Tips Rutin Beramal Tanpa Mengganggu Arus Keuangan

0
1589
Tips Rutin Beramal Tanpa Mengganggu Arus Keuangan

Beramal atau bersedekah pada dasarnya merupakan salah satu kebutuhan setiap orang. Pasalnya, setiap individu memiliki dorongan untuk menjadi relevan bagi komunitas di mana ia berada. Dengan berbagi kebaikan pada sesama dan lingkungan, kebutuhan sosial seseorang bisa terpenuhi. Ketika membagi sebagian pendapatan kepada orang lain apakah itu dalam bentuk zakat, sedekah maupun jenis donasi sosial lain, seseorang bisa merasakan bertambahnya arti atau makna kehadiran ia dalam kehidupan sosial. Sebuah studi yang dilakukan di Jerman mengungkapkan, orang yang senang memberi pada orang lain atau lingkungan, merasakan tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap hidup yang mereka jalani. Memberi akan membuat seseorang lebih bahagia.

Namun, tidak jarang kebutuhan untuk rutin berbagi kebaikan melalui sedekah atau donasi sosial lain terhambat oleh kondisi keuangan pribadi yang pas-pasan. Di tengah pandemi COVID-19 di mana makin banyak kalangan yang terpuruk perekonomiannya, relevansi berbagi kebaikan semakin meningkat. Namun, apabila kondisi perekonomian Anda saat ini tengah menghadapi tantangan juga karena pandemi, jangan dulu berhenti beramal. Tahukah Anda beramal tidak selalu membutuhkan uang? Ada banyak tips rutin beramal yang bisa terus dijalankan tanpa menganggu arus keuangan. Yuk, simak ide-ide terbaik di bawah ini.

Tips Rutin Beramal Tanpa Mengganggu Arus Keuangan

1. Ikut menandatangani petisi isu kemanusiaan

Ada banyak isu kemanusiaan di tengah kehidupan bermasyarakat yang membutuhkan suara agar menjadi perhatian para pemangku kebijakan. Anda tidak harus turun ke jalan ikut berdemonstrasi bila ingin mendukung sebuah isu penting. Seiring perkembangan teknologi, saat ini sudah ada beberapa aplikasi petisi online yang bisa menjadi penyambung suara.

Jadi, bila Anda peduli dengan sebuah isu kemanusiaan yang membutuhkan dorongan suara agar mendapatkan perhatian para pemegang kebijakan, Anda bisa menyumbangnya dengan menandatangani petisi online. Bisa juga Anda berinisiatif membuat petisi online untuk membantu menyuarakan isu penting bagi kemanusiaan. Walau tidak selalu berhasil, sejauh ini sudah cukup banyak petisi online yang sukses mendorong perubahan di dunia nyata. Jadi, cara ini tetap bisa menjadi pilihan beramal.

Baca juga: Cara Bebaskan Diri dari Stres Masalah Keuangan karena Pandemi

2. Mendaftar jadi volunteer kegiatan sosial

Cara lain beramal tanpa mengeluarkan uang besar adalah mendaftar sebagai sukarelawan atau volunteer kegiatan sosial. Ada cukup banyak lembaga yang membuka kesempatan bagi kalangan yang ingin berpartisipasi sebagai sukarelawan. Anda bisa memilih yang sesuai dengan passion atau concern pribadi.

Misalnya, Anda prihatin dengan masalah lingkungan hidup yang semakin runyam atau konservasi binatang langka, Anda bisa mendaftar menjadi volunteer di lembaga seperti Greenpeace atau World Wildlife Fund (WWF). Bila Anda concern dengan trauma healing pada anak-anak, Anda bisa bergabung sebagai volunteer Ayo Dongeng Indonesia. Anda bisa melihat lebih banyak pilihan kesempatan menjadi sukarelawan melalui situs Indorelawan.

Mendaftar menjadi volunteer bukan cuma membantu Anda memenuhi kebutuhan untuk berbagi kebaikan, tapi juga membantu Anda memperluas networking dengan bergabung dengan komunitas lebih luas.

3. Menggalang dana sosial untuk korban pandemi atau bencana

Pandemi COVID-19 telah menyeret perekonomian banyak kalangan di titik nadir. Banyak orang terpaksa kehilangan pendapatan karena terkena vonis pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan tanpa gaji. Anda bisa berkontribusi menolong kalangan terdampak pandemi ini dengan menggalang dana sosial yang kelak bisa disalurkan sebagai modal kerja mereka. Manfaatkan situs atau aplikasi crowdfunding tepercaya untuk menggalang dana sosial. Tentu saja untuk melakukan aksi sosial ini Anda perlu memastikan kredibilitas dan akuntabilitas pemakaian dana.

Baca jugaBegini Cara Gampang Menghitung Zakat Penghasilan

4. Berbagi ilmu dan skill melalui media sosial

Anda memiliki skill atau keahlian yang banyak dibutuhkan orang lain? Coba saja membagi ilmu atau keahlian yang Anda miliki tersebut kepada khalayak lebih luas melalui media sosial. Anda bisa memanfaatkan instagram, twitter ataupun facebook untuk membagi apa yang Anda kuasai tersebut agar menjadi tambahan ilmu bagi kalangan lebih luas.

Misalnya, Anda jago dalam mengoperasikan microsoft excel, Anda bisa membagikan trik-trik sederhana melalui media sosial tersebut. Bila ingin lebih atraktif lagi, bisa juga membaginya lebih serius melalui youtube lengkap dengan video. Anda senang baking atau memasak? Berbagi skill juga bisa sesederhana membagi resep masakan Anda di laman instagram personal.

Membagikan ilmu atau keahlian kita secara cuma-cuma di media sosial adalah bentuk beramal yang keren. Jadi, optimalkan kehadiran media sosial untuk menjadi saluran Anda menebar dampak positif bagi komunitas.

5. Garage sale barang bekas di rumah untuk donasi

Pasti ada banyak barang yang sudah tak terpakai di rumah Anda. Apakah itu pakaian, sepatu, buku hingga furnitur yang mungkin sudah tidak lagi Anda gunakan. Daripada membuangnya begitu saja mengapa tidak mencoba menggelar garage sale dan menyalurkan dananya untuk donasi sosial?

Garage sale untuk donasi sosial akan memberikan banyak keuntungan. Pertama, rumah Anda akan jauh lebih nyaman ditempati setelah barang-barang yang sudah tidak Anda perlukan, berpindah tempat. Kedua, barang Anda lebih bermanfaat bagi orang lain. Ketiga, Anda mendapatkan dana yang bisa disalurkan untuk membantu sebuah isu atau menolong mereka yang membutuhkan. Itulah lima tips terbaik agar Anda bisa rutin beramal tanpa menganggu arus keuangan.

Baca juga: Percaya atau Tidak, Anda Bisa Kaya dengan Memberi

Supaya ketenangan hidup bisa lebih berkualitas, jangan lupa mengelola risiko finansial dengan asuransi kesehatan yang praktis dan memiliki proteksi lengkap seperti Avrist Simple Start dari Avrist Assurance. Tetap semangat di tengah pandemi!