Etiket Keuangan Menghadapi Pertanyaan: Gajimu Berapa Sekarang?

    0
    5748
    gaji

    Ada banyak hal yang sebenarnya begitu riskan untuk dibicarakan. Salah satunya adalah perihal keuangan. Membicarakan keuangan bisa jadi akan membuat Anda atau lawan bicara menjadi tidak nyaman.

    Halo Avrist,

    Saya sering sekali mendapat pertanyaan ini, “Gajimu berapa sih sekarang pasti isi tabunganmu banyak ya?” Ternyata, tidak sedikit juga orang yang meremehkan etika seputar finansial. Hanya karena merasa sudah berteman lama atau sudah begitu mengenal, seringkali pertanyaan tersebut terlontar begitu saja. Padahal, pertanyaan tersebut amat sensitif untuk dipertanyakan. Bagaimana ya cara menangkal pertanyaan-pertanyaan seperti ini? Tina, 25 Tahun.

    Halo Tina,

    Untuk membantu Anda membicarakan keuangan tanpa keluar dari batas kesopanan, cari tahu apa saja etiket keuangan yang perlu dipahami agar terhindar dari perilaku kurang sopan dalam pergaulan. Pelajari juga berbagai triknya saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan tersebut.

    Khusus pertanyaan ini, hanya dua orang yang boleh menanyakannya kepada Anda. Pertama adalah pewawancara yang ingin mengetahui besaran gaji Anda. Kedua, pasangan Anda.

    Di luar dari kedua orang tersebut, informasi ini seharusnya menjadi informasi yang begitu pribadi dan tidak perlu diketahui orang lain. Bila Anda menghadapi pertanyaan ini dan itu berasal dari orang luar, respons terbaik yang bisa Anda berikan adalah dengan menjawab, ”Gaji saya cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan saya.”

    Nah, kalau teman Anda masih mendesak dan menanyakan pertanyaan lanjutan mengenai isi tabungan Anda, seperti “Berapa banyak uang yang kamu punya?”, “Isi tabunganmu pasti banyak banget ya?”, sebenarnya berapa pun isi tabungan Anda atau berapa banyak pun uang yang Anda miliki, pertanyaan ini akan sangat menyudutkan Anda. Memang ada saja kemungkinan teman Anda ini bertanya karena ia sedang berada dalam situasi finansial yang buruk atau ia ingin tahu bagaimana cara Anda bisa menabung.

    Apa pun situasi Anda saat itu, jawab saja pertanyaan tersebut dengan mengatakan, “Cukup. Saya bahagia dengan kondisi keuangan saya sekarang.” Jangan lupa untuk memberikan orang tersebut senyum termanis Anda. Hal terbaik adalah jangan pernah memberikan jawaban dengan menyebutkan besaran uang atau tabungan yang Anda miliki.

    Kini Anda tahu bagaimana etiket keuangan yang tidak sebaiknya dibicarakan dan bagaimana cara terbaik untuk menghadapi berbagai situasinya. Tanggapi dengan baik dan jangan langsung emosi ya menghadapi situasi seperti ini.