Sudah Tahu Belum? 5 Aplikasi Ini Bisa Bantu Anda Mengatur Keuangan Lebih Mudah

0
5403
pengatur keuangan

Resolusi menciptakan keuangan yang lebih sehat pada 2019 bisa Anda mulai dengan tertib menyusun perencanaan keuangan. Ada yang mengatakan, pendapatan besar tidak menjamin kesejahteraan. Yang menjamin kesejahteraan adalah pengelolaan dan pengaturan keuangan.

Benar juga. Sebesar apapun pendapatan seseorang, jika ia tak bisa mengelolanya, maka pendapatan tersebut hanya akan “lewat” begitu saja. Sebaliknya, pendapatan berapa saja akan bisa menyejahterakan jika kita bisa mengaturnya secara bijak.

Jika Anda mengalami kesulitan mengatur dan merencanakan keuangan secara manual, Anda bisa mencoba lima aplikasi gratis berikut yang bisa membantu Anda mengatur keuangan. Apa saja?

Baca: Baru Mulai Berkeluarga? Ketahui 5 Prioritas Keuangan Penting Ini

1. Monefy

Monefy merupakan aplikasi pengatur keuangan buatan Aimbity. Dikutip dari Tech In Asia, aplikasi ini relatif mudah dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ada pilihan untuk membuat akun berbeda untuk berbagai kategori. Misalnyakategori uang tunai, rekening bank, dan lain-lain.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan pencatatan jika ada aktivitas pemindahan uang di antara akun-akun tersebut. Anda juga bisa membuat kategori sesuai kebutuhan, seperti pos hiburan, tagihan, transportasi, asuransi, dan lain-lain. Setelah memasukkan sesuai pos-pos pengeluaran yang kita buat, aplikasi akan secara otomatis menghitung persentase pengeluaran setiap hari, setiap pekan, bulan, hingga tahun.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di PlayStore. Tersedia pula versi berbayar yang memberikan layanan lebih luas dan bebas iklan.

2. Money Manager

Aplikasi Money Manager dinilai cocok bagi mereka yang selama ini rutin mencatat transaksi keuangannya setiap hari. Di Money Manager versi gratis, Anda bisa membagi transaksi dalam tiga akun yaitu tunai, rekening, dan kartu pembayaran. Data harta dan utang dari ketiga akun ini akan terlihat dari setiap transaksi yang tercatat.

Baca: 5 Jurus Mudah Menghindari Financial Shock Saat Memiliki Anak

Dengan pembagian transaksi dalam kategori yang berbeda, Anda bisa melacak besaran pemasukan dan pengeluaran untuk setiap kategori itu. Selain itu, ada pilihan pencatatan pengeluaran atau angsuran rutin dengan pilihan periode yang bisa Anda tentukan.

Ada pilihan versi berbayar yang membuat kita bebas dari tampilan iklan dan memungkinkan mendapatkan layanan yang lebih luas, serta bisa digunakan melalui PC.

3. Finansialku

Beragam fitur ditawarkan aplikasi Finansialku. Anda bisa mencatat dengan mudah transaksi pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Ada pula fitur perencanaan keuangan yang memungkinkan Anda mencatat semua perencanaan keuangan yang Anda anggarkan. Misalnya, untuk dana pendidikan, membeli kendaraan, asuransi, rumah, dan lain-lain. Fitur di aplikasi ini akan menghitung total biaya yang perlukan.

Seperti aplikasi-aplikasi lainnya, ada pilihan versi gratis dan berbayar. Jika Anda memilih versi gratis, fitur-fitur dalam versi berlangganan bisa Anda manfaatkan selama 30 hari pertama.

Baca: Memutus Rantai Generasi Sandwich dengan 5 Langkah Mudah

4. Wallet

Aplikasi pengatur keuangan yang juga direkomendasikan adalah Wallet. Fitur yang tersedia hampir sama dengan aplikasi pengatur keuangan lainnya, seperti pencatatan transaksi.

Data pencatatan yang dilakukan melalui aplikasi ini bisa dipindahkan dalam format file CSV atau Excel. Di Wallet, Anda bisa membuat perencanaan pembayaran dan ada fitur pengingat agar Anda tidak lupa. Anda bisa memilih versi gratis maupun berbayar.

Untuk versi berbayar, Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan akun online banking di beberapa bank tertentu jika menghendakinya. Dengan cara ini, aplikasi akan otomatis mencatat riwayat transaksi Anda.

5. You Need A Budget (YNAB)

Dikutip dari Investopedia dan The Balance, You Need A Budget atau YNAB masuk dalam daftar rekomendasi delapan aplikasi pengatur keuangan terbaik pada 2018 dan disarankan untuk digunakan pada 2019.

Kedua situs ini menuliskan, YNAB membantu Anda menyusun anggaran sesuai dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Pencatatan pos pengeluaran misalnya biaya hidup, pembayaran utang hingga tabungan dan investasi. Anda akan dibantu untuk mengalokasi pendapatan setiap bulannya dalam pos-pos yang sudah ditetapkan, tanpa ada yang sia-sia. Intinya, aplikasi ini akan membantu Anda mengatur alokasi pemasukan dan pengeluaran secara seimbang.

Aplikasi YNAB disarankan bagi mereka yang melajang maupun pasangan yang selama ini membiayai kebutuhan rumah tangga secara bersama.

Selamat mencoba, ya!