Persiapan Jadi Orangtua Baru: Asuransi Apa yang Paling Tepat?

0
1402
persiapan jadi orangtua baru

Tantangan persiapan jadi orangtua baru tentu ada banyak hal. Tak hanya mental, tetapi juga materi. Materi tak sebatas kebutuhan sandang dan papan, kebutuhan masa depan juga harus dipikirkan. Salah satunya, asuransi. Mengevaluasi kembali kebutuhan asuransi Anda harus menjadi bagian dari proses memulai keluarga. Mengapa? Anda kini tak lagi berpikir jaminan untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk pasangan, anak, dan keluarga. Memiliki asuransi yang tepat membantu melindungi stabilitas keuangan keluarga Anda. Meski telah memiliki asuransi dari kantor, sejumlah pakar menyarankan pentingnya menambah kepemilikan asuransi pribadi. Apalagi, jika telah memiliki anak. Sebagai persiapan jadi orangtua baru, asuransi apa yang sangat disarankan untuk dimiliki?

Persiapan Jadi Orangtua Baru: Pilih Asuransi yang Tepat

1. Asuransi jiwa

Salah satu asuransi yang perlu Anda miliki sebagai persiapan jadi orangtua baru adalah asuransi jiwa. Jika terjadi kematian mendadak, asuransi jiwa dapat berfungsi sebagai jaring pengaman keuangan untuk memastikan ada uang yang tersedia bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Pertanggungan yang didapatkan bisa memberikan jaminan untuk sejumlah keperluan, seperti tagihan medis hingga hipotek rumah dan biaya pendidikan anak di masa depan. Mengutip USA Today (2014), ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari saat membeli asuransi jiwa:

  • Pelajari opsi asuransi

Umumnya ada dua yaitu asuransi berjangka dan asuransi permanen, yang sering disebut sebagai asuransi seumur hidup. Pelajari kedua jenis asuransi jiwa ini, pilih yang terbaik untuk Anda dan keluarga.

  • Menentukan prioritas cakupan

Umumnya, agen asuransi akan membantu Anda menentukan jumlah pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan kondisi keuangan dan keluarga Anda, serta prediksi kebutuhan di masa depan.

  • Jangan tunda beli asuransi

Besaran premi asuransi jiwa salah satunya ditentukan oleh usia Anda dan hasil evaluasi medis. Jika Anda pasangan berusia 20-an tahun dan sehat, segeralah membeli asuransi. Premi Anda akan lebih kecil jika dibandingkan mereka yang membeli asuransi pada usia 30-an atau 40-an tahun.

“Dibandingkan menunggu dan kondisi medis Anda berubah hingga akhirnya tidak memenuhi syarat. Semakin muda kamu membeli, semakin murah,” kata Craig DeSanto, Kepala Asuransi Jiwa dan Perawatan Jangka Panjang di New York.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Punya Asuransi Sejak Muda Itu Menguntungkan
  • Pertimbangkan asuransi untuk masing-masing pasangan

Pasangan suami istri, meski keduanya bekerja, direkomendasikan memiliki asuransi jiwa masing-masing. Alasannya, keduanya berkontribusi pada pengeluaran rumah tangga dan biaya merawat anak-anak mereka.

Berbagai pilihan asuransi jiwa bisa dipelajari di sini: Perlindungan Jiwa.

Mengapa orangtua wajib punya asuransi jiwa?

Bukan hanya pencari nafkah yang membutuhkan asuransi jiwa. Baik suami atau istri yang tinggal di rumah juga harus memiliki perlindungan, bahkan jika mereka tidak mendapatkan penghasilan. Hal ini untuk memberikan jaminan pertanggungan bagi mereka yang ditinggalkan jika terjadi sesuatu terhadap salah satu dari Anda. Pertimbangan lainnya, anak-anak di masa depan membutuhkan biaya yang besar. Asuransi jiwa, dengan pertanggungan yang diberikannya akan sedikit meringankan jika salah satu dari ayah atau ibu berpulang.

Biaya membesarkan anak tidak sedikit. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan sederhana ini: dapatkah pasangan atau pasangan Anda menangani semua pengeluaran yang berhubungan dengan anak jika Anda tiba-tiba tak ada besok? Bagi kebanyakan orang, jawabannya adalah tidak.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa asuransi jiwa menjadi begitu penting. Jaminan yang diberikan memastikan pasangan Anda dapat jaminan finansial untuk merawat anak-anak jika Anda tidak ada lagi. Sebagai imbalan dari premi bulanan Anda untuk polis asuransi jiwa berjangka, perusahaan asuransi jiwa membayar tunjangan kematian (dalam jumlah pertanggungan asuransi jiwa yang Anda beli) yang dapat digunakan penerima manfaat.

Di luar itu, ketenangan pikiran mungkin merupakan manfaat tak berwujud yang paling penting.

Baca juga: Kapan Saat yang Tepat Membeli Asuransi untuk Anak

2. Asuransi Cacat

Haven Life menyebutkan, salah satu asuransi yang wajib dimiliki para orangtua baru adalah disability income insurance atau asuransi yang memberikan perlindungan jika mengalami cacat. Asuransi ini paling sering diabaikan, tetapi bisa memberikan perlindungan terhadap salah satu aset Anda yang paling berharga sebagai profesional muda yang bekerja, yaitu kemampuan Anda untuk mendapatkan penghasilan. Asuransi ini dapat membayar Anda tunjangan bulanan untuk mengganti sebagian dari penghasilan Anda jika Anda mengalami cacat. Ada dua jenis manfaat disability income insurance, yaitu:

  • Asuransi cacat jangka pendek

Asuransi ini biasanya hanya berlangsung selama beberapa bulan (biasanya sekitar 10-12 minggu) dan manfaatnya akan muncul segera, seringkali tujuh hari setelah kecacatan terjadi. Premi biasanya sekitar satu hingga tiga persen dari pendapatan tahunan Anda.

Jika Anda berencana untuk hamil, memiliki asuransi cacat jangka pendek dapat membantu menambah rencana cuti hamil.

  • Asuransi cacat jangka panjang

Asuransi jenis ini untuk melindungi Anda untuk jangka waktu yang lebih lama. Berbeda dengan asuransi cacat jangka pendek, asuransi cacat jangka panjang ini menawarkan manfaat yang bisa dinikmati dalam periode yang lebih lama, misalnya beberapa tahun. Namun, pencairan manfaat ini tidak secepat pencairan yang ada pada asuransi jangka pendek, melainkan bisa memakan waktu beberapa bulan setelah terjadi risiko.

Asuransi yang memberikan perlindungan cacat ini biasanya terdapat dalam asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi kecelakaan.

3. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang juga direkomendasikan untuk dimiliki sebagai persiapan jadi orangtua baru. Anda mungkin telah memilikinya saat ini. Tetapi, perlu diingat kembali, saat hamil atau memiliki anak adalah saatnya Anda mengevaluasi jaminan perlindungan yang Anda miliki.

Baca juga: 6 Cara Membeli Asuransi Kesehatan Terbaik Tanpa Ribet

Asuransi kesehatan seperti apa yang tepat? Salah satu yang bisa Anda jajaki adalah Asuransi Simple Start dari Avrist Assurance yang memberikan proteksi kesehatan dengan harga terjangkau per bulannya. Anda juga bisa melakukan perhitungan jika ingin mendaftarkan asuransi untuk istri/suami atau anak. Untuk anak, batas usia minimum yang bisa didaftarkan adalah 5 tahun. Dari perkiraan simulasi perhitungan di laman simulasi perhitunganAnda bisa mengetahui berbagai opsi yang ada, sehingga bisa memilih yang sesuai, baik untuk premi dan manfaat pertanggungan yang dibutuhkan.

Selamat memilih!