasi, pricing dan reasuransi), pengembangan produk, dan manajemen risiko.

Anna Leonita

Direktur Keuangan & Human Resource

Anna memperoleh gelar Master of Business Administration dari Cleveland State University, Ohio, USA dan gelar sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanegara. Sebelum menjabat sebagai Direktur Keuangan, beliau dipercaya untuk menjadi Direktur Avrist Asset Management dan Head of Investment dari PT Avrist Assurance. Sebelum bergabung dengan PT Avrist Assurance, Anna pernah bekerja di PT. Prudential Life dan Bank Internasional Indonesia. Anna memperoleh izin perorangan sebagai Wakil Manajer Investasi dari otoritas Pasar Modal berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM No. KEP-27/BL/WMI/2008 tanggal 28 September 2008 dan izin perorangan sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM No KEP-137/BL/WPPE/2011 tanggal 7 Maret 2011.

Yasuo Sato

Direktur Agency dan EBD

Sebelum bergabung dengan Avrist, Yasuo telah memiliki pengalaman selama lebih dari 17 tahun di industri asuransi, khususnya di Jepang, bersama Meiji Yasuda Life Insurance Company. Selama karirnya di Meiji Yasuda, Yasuo sempat mendalami berbagai bidang, antara lain pengembangan asuransi kumpulan, penelaahan pasar sekuritas, pengelolaan bisnis broker asuransi dan reasuransi, dan pengembangan hubungan dengan mitra internasional Meiji Yasuda. Yasuo pertama kali bergabung di Avrist pada tahun 2011 dan membawahi fungsi pengembangan bisnis asuransi kumpulan, sebelum kemudian diangkat sebagai Direktur. Pada posisinya sekarang, Yasuo bertanggung jawab atas jalur distribusi keagenan dan employee benefit. Lulusan Saitama University – Jepang ini juga sempat ditugaskan selama 9 tahun di Amerika Serikat untuk mendalami bisnis broker asuransi dan reasuransi.

Dewan Komisaris

William Kuan

Presiden Komisaris

William bergabung dengan Avrist pada tahun 2017 sebagai Presiden Komisaris. Sebelum bergabung dengan Avrist, William menjabat pada salah satu perusahaan asuransi jiwa multinasional terkemuka dan telah memegang peran senior dalam memimpin berbagai pasar asuransi jiwa di Asia, termasuk selama 5 tahun di Indonesia sebagai Presiden Direktur dan Chief Executive Officer. Selama karirnya di Indonesia, William juga merupakan salah satu anggota Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan penerima penghargaan Most Admired CEO kategori perusahaan asuransi dari Majalah Warta Ekonomi di tahun 2014. William meraih gelar Bachelor in Business (Accounting) dari Curtin University, Western Australia dan Master in Business Administration dari RMIT University, Australia. Ia juga telah menyelesaikan Senior Executive Programs dari Harvard Business School dan University of Oxford.

Akira Kumabe

Komisaris

Setelah menerima gelar Bachelor of Law dari Tokyo University, Jepang di tahun 1991, Akira Kumabe langsung bergabung dengan Meiji Life Insurance Company (sekarang dikenal sebagai Meiji Yasuda Life Insurance Company). Ia juga telah meraih gelar Master of Law dari Case Western Reserve University, Ohio, Amerika Serikat, pada tahun 1997 Sepanjang perjalanan karir Kumabe selama lebih dari 27 tahun di Meiji Yasuda Life Insurance Company, Kumabe mengumpulkan banyak pengalaman dalam melakukan negosiasi dan komunikasi dengan regulator, asosiasi asuransi jiwa, dan perusahaan perasuransian lainnya, melakukan pendirian dan pengelolaan anak perusahaan, serta riset korporasi secara umum, sebagai bagian dari Corporate Planning Department. Saat ini, Kumabe menjabat sebagai General Manager International Business Department dan bertanggung jawab atas pengelolaan seluruh unit usaha internasional Meiji Yasuda Life Insurance Company. Sejalan dengan kemitraan joint-venture Meiji Yasuda Life Insurance Company dengan PT Avrist Assurance, Kumabe kini menjabat posisi penting sebagai salah satu anggota Dewan Komisaris PT Avrist Assurance sejak Mei 2018.

Jannes Hutagalung

Komisaris Independen

Jannes Hutagalung adalah lulusan dari Universitas Indonesia dan Yale University, Amerika Serikat. Beliau kini menjabat sebagai Komisaris Independen PT Avrist Assurance. Sebelumnya beliau juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris PT Phillips-Ralin Electronics, PT Asuransi Jasa Indonesia dan PT Angkasapura II. Jannes Hutagalung sempat memegang beberapa jabatan penting di Kementerian Keuangan selama karir panjangnya di pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Deputi Menteri untuk Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Internasional pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2008. Selain itu, beliau sempat bekerja selama 9 tahun di Bank Dunia, Washington DC, dimana Jannes Hutagalung juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif mewakili Grup Asia Tenggara dari tahun 1996 hingga tahun 2000.

Angela Andini Kalim

Komisaris  Independen

Berlatar belakang pendidikan di bidang computer programming & system analyst, Angela Andini Kalim mengawali karirnya sebagai programmer di sebuah perusahaan asuransi jiwa di Hamburg, Jerman, yaitu HanseMerkur Versicherung. Sejak tahun 1988 sampai dengan 2010, beliau bergabung dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dan membawahi bagian Policy Owner Service, Customer Service, Billing & Collection, Individual Business Process & System, Agent & Bancassurance Compensation, dan Marketing Office Support. Sebelum bergabung dengan PT Avrist Assurance, Andini juga sempat menduduki posisi General Manager pada PT Blue Dot Assistance yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa bantuan medis darurat terkemuka di Indonesia. Berbekal pengalaman selama lebih dari 22 tahun di industri asuransi jiwa dan pengetahuan yang luas, beliau memberikan kontribusi yang berharga bagi PT Avrist Assurance sebagai Komisaris Independen sejak awal tahun 2016.

TENTANG AVRIST

Management

Kami permudah hidup Anda dengan solusi asuransi terbaik

Learn More

AVRIST LIFE

Press Release

Kami ada untuk melindungi diri Anda dan keluarga, serta membantu menjaga kehidupan masa depan Anda.

Learn More