Bagaimana Bijaknya Memberikan Wedding Gift untuk Sahabat?

    0
    5695
    wedding gift

    Wedding gift, sebaiknya berupa kado atau uang? Jika uang, seberapa banyak uang yang pantas diberikan sebagai wedding gift?

    Hai Avrist,

    Jujur saya bingung saat sahabat mengundang saya untuk datang ke acara pernikahannya. Hadiah apa yang harus saya berikan? Mana yang lebih baik, apakah sebaiknya dalam bentuk uang atau kado? Kalau dalam bentuk kado, apakah kita harus memberi kado yang mahal atau yang murah? Lalu, standar mahal dan murah itu disesuikan dengan keadaan keuangan kita atau keuangan sahabat kita yang menikah? Namun, jika sebaiknya dalam bentuk uang, seberapa banyak uang yang pantas diberikan sebagai wedding gift? – Tanya, 27 tahun.

    Halo Tanya,

    Membicarakan topik ini memang gampang-gampang susah. Berapa sih, nominal yang harus diberikan bila ingin memberikan uang tunai sebagai hadiah pernikahan? Yuk, kita bahas bersama!

    Pertama, bila Anda masih kurang yakin bolehkah memberikan uang sebagai hadiah pernikahan, jawabannya tentu saja boleh. Uang yang Anda berikan sebagai hadiah pernikahan bisa menjadi pengganti biaya pernikahan sahabat Anda, bisa ia gunakan untuk biaya perjalanan bulan madunya bersama pasangan, atau bisa juga untuk bekal memulai rumah tangga. Mengenai besaran uang yang bisa Anda berikan, hal itu bisa Anda pertimbangan sesuai dengan bujet serta seberapa dekat hubungan Anda dan sahabat yang menikah.

    Baca Juga: Trik Menjawab Pertanyaan Teman Soal Gaji Anda

    Kedua, cara perhitungannya sebenarnya mudah. Umumnya, bila seseorang ingin memberikan hadiah pernikahan untuk sahabat dalam bentuk kado, ia akan lebih dulu menanyakan kebutuhan sahabat tersebut.Bujet yang dikeluarkan seseorang untuk kado pernikahan sahabat bervariasi, mulai dari Rp350.000 hingga Rp1 juta. Sementara bila Anda ingin memberikan hadiah dalam bentuk uang, maka Anda bisa menambahkan sekitar 10%.

    Well, apapun hadiah atau sebesar apapun uang yang Anda berikan, jangan lupa untuk mengalokasikannya sejak jauh-jauh hari agar keuangan Anda tetap lancar. Oh ya, kehadiran Anda juga tetap lebih utama dari kado dan uang. Jadi, usahakan untuk hadir di hari spesial tersebut ya!