Menikmati Gaya Hidup Tanpa Merusak Kantong, Begini Triknya

0
2043
cashback

Masa muda memang menyenangkan, lebih-lebih bila kita sudah memiliki penghasilan sendiri. Di tengah kepenatan rutinitas membangun karir, sedikit berhura-hura menjadi hal yang wajar dilakukan para pekerja muda. Hangoutclubbing, wisata kuliner, traveling ke berbagai tempat eksotis secara rutin, dan berbagai aktivitas gaya hidup konsumtif lainnya menjadi bagian dari cara pekerja muda menghabiskan penghasilan.

Sah-sah saja kok, bila kita menikmati hasil kerja keras dengan bersenang-senang. Yang jadi masalah adalah bila kebiasaan menikmati gaya hidup tersebut membuat kita tidak mengelola keuangan dengan sehat, misalnya tagihan kartu kredit besar, saldo tabungan nol, belum punya asuransi, tidak memiliki investasi dan aset sama sekali, dan lain sebagainya.

Nah, ada trik mudah yang bisa dijalankan para pekerja muda agar tetap bisa berhemat dan mengelola keuangan secara sehat tanpa mengorbankan kebutuhan untuk hura-hura dan bersenang-senang. Yuk, simak jurus mudah di bawah ini:

1. Buatlah rekening khusus hura-hura

Rekening khusus hura-hura atau rekening khusus untuk belanja konsumtif bisa membantu Anda membatasi diri saat menghabiskan uang untuk bersenang-senang. Caranya mudah saja. Setiap mendapatkan penghasilan, biasakan terlebih dulu membagi penghasilan tersebut ke dalam pos-pos mulai dari yang primer, sekunder hingga tersier dengan porsi tertentu.

Baca juga: Belanja Karena Stres Kerjaan Boleh Saja, Asal Menerapkan Trik Ini

Misalnya, alokasikan sebesar 50% untuk menutup kebutuhan hidup sehari-hari seperti makan, transportasi, tagihan listrik, air, internet, telepon, dan sebagainya. Lalu, sebesar maksimal 30% untuk membayar utang atau cicilan bila memang ada. Kemudian 10%-20% untuk menambah saldo dana darurat, investasi dan biaya premi asuransi, dan sebesar 5% untuk biaya gaya hidup alias hura-hura.

Jadi, bila gaji seseorang saat ini Rp 6 juta-Rp10 juta, dia bisa mengalokasikan Rp300.000 hingga Rp600.000 ke rekening khusus untuk aktivitas gaya hidup. Apakah itu untuk keperluan nongkrong rutin, weekend getaway, membeli skincare atau fashion, dan lain sebagainya. Tempatkan dana hura-hura ini di rekening khusus yang terpisah dari rekening pos lain. Dengan begitu, Anda terhindar dari aksi membobol pos anggaran lain. Saat dana di rekening ini habis, itu berarti Anda harus mampu menahan diri karena dananya sudah tidak ada.

2. Manfaatkan kartu kredit

Walau identik dengan aktivitas shopping yang konsumtif, keberadaan kartu kredit tidak sepenuhnya buruk. Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan deal transaksi belanja yang lebih hemat. Banyak kartu kredit yang memberikan diskon lumayan untuk transaksi di tenant tertentu. Misalnya, bagi Anda yang rutin menikmati acara nonton film di bioskop bersama pasangan atau teman, Anda bisa memakai kartu kredit yang memberikan promo tiket buy 1 get 1. Lumayan kan, hemat 50%?

Jangan lupakan pula keberadaan rewards points kartu kredit yang bisa Anda tukarkan menjadi diskon harga atau air miles sehingga memungkinkan pembelian tiket maskapai lebih murah. Belum lagi promo cashbackkartu kredit yang juga bisa membantu Anda berbelanja lebih hemat.

Baca juga: Rutin Memakai Kartu Kredit, Apakah Perlu Asuransi Kartu Kredit?

Satu hal yang perlu diingat dari trik pemanfaatan kartu kredit ini adalah, tetaplah pada tujuan. Tujuan Anda adalah menghemat pengeluaran supaya transaksi belanja menjadi lebih optimal. Jangan sampai Anda justru tergoda memakai kartu kredit sekadar untuk memburu diskon barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Sebaliknya, gunakan benefit yang ditawarkan kartu kredit untuk mendapatkan deal lebih hemat. Selain itu, supaya pengeluaran gaya hidup tetap terkendali, pastikan untuk selalu membayar tagihan kartu kredit full payment dan tepat waktu.

3. Optimalkan aplikasi cashback, kupon dan diskon

Bila Anda cermati, saat ini semakin banyak muncul aplikasi-aplikasi menarik yang memungkinkan Anda mendapatkan penawaran diskon, kupon atau cashback untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan. Sebut saja seperti Fave, Shopback, Lakupon, dan lain sebagainya.

Seseorang bisa mendapatkan harga lebih hemat bila bertransaksi melalui layanan yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Diskon yang ditawarkan lumayan juga bisa di atas 20% dari harga normal. Diskon yang mereka tawarkan juga rata-rata untuk keperluan seputar lifestyle mulai dari voucher atau diskon transaksi dining di sebuah restoran, tarif menginap di hotel, tarif masuk taman hiburan sampai voucher untuk perawatan spa, dan lain sebagainya. Belanja pun jadi lebih asyik plus hemat!

4. Manfaatkan transaksi non-tunai

Era financial technology melahirkan banyak sekali aplikasi payment gateway yang mendorong banyak orang meninggalkan transaksi tunai. Misalnya, Go-Pay, Doku, dan lain sebagianya. Belum lagi keberadaan e-wallet seperti T-Cash dan uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank-bank besar. Hampir semua aplikasi pembayaran non-tunai tersebut memberikan penawaran diskon, cashback hingga rewards points yang menarik dan dapat membantu Anda bertransaksi lebih hemat.

Kebanyakan promo yang ditawarkan juga terkait dengan konsumsi seputar gaya hidup seperti diskon pembelian makanan dan minuman, diskon tarif menginap di hotel, cashback pembelian item tertentu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Penting untuk Anda yang Hobi Traveling

Para penyedia platform itu berkepentingan menarik Anda untuk memakai platform mereka. Di sisi lain, Anda berkesempatan untuk bertransaksi lebih hemat dengan menikmati promo yang mereka tawarkan. Rajin-rajin saja memantau informasi promo yang mereka tawarkan.

5. Daftarkan diri jadi anggota

Trik berikutnya yang bisa Anda jalankan agar lebih hemat dalam berhura-hura adalah dengan memanfaatkan keuntungan sebagai anggota. Sering kita temui sebuah pusat belanja atau supermarket yang menawarkan keanggotaan gratis bagi para konsumen. Biasanya disediakan dalam bentuk kartu. Nah, setiap transaksi yang kita lakukan akan tercatat di kartu tersebut dan mendapatkan poin yang suatu saat bisa kita tukarkan dengan keuntungan, apakah itu berupa diskon khusus atau cashback.

Selama keanggotaan tidak dipungut biaya, mengapa tidak memanfaatkan celah tersebut untuk mendapatkan deal lebih murah? Tenant berkepentingan mendapatkan data serta memelihara loyalitas Anda selaku konsumen, di sisi lain Anda bisa menikmati promo yang mereka tawarkan karena sudah terdaftar sebagai anggota.

Mudah bukan trik yang bisa Anda terapkan agar tetap bisa berhemat sekaligus bersenang-senang? Jadi, tunggu apalagi?

Credit photos: Unsplash, Pexels