Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Selama COVID-19

0
6314
tips tetap produktif saat work from home selama COVID-19

Beberapa pekan belakangan ini, sejumlah perusahaan memberlakukan bekerja dari rumah alias work from home (WFH) bagi para karyawannya. Kebijakan ini diambil menyusul semakin meluasnya wabah virus corona COVID-19 di Indonesia, sejak pertama kali dikonfirmasi pada 2 Maret 2020. Bagaimana tips tetap produktif saat work from home selama COVID-19? Kami membahasnya di sini.

Hampir seluruh provinsi mengonfirmasi temuan kasus positif COVID-19. Pemerintah pun melakukan sejumlah upaya untuk menekan laju penyebaran virus corona. Salah satunya dengan meminta masyarakat menghindari kerumunan, berdiam diri di rumah, dan melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik. Melalui cara ini, diharapkan mengurangi kontak langsung antara satu dengan yang lain sehingga mengurangi potensi penularan lebih meluas.

Work From Home (WFH) merupakan salah satu upaya physical distancing yang efektif.

Bagi mereka yang tak terbiasa bekerja dari rumah, pasti menghadapi sejumlah tantangan karena harus beradaptasi. Apalagi, WFH tak mengurangi target Anda di kantor kan? Anda harus menunjukkan bahwa produktivitas tetap terjaga meski bekerja dari rumah dengan segala tantangannya. Bagaimana tips tetap produktif saat work from home selama COVID-19? Melansir Forbes (2020) dan Life Hack (2020), berikut sejumlah tips yang bisa Anda coba agar tetap produktif saat work from home selama COVID-19.

Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Selama COVID-19

1. Tentukan ruang kerja

Pilihlah salah satu ruang atau sudut di rumah Anda sebagai lokasi bekerja, sehingga aktivitas Anda tidak mengganggu penghuni rumah lainnya. Sebaliknya, Anda juga bisa konsentrasi bekerja. Jika di rumah Anda tidak memiliki ruang terpisah, cari area yang tidak terlalu sering dilintasi penghuni rumah.

Baca juga: Mengenal COVID-19: 8 Cara Efektif agar Tidak Tertular Virus Corona

2. Ciptakan suasana tenang

Bekerja di rumah, Anda tak akan mendapati suasana seperti di kantor. Bersiap menghadapi noise dari lingkungan sekitar, kendaraan yang melintas, dan lain-lain. Bagaimana agar tercipta suasana tenang sehingga Anda bisa berkonsentrasi? Salah satu caranya, hidupkan musik yang menenangkan. Misalnya, musik yang memperdengarkan suara alam seperti air terjun, hujan, atau kicauan burung. Studi menunjukkan, perpaduan musik lembut yang dikombinasikan dengan suara alam yang menenangkan akan mengaktifkan bagian otak yang menenangkan. Hal ini akan membantu Anda berkonsentrasi dan menurunkan detak jantung serta tekanan darah.

3. Disiplin dengan waktu kerja

Bekerja dari rumah memberikan Anda jam kerja yang jauh lebih fleksibel. Pastikan Anda disiplin dengan jadwal kerja Anda. Jangan sampai sering terputus untuk urusan di luar pekerjaan karena akan menghambat penyelesaian tanggung jawab. Jika Anda perlu menjalankan tugas atau mengurus hal-hal lain, lakukanlah di luar waktu kerja.

4. Buat to do list

Buatlah daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan setiap hari. Hal ini akan memudahkan Anda untuk fokus. Ketika ada hambatan saat bekerja, paling tidak Anda memiliki panduan, mana yang sudah dikerjakan, mana yang harus segera diselesaikan sehingga tak ada yang terlewat.

Baca juga: Tak Hanya Tempat Bekerja, Ini Manfaat Lain Coworking Space

5. Gunakan komunikasi video

Salah satu tips tetap produktif saat work from home selama COVID-19, pastikan Anda memiliki perangkat telecommuting untuk berkomunikasi, seperti Zoom, yang terhubung dan siap digunakan sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan anggota tim atau rekan kantor. Komunikasi visual penting untuk menjaga ikatan emosional dan mengusir kebosanan. Anda bisa menjadwalkan video conference ini, tak harus setiap hari. Ini penting untuk saling menyemangati.

6. Jangan lupa hirup udara segar

Upayakan untuk sesekali meninggalkan ruang atau meja kerja Anda, sekadar untuk menghirup udara segar. Pergi ke halaman depan atau belakang rumah. Menyiram tanaman, atau aktivitas lain yang bisa membuat Anda rileks saat bekerja di rumah. Ini penting untuk menjaga psikologis Anda, terutama ketika dilanda kebosanan dengan suasana kerja yang monoton. Sementara, target kerja harus dipenuhi.

7. Jaga asupan makan

Jaga kesehatan dengan memastikan asupan makanan Anda aman. Pastikan Anda makan sarapan yang baik sehingga Anda tidak harus berhenti bekerja ketika rasa lapar datang. Jadwalkan istirahat makan siang yang wajar, seperti halnya jam istirahat di kantor.

Baca juga: Cara Menolak Halus Limpahan Kerja Teman

8. Berpikir positif

Situasi saat ini, tak mudah untuk dihadapi bagi siapa saja. Perintah untuk tetap berada di rumah sembari tetap bekerja, terkadang mendatangkan tingkat stress yang lebih tinggi. Kuncinya, tetap berpikir positif. Sesekali, tak ada salahnya melihat sisi lain dari situasi ini. Anda masih bisa bekerja dari rumah, sementara yang lain tak punya pilihan itu. Ada yang tetap harus keluar rumah untuk bekerja di tengah ancaman wabah.

Jangan lupa, seusai bekerja, lakukan aktivitas yang menyenangkan dan membuat Anda rileks. Misalnya, menonton drama kesukaan, masak, atau sekadar membaca buku.

Semoga tips tetap produktif saat work from home selama COVID-19 ini bisa membantu Anda. Tetap semangat bekerja, di rumah saja, dan sehat selalu!