Sudah Berkeluarga? Ini Keuntungan Beralih ke Asuransi Kesehatan Keluarga

0
3061
asuransi kesehatan keluarga

Asuransi kesehatan adalah suatu produk yang idealnya dievaluasi dan disesuaikan dengan kebutuhan secara berkala. Sebab, kebutuhan proteksi Anda hari ini belum tentu sama dengan kebutuhan proteksi yang Anda miliki sejak tiga tahun lalu. Salah satu pertimbangan ialah jumlah manfaat yang bisa Anda peroleh. Boleh jadi, Anda membeli asuransi kesehatan ketika masih lajang. Ketika itu, Anda memilih manfaat yang tidak optimal karena mendapat tunjangan kesehatan dari kantor. Nah, setelah berkeluarga kemudian punya anak, Anda perlu menyesuaikan manfaat asuransi kesehatan tersebut. Bertepatan dengan bulan asuransi yang jatuh bulan September, kini saatnya mempertimbangkan upgrade asuransi kesehatan Anda dengan asuransi kesehatan keluarga. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh saat beralih dari asuransi kesehatan pribadi ke asuransi kesehatan keluarga.

Keuntungan Punya Asuransi Kesehatan Keluarga

Perlindungan kesehatan terbaik bagi seluruh anggota keluarga

Anda pasti ingin agar keluarga Anda memperoleh layanan kesehatan terbaik saat jatuh sakit, bukan? Nah, asuransi kesehatan keluarga memungkinkan Anda dan anggota keluarga memperoleh layanan kesehatan terbaik dan tepat waktu. Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka Anda dapat leluasa memilih dokter atau rumah sakit yang ingin Anda tuju. Berbeda halnya dengan tunjangan kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan yang membatasi Anda dalam hal ini. Anda pun dapat memperoleh pelayanan kesehatan tepat waktu dengan mudah, tanpa perlu mengantri atau melalui prosedur yang menyita waktu. Hal ini bisa meminimalisir kemungkinan fatal yang bisa menimpa Anda dan keluarga akibat keterlambatan layanan medis.

Baca Juga: Hidup Sehat Tak Harus Mahal, Lho!

Lebih terjangkau

Berbeda dengan asuransi kesehatan pribadi di mana satu polis hanya melindungi satu tertanggung, maka polis asuransi kesehatan melindungi lebih dari satu tertanggung. Ini memungkinkan Anda memperoleh manfaat kesehatan optimal dengan premi yang lebih terjangkau ketimbang polis asuransi kesehatan pribadi. Sebab, perusahaan asuransi umumnya memberikan diskon bagi polis yang mencakup lebih dari satu tertanggung.

Melengkapi fasilitas kesehatan yang Anda miliki

Asuransi kesehatan keluarga yang Anda miliki secara pribadi juga bisa dipakai untuk melengkapi fasilitas kesehatan yang Anda peroleh dari tempat kerja seperti tunjangan kesehatan dan BPJS Kesehatan. Untuk menentukan manfaat yang hendak Anda peroleh di asuransi kesehatan keluarga, pertama-tama, Anda bisa menghitung manfaat yang Anda peroleh dari kantor. Kemudian, bandingkan dengan kebutuhan dana jika anggota keluarga jatuh sakit. Protection gap atau perbedaan antara manfaat yang Anda peroleh dari kantor dengan biaya pengobatan yang Anda butuhkan bisa Anda penuhi lewat asuransi kesehatan keluarga.

Baca Juga: Anak Muda Juga Perlu Asuransi, Lihat Daftarnya di Sini

Bisa menyesuaikan manfaat sesuai kebutuhan

Kelebihan lainnya yang bisa Anda peroleh dari asuransi kesehatan keluarga ialah manfaat yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Misalnya, menambah manfaat seiring dengan bertambahnya jumlah anak. Ketika Anda baru berkeluarga dengan satu anak, mungkin Anda bisa mengambil asuransi kesehatan murni dengan premi Rp500.000 per bulan. Dua tahun kemudian, ketika Anda punya dua anak, Anda bisa meningkatkan jumlah tertanggung dalam polis asuransi kesehatan Anda serta manfaat yang bisa Anda nikmati. Untuk menikmati upgrade manfaat ini, maka Anda perlu meningkatkan premi menjadi Rp700.000 per bulan. Anda juga bisa memilih berbagai manfaat tambahan lainnya, seperti asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, manfaat pengembalian premi, nilai tunai, dan sebagainya.

Tabungan keluarga aman

Asuransi kesehatan memungkinkan Anda dan keluarga terhindar dari pengeluaran yang besar akibat jatuh sakit. Dengan demikian, tabungan yang sudah Anda siapkan untuk tujuan keuangan lain, dapat utuh atau hanya sedikit terpakai untuk biaya pengobatan.

Baca Juga: Jumlah Anak Bertambah, Perlukah Menambah Asuransi Jiwa?

Jika saat ini Anda sedang menimbang-nimbang asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga, Anda bisa melirik asuransi kesehatan dari Avrist Assurance. Dengan memiliki asuransi kesehatan, nasabah akan memperoleh perlindungan medis berupa penggantian biaya rawat inap sesuai tagihan rumah sakit dan plan keluarga dengan diskon premi 5%. Anda juga bisa leluasa memilih opsi cashless atau reimbursement.

Kabar baiknya, asuransi kesehatan ini juga memberikan fasilitas pelengkap BPJS Kesehatan. Ingin memberikan layanan kesehatan terbaik bagi keluarga? Saatnya beralih dari asuransi kesehatan pribadi ke asuransi kesehatan keluarga.