Tetap #DiRumahAja untuk Kebaikan, Yuk Isi dengan Kebiasaan Baik

0
2365
membangun Kebiasaan Baik di rumah

Menjalani rutinitas keseharian #DiRumahAja selama masa pandemi virus corona seperti saat ini, tak mudah bagi semua orang. Bekerja di rumah. Belajar di rumah. Beribadah di rumah. Virus corona telah mengubah kebiasaan dan rutinitas kita. Seluruh manusia di dunia “dipaksa” beradaptasi dengan rutinitas baru. Walaupun tetap berada di rumah, Anda tetap bisa mengisi hari-hari dan membangun kebiasaan baik.

Bagi sebagian orang mungkin menyenangkan. Apalagi, mereka yang selama ini memiliki aktivitas seabreg sehingga tak punya banyak waktu bersama keluarga atau sekadar me time. Namun, setelah lebih dari sebulan di rumah saja, banyak juga yang mengeluhkan bosan, tak tahu mau melakukan apa lagi, dan berbagai keluhan lainnya. Anda ada di tim yang mana: tim asik-asik saja atau tim mulai bosan?

Bagaimana cara membangun kebiasaan baik selama bekerja #DiRumahAja?

Jika ada di tim kedua, yuk coba lihat keluar, masih banyak yang tidak bisa menikmati “keistimewaan” berada di rumah saja seperti yang Anda jalani. Kesempatan #DiRumahAja bisa Anda manfaatkan untuk membangun kebiasaan baik, lho. Jika selama ini kesibukan terlalu menyita waktu Anda sehingga melewatkan berbagai hal baik yang bisa dilakukan, maka kini saat untuk memulainya.

Charles Duhigg, jurnalis pemenang Pulitzer  yang juga penulis buku “The Power of Habit” dan “Smarter Faster Better” dalam artikelnya di HerMoney (2020) berbagi sejumlah tips untuk membangun kebiasaan baik saat bekerja dari rumah. Apa saja?

Baca juga: Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Selama COVID-19

1. Jangan terlalu berharap dan memaksakan diri

Jangan memaksakan diri dan terlalu berharap terhadap sesuatu dalam situasi seperti saat ini. Hal terpenting saat ini adalah menjaga kesehatan dan memastikan tubuh memiliki imunitas yang baik. Tubuh membutuhkan kedua hal ini: sehat dan imunitas kuat, untuk melawan virus. Oleh karena itu, penting juga menjaga pikiran positif dan menjaga kesehatan mental. Stress akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Terkait pekerjaan, lakukan yang terbaik, tetapi jangan sampai membuat Anda stress hanya karena terlambat mengikuti meeting online, atau melewatkan sejumlah e-mail yang harus segera dibalas. Duhigg menyebutkan, jika Anda berhasil melewati hari dan tubuh masih sehat, maka Anda bukan hanya melakukan pekerjaan, tetapi menjaga hal yang paling penting: kesehatan!

Download panduan E-book #AvGotYouatHome 

2. Buat kebiasaan baru

Rutinitas baru membuat Anda harus terbiasa pula dengan kebiasaan baru. Jangan “alergi” dengan perubahan. Anda harus keluar dari zona nyaman. Misalnya, jika selama ini terbiasa berolahraga di gym, melakukan olahraga yoga di studio dengan panduan instruktur, karena situasi pandemi virus corona, jangan sampai kehilangan rutinitas itu. Anda hanya perlu membangun kebiasaan baru dengan melakukannya di rumah. Dengan panduan video yang bisa ditemukan di YouTube, tak akan sulit melakukannya secara mandiri.

Baca juga: Tips agar Remote Working Tidak Bikin Boros

3. Usahakan lebih terorganisir

Anda yang harus mengendalikan keadaan, bukan sebaliknya. Ketika kondisi mengharuskan semua orang beraktivitas di rumah, termasuk bekerja, maka Anda yang harus menyesuaikan diri. Cari tempat yang kondusif dan membuat Anda nyaman saat bekerja. Hal ini akan membuat segala sesuatunya lebih teroganisir.

Selain tiga hal di atas, ada juga sejumlah kebiasaan kecil yang bisa Anda coba selama #DiRumahAja, dan diyakini akan memberikan pengalaman dan efek positif bagi psikologis Anda. Apa saja? Urban (2020) menuliskan, berikut beberapa hal yang bisa Anda coba:

  • Cobalah bereksperimen membuat makanan dengan bahan yang ada di kulkas atau dapur Anda. Anggap saja ini tantangan untuk lebih kreatif dan upaya tidak membuang bahan makanan karena tidak terpakai. Selain itu, untuk mengurangi kebiasaan jajan. Sebagian orang juga meyakini, memasak makanan sendiri lebih baik dalam situasi seperti saat ini. Nah, alokasi uang jajan bisa Anda alihkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Contohnya, membeli asuransi kesehatan agar pikiran lebih tenang karena ada perlindungan maksimal di tengah situasi seperti saat ini. Avrist Assurance, dengan semangat #AvGotYouatHome, salah satunya menghadirkan Avrist Simple Start yang memberikan proteksi dengan premi terjangkau per bulannya.
  • Ingat kenangan menyenangkan bersama keluarga, teman, rekan kerja, dan kontaklah mereka sekadar untuk bertegur sapa dan menanyakan kabarnya. Tertawa bersama mereka, walau hanya sebentar, pasti bisa bikin bahagia!
  • Merawat tanaman dan berkebun. Bercocok tanam, meski hanya di halaman rumah, bagi sebagian orang bisa mendatangkan kebahagiaan. Anda juga bisa mencoba kebiasaan baru: mengajak tanaman-tanaman itu berbincang. Kenapa tidak? Melihat tanaman-tanaman itu tumbuh subur pasti mendatangkan kesenangan tersendiri.
  • Jalan pagi, sapa orang-orang yang berpapasan dengan Anda. Tetapi ingat, tetap jaga jarak aman dan tanpa kontak fisik.
  • Di sela waktu senggang, seusai bekerja, manfaatkan untuk meng-upgrade kemampuan atau hobi Anda. Misalnya, belajar menjahit masker kain dengan panduan video tutorial yang banyak ditemukan, dan lain-lain.
Baca juga: Tips Perlindungan Diri dari Virus Corona saat Bekerja di Luar Rumah

Ingat, dalam kondisi seperti saat ini, jangan sampai Anda mengalami frustasi karena kehilangan sejumlah kebiasaan, seperti nongkrong dengan teman, nonton di bioskop, dan lain-lain. Bahagia, sedih, positif, negatif, semua berawal dari pikiran. Jadi, jaga pikiran tetap positif dan hati harus bahagia meski #DiRumahAja!

Agar aktivitas Anda selama #DiRumahAja tidak terasa membosankan, Avrist Assurance juga akan menayangkan konten-konten seru ala #AvGotYouatHome yang bisa Anda simak di Instagram Avrist Assurance. Nantikan, ya!

Download panduan E-book #AvGotYouatHome