Ingin Mulai Pola Hidup Ramah Lingkungan Tapi Tidak Boros, Bagaimana Caranya?

    0
    2059
    hidup ramah lingkungan

    Keinginan menjalankan hidup ramah lingkungan tak selalu sejalan dengan mahalnya produk-produk yang eco-friendly. Apa ada cara lain menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan tanpa perlu menguras tabungan?

    Dear Avrist,

    “Sudah beberapa bulan ini saya mencoba gaya hidup ramah lingkungan. Tapi, semakin dijalani, ternyata gaya hidup ramah lingkungan ini malah menjadi bumerang buat saya. Karena, produk-produk dengan label ramah lingkungan dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan barang-barang tanpa label tersebut. Bagaimana caranya agar saya bisa menyeimbangkan gaya hidup ramah lingkungan tetapi tetap ramah di kantong? Apakah Avrist ada saran?” – Lana, 25 tahun.

    Halo Lana,

    Pertama-tamakami acungi jempol untuk aksi kepedulian Anda untuk ikut serta menerapkan pola hidup ramah lingkungan. Tentu saja, kalau bukan diri kita sendiri yang memulai untuk peduli lingkungan, lalu siapa lagi?

    Namun, sebelum jauh membahas biaya yang harus Anda keluarkan dalam rangka menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab: Apakah semua barang-barang berlabel ramah lingkungan itu secara otomatis akan memberi Anda “label” sebagai orang yang ramah lingkungan?

    Baca Juga: Bagaimana sih Etika Meminjam Uang ke Pasangan yang Sopan?

    Tentu saja bentuk kepedulian bisa Anda tunjukan dengan berbagai cara, tidak harus dengan memakai barang-barang berlabel ramah lingkungan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendukung gerakan ramah lingkungan, tanpa perlu menghambur-hamburkan uang. Lebih baik Anda fokus kepada aksi nyata yang benar-benar bisa dilakukan. Apa saja misalnya?

    Pertama, Anda bisa mulai mengurangi konsumsi daging, makanan dan minuman berbahan dasar susu, serta telur dalam asupan harian. Manfaatnya, selain membuat Anda berhemat, Anda juga ikut memerangi perubahan iklim, polusi tanah, air, udara, dan ocean dead zones; serta berbagai masalah lain yang disebabkan oleh industri produksi ternak. Kedua, coba lebih rutin naik menggunakan transportasi umum atau sepeda ke kantor. Tentunya ini akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan ikut mengurangi tingkat polusi udara dibanding Anda menggunakan kendaraan pribadi.

    Baca Juga: Sering Lihat Tutorial, Tak Sadar Jadi Boros Belanja Skincare?

    Ketiga, Anda bisa mulai mengawasi penggunaan air sembarangan. Ingatkan juga orang-orang di sekitar Anda untuk menghemat penggunaan air. Lalu cara keempat, saat di rumah, kurangi penggunaan AC atau pemanas ruangan agar energi listrik yang Anda gunakan bisa berkurang. Dan kelima, tentu saja mengurangi penggunaan plastik dengan cara membawa botol minum atau wadah makanan sendiri. Bisa juga dengan cara berbelanja dengan menggunakan tas belanja ketimbang tas plastik kresek dari pasar atau toko.

    Hal-hal sederhana ini bisa Anda lakukan untuk menjalankan gaya hidup ramah lingkungan tanpa menguras kantong. Selamat mencoba.