Sering Lihat Tutorial, Tak Sadar Jadi Boros Belanja Skincare?

    0
    2159
    boros belanja skincare

    Selalu update review terbaru dari beauty influencer, tentu boleh. Mau belanja skincare, tentu boleh juga. Tapi, kalau sudah mulai terasa semakin boros, lalu harus bagaimana? Bagaimana ya tips agar tidak jadi boros belanja skincare?

    Dear Avrist,

    Di waktu senggang, saya selalu menonton video review skincare dari beauty influencer yang sudah lama saya ikuti. Biasanya, mereka selalu menampilkan produk-produk skincare terbaru yang hasilnya tampak bagus di wajah mereka. Masalahnya, setiap kali habis menonton, saya jadi sering sekali langsung ikut membeli produk yang diulas tersebut. Alhasil, pengeluaran saya untuk skincare termasuk boros. Bagaimana cara mengontrolnya? – Rara, 23 tahun.

    Halo Rara,

    Tak ada salahnya bila Anda punya kegemaran untuk menonton video dari berbagai beauty influencer. Kami paham bahwa perempuan dan kosmetik sudah sulit dipisahkan. Lagipula, dari kegemaran Anda ini, Anda akan mendapatkan berbagai informasi terbaru yang pasti bermanfaat untuk Anda.

    Namun, bila kegemaran ini sudah menimbulkan dampak, yaitu Anda menjadi boros karena selalu membeli produk-produk kecantikan yang diulas, waktunya mengambil langkah!

    Pertama, ingatlah Anda harus menggunakan strategi. Jangan langsung ingin punya semua produk yang diulas tanpa melihat kebutuhan Anda. Sebelum mencari dan membeli produk yang diulas, coba cek dahulu isi kotak kosmetik Anda. Siapa tahu ternyata Anda sudah punya produk yang sejenis. Kedua, coba batasi belanja skincare AndaSebenarnya, bukan seberapa sering Anda menonton ulasan dari para beauty influencer ini yang harus dikhawatirkan. Tapi seberapa sering Anda berbelanja skincare yang harus dibatasi. Soalnya, yang akan menjadi penentu borosnya Anda adalah kebiasaan belanjanya ini. Misalnya, Anda bisa membatasi bujet belanja skincare termasuk dalam belanja biaya entertainment yang sebesar 10% dari penghasilan per bulan.

    Yang ketigabila memang Anda sudah mengecek skincare yang Anda punya dan memang produk yang ingin dibeli adalah barang yang Anda perlu, coba ajak saudara atau rekan kantor untuk membelinya secara patungan. Anda bisa membelinya lalu membagi produknya ke dalam jar atau tabung kecil. Cara ini efektif sekali untuk mengontrol keuangan Anda. Bila memang produknya cocok, Anda bisa sambil menabung dan membelinya sendiri lagi setelah persediaannya habis.

    Semoga tip ini bermanfaat dan bisa mengontrol agar Anda tidak boros belanja skincare, ya!