Di Usia 20-an, Apa Saja Keputusan Finansial Penting Yang Harus Diambil?

0
4220
keputusan finansial

Usia 20-an merupakan usia tersibuk bagi Anda yang baru lulus kuliah dan baru pertama kali memasuki dunia kerja. Anda dituntut untuk punya kinerja bagus di kantor, sudah mulai membayar tagihan sendiri, dan di saat yang sama, Anda tetap ingin punya waktu me-time atau santai bersama teman-teman.

Namun, sibuk menyeimbangkan dunia karir dan kehidupan sosial bukan berarti Anda tidak dapat merencanakan dan mengambil keputusan seputar keuangan, lho. Karena, keputusan keuangan yang Anda ambil hari ini akan berdampak besar bagi masa depan. Boleh jadi Anda punya impian untuk memiliki rumah sendiri, berkeluarga, punya anak, atau jalan-jalan ke luar negeri. Nah, mengelola keuangan akan membantu Anda mencapai tujuan-tujuan di masa mendatang. Jika Anda merencanakan keuangan sedini mungkin, maka Anda tak perlu khawatir soal keuangan di masa depan. Baca lebih lanjut untuk cari tahu apa saja keputusan finansial penting apa yang harus diambil saat usia 20-an.

1. Belajar menabung

Memiliki penghasilan untuk pertama kalinya adalah saat yang tepat untuk memulai kebiasaan menabung. Di usia ini, Anda relatif tidak punya tanggungan. Jadi sebenarnya, Anda punya keleluasaan dalam menabung. Agar terbiasa menabung secara konsisten, Anda tidak perlu menargetkan jumlah uang yang akan ditabung. Karena di tahap ini Anda hanya perlu disiplin menyisihkan sebagian penghasilan, berapa pun besarnya. Ini akan membuat Anda tidak merasa terbebani ketika harus menabung. Jika di tahun pertama Anda sudah berhasil menyisihkan sebagian penghasilan, usahakan untuk menetapkan target besarnya tabungan di tahun kedua dan tingkatkan target tersebut di tahun-tahun berikutnya.

2. Pilih keputusan yang tepat

Setiap hari Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan yang akan berdampak pada finansial Anda. Pilih bawa bekal dari rumah atau membeli makan siang di kantor? Membuat kopi kemasan atau membeli di kafe? Menabung untuk down payment rumah atau beli gadget baru? Menabung untuk biaya pendidikan S2 atau beli tiket konser?

Kimmie Greene, pakar keuangan seperti dikutip CNBC (September 2017) mengatakan, anak muda kerap terjebak untuk menambah pengeluaran baru ketika penghasilannya bertambah. Padahal, jika kebiasaan menabung telah dimulai sedari dini, maka anak muda tak akan sulit untuk memilih keputusan finansial yang tepat. Memiliki dana darurat memang tidak “kelihatan” jika dibandingkan dengan memiliki baju atau ponsel baru. Tapi, ketika Anda tiba-tiba sakit atau mobil rusak, dana darurat akan jauh lebih menolong dan mencegah Anda terlilit utang.

3. Nikmati hidup tanpa mengabaikan prioritas

Berhemat bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hidup. Anda tetap bisa menikmati hasil jerih payah sendiri dengan memanjakan diri atau meluangkan waktu bersama teman. Namun yang perlu dilakukan ialah membatasi biaya hiburan tersebut dan ingat prioritas Anda. Bisa saja Anda membatasi waktu hang out bersama teman seminggu sekali atau pergi ke salon sebulan sekali. Atau jika Anda punya hobi otomotif, Anda bisa membatasi bujet bulanan untuk hobi tersebut. Tekankan pada diri Anda untuk tetap memprioritaskan rencana-rencana di masa depan.

4. Disiplin menggunakan kartu kredit

Yang juga tak kalah penting untuk diingat saat berusia 20-an ialah, kartu kredit merupakan alat bayar yang membantu cash flow Anda dan bukan tambahan dana untuk berbelanja. Jadi, jika Anda bertransaksi dengan kartu kredit, bayarlah tagihannya tepat waktu. Terlambat membayar akan membuat Anda terjerat oleh bunga yang menggunung.

Suatu saat nanti, Anda kemungkinan akan perlu mengambil kredit yang lebih besar seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Membayar tagihan kartu kredit tepat waktu di masa muda akan membuat rating kredit Anda terpuji dan memudahkan Anda memperoleh kredit lebih besar di masa mendatang.

5. Pilih produk keuangan yang tepat

Merencanakan tujuan keuangan tak lengkap tanpa memilih instrumen keuangan yang pas untuk mencapai tujuan tersebut. Di tahap ini, Anda dapat memilih beberapa instrumen keuangan dengan imbal hasil yang lebih menarik ketimbang tabungan. Beberapa instrumen keuangan yang menarik dicermati misalnya reksa dana, Obligasi Ritel Indonesia, dan saham.

Membuat keputusan finansial yang tepat saat berusia 20-an akan membantu Anda mencapai rencana-rencana besar dan menikmati hidup di masa mendatang. Jadi, tunggu apa lagi?