Pilihan Podcast Finansial Untuk Belajar Keuangan Lebih Baik

0
2734
pilihan podcast finansial

Ilmu perencanaan keuangan saat ini bukan lagi sesatu yang eksklusif. Setiap orang bisa mendapatkan ilmu personal finance melalui berbagai media yang tersedia melimpah di internet baik berbayar maupun gratis. Misalnya, mengikuti akun perencana keuangan, membaca tulisan para financial blogger, tergabung di grup personal finance, mengikuti seminar personal finance, kuliah Whatsapp, dan lain sebagainya. Yang terbaru, Anda juga bisa menambah ilmu personal finance dengan mendengarkan rekaman audio, atau disebut juga podcast. Berikut pilihan podcast finansial untuk belajar keuangan lebih baik.

Podcast finansial yang lagi hits saat ini menjadi media baru yang banyak dipilih oleh para influencer maupun institusi dalam membagikan konten mereka pada pemirsa yang lebih luas. Bagi kamu yang tipe pembelajar audio, podcast keuangan adalah pilihan nyaman untuk menambah ilmu perencanaan keuangan. Saat ini sudah cukup banyak pilihan podcast yang khusus membicarakan tentang personal finance. Tertarik belajar? Yuk, simak 5 pilihan podcast finansial untuk belajar keuangan yang menarik di bawah ini.

Pilihan Podcast Finansial Untuk Belajar Keuangan

1. Fintalk

Startup teknologi finansial yang dirintis oleh perusahaan perencanaan keuangan, Finansialku merilis Fintalk yang bisa Anda akses melalui berbagai macam aplikasi seperti Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, dan lain sebagainya. Kelebihan Fintalk antara lain, materinya disampaikan oleh profesional keuangan yang memiliki sertifikasi resmi sebagai CFP® atau perencana keuangan.

Podcast finansial Fintalk rata-rata berdurasi 20 menit sampai 30 menit dengan mengambil tema-tema umum yang penting  dipelajari perihal personal finance. Misalnya, cara berinvestasi yang cocok untuk anak muda, bagaimana trik mengelola keuangan bagi sandwich generation, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sudah Gajian, Bagaimana Cara Tepat Mengalokasikan Anggaran?

2. The Dave Ramsey Show

Nama Dave Ramsey sudah tidak asing lagi di dunia pengelolaan keuangan, terutama di Amerika Serikat. Dave Ramsey melejit namanya salah satunya karena jurus penyelesaian utang yang ia tawarkan melalui metode snowballs diakui jitu dan berhasil menolong banyak orang terbebas dari utang. Bukan cuma menyediakan konten pengelolaan keuangan berupa artikel dalam blog, Dave Ramsey juga menyediakan audio playbookvideo hingga podcast.

Podcast finansial Dave Ramsey bisa Anda akses melalui Spotify maupun Apple dan Google Podcast. Materinya disampaikan dalam bahasa Inggris gaya Amerika khas Ramsey yang cenderung blak-blakan, straight-forward. Rata-rata durasi podcast-nya cukup lama sekitar 40 menit. Kebanyakan temanya Anda juga bisa mendengarkan sharing dari pendengar Ramsey yang membagi pengalamannya menyelesaikan masalah utang.

3. Diskartes Podcast

Mengusung tagline “Pod for Profit”, praktisi keuangan Andhika Diskartes membagi trik dan tips seputar investasi, asuransi, dan entrepreneurship melalui podcast. Tema-tema yang ia usung melalui podcast sejauh ini cocok didengarkan oleh Anda yang masih awam dengan personal finance.

Pasalnya, Diskartes membicarakan tema-tema dasar seperti pemahaman tentang asuransi, pentingnya dana darurat, panduan pemula bagi peminat investasi saham, hingga membicarakan tentang mata uang kripto alias cryptocurrency, dan lain sebagainya. Diskartes bukan seorang perencana keuangan bersertifikasi sebagaimana pengisi materi podcast Fintalk. Apa yang ia bagikan lebih banyak bersumber dari pengalamannya sebagai investor selama satu dekade. Selain membagi pengalaman melalui blog, media sosial dan podcast, Diskartes juga produktif merilis buku personal finance.

Baca juga: 3 Tujuan Keuangan yang Bisa Tercapai dengan Menabung Saham

4. Money for The Rest of Us

Satu lagi pilihan podcast finansial berbahasa Inggris bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak dan memahami serba serbi pasar saham. Money for The Rest of Us dipandu oleh David Stein, seorang mantan chief investment strategist di sebuah perusahaan investasi di Amerika. Podcast keuangan ini terbilang populer dan mengklaim telah diunduh hingga 12 juta kopi dengan jumlah pendengar 45.000 orang per episode.

David Stein banyak bicara tentang trik berinvestasi di pasar modal melalui saham maupun obligasi. Selain itu, ia juga banyak membahas tentang isu-isu perekonomian terbaru yang menarik untuk disimak. Podcast disampaikan dalam durasi kurang lebih 20-30 menit, seringkali berisi cerita-cerita pribadi Stein yang dikombinasikan dengan riset akademis untuk menjelaskan konsep-konsep kunci dalam berinvestasi. Mulai dari portfolio balancing, memahami siklus pasar modal dan bagaimana memulai investasi dengan modal mini. Anda bisa mendengar podcast ini melalui Apple Podcast dan Spotify. Yang asyik, di laman blog-nya, Stein memuat ringkasan materi podcast secara runut. Jadi, pendengar podcast tak perlu mencatat sendiri poin-poin yang ingin ia garis bawahi.

5. Halofina

Satu lagi perusahaan teknologi finansial yang menawarkan materi personal finance melalui podcast, yaitu Halofina. Halofina adalah startup keuangan penyedia aplikasi perencanaan keuangan yang digawangi oleh dua orang yang terbilang senior di industri keuangan Tanah Air yaitu Eko Pratomo dan Mohammad B  Teguh.

Podcast yang disediakan oleh Halofina cocok bagi Anda yang ingin belajar pengelolaan keuangan pribadi mulai dari hal-hal mendasar. Sejauh ini Halofina sudah memproduksi sekitar 130-an podcast yang mengusung tema-tema dasar seperti persiapan dana pensiun, mengenal perencanaan keuangan, hingga tema lebih spesifik seperti instrumen investasi yang tepat untuk persiapan dana menikah. Dibanding podcast keuangan lain, materi yang dibagi oleh Halofina terbilang singkat. Rata-rata durasi podcast tak sampai 20 menit dan hanya bisa didengarkan melalui Spotify.

Baca juga: 5 Kesalahan Finansial yang Sering Menjebak Usia 30-an

6. So Money

Podcast ini disebut-sebut sebagai podcast paling favorit yang dibawakan oleh host perempuan menurut majalah The Entrepreneur. So Money yang dibawakan oleh ahli perencana keuangan Farnoosh Torabi ini juga memenangkan penghargaan sebagai podcast keuangan terbaik versi Plutus.

Torabi selaku pembawa acara banyak membawakan tema-tema penting pengelolaan keuangan mulai dari hal mendasar. Mulai dari pemakaian kartu kredit yang sehat sampai isu spesifik seperti pengelolaan keuangan ketika mendadak terkena PHK. Tema-tema podcast-nya cukup lengkap tidak berhenti di pengelolaan keuangan untuk pemula, melainkan juga trik dan tips pengelolaan utang, strategi merintis bisnis, investasi properti, perencanaan keuangan bagi pasangan sampai uang untuk anak-anak.

Itulah enam pilihan podcast finansial untuk belajar keuangan yang bisa Anda dengarkan bila ingin menambah ilmu seputar perencanaan keuangan pribadi agar semakin oke. Sudah siap belajar?