Tak Hanya Tempat Bekerja, Ini Manfaat Lain Coworking Space

0
5064
manfaat lain coworking space

Kemajuan teknologi menawarkan cara baru dalam bekerja. Banyak yang bekerja di sebuah perusahaan yang menerapkan konsep virtual office. Bekerja tak harus “ngantor”, bisa di mana saja. Inilah yang mendorong munculnya kaum digital nomad, atau orang-orang yang bekerja secara lepas, nomaden, tidak terikat oleh waktu dan tempat, dan memanfaatkan teknologi untuk bekerja dan berkomunikasi. Oleh sebab itu menjamurlah coworking space.  Tak hanya itu, tumbuh pesatnya bisnis start up mendorong anak-anak muda semakin kreatif menjadi entrepreneur. Apa sih manfaat lain coworking space?

Fenomena ini pun menumbuhkan peluang bisnis lainnya. Salah satunya ruang kerja bersama, yang dikenal dengan coworking space. Di sini, individu maupun komunitas akan berbagi ruang untuk masing-masing pekerjaannya. Pengguna coworking space, biasa disebut coworkers, bisa menggunakan ruang atau meja di coworking space dengan membayar sewa dengan waktu bervariasi. Ada yang menawarkan waktu lebih fleksibel, ada pula yang terbatas. Konsep coworking spaceyang tersedia pun bermacam-macam. Coworkers bisa memilih sesuai kebutuhan. Selain untuk bekerja, apa sih manfaat lain coworking space?

Baca juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Sambil Bekerja

Memilih coworking space

Apa yang harus diperhatikan saat memilih coworking space? Ya, jangan sembarang memilih. Salah memilih, bisa-bisa Anda menjadi tak fokus bekerja.

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Pilih bidang sejenis. Pilihlah coworking space yang biasanya diisi oleh mereka yang bekerja di bidang yang sama. Mengapa? Hal ini untuk memperluas jaringan, berbagi ide, dan siapa tahu bisa berbagi proyek juga, bukan?

2. Bujet. Tetapkan berapa bujet yang Anda alokasikan untuk menyewa coworking space. Jangan sampai biaya untuk coworking space membengkak, tak sesuai pemasukan atau nilai proyek. Itu namanya lebih besar pasak daripada tiang.

Baca juga: 5 Hal Penting jika Ingin Merintis Bisnis Sampingan

3. Fasilitas. Misalnya, apakah tersedia fasilitas dapur, toilet yang layak, dan lain-lain yang membuat kerja akan semakin nyaman.

4. Koneksi internet lancar dan stabil. Hal ini bisa dikatakan faktor paling penting. Tanpa koneksi internet yang lancar, pekerjaan Anda pasti akan terhambat.

5. Lokasi. Tentukan lokasi mana yang terjangkau dan Anda enggak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan. Jika terlalu jauh, sampai di lokasi coworking space sudah lelah, bekerja juga pasti tak produktif.

6. Keamanan. Keamanan tak hanya keamanan diri saat bekerja, tetapi juga memastikan bahwa meskipun memakai koneksi jaringan internet publik, segala aktivitas yang Anda lakukan di sana juga aman.

7. Desain. Mungkin terkesan remeh, tetapi tahukah Anda, desain sebuah ruang atau tempat bekerja akan memengaruhi mood mereka yang menghuninya? Pilih desain coworking space yang bisa membuat Anda nyaman, berpikir dan bekerja dengan nyaman, serta mungkin saja bisa memunculkan ide-ide baru.

Manfaat lain coworking space

Ada banyak manfaat yang bisa Anda nikmati dengan bekerja di coworking space. Apa saja?

1. Terbangun komunitas. Bekerja di coworking space memungkinkan terbangunnya suatu komunitas bagi para coworkers. Hal ini juga tentunya bisa memperluas jaringan, serta bersosialisasi dengan mereka yang bekerja di berbagai bidang.

2. Suasana kondusif. Selain itu, Anda bisa mendapatkan suasana bekerja yang kondusif. Anda berkesempatan berada di sekeliling orang-orang kreatif sehingga bisa menjadi lebih produktif dan termotivasi.

3. Hemat. Yang tak kalah penting, menyewa coworking space bisa menghemat bujet Anda dalam membangun usaha. Karena, Anda cukup membayar biaya sewa saat memakai coworking space. Jelas ini lebih murah ketimbang menyewa gedung atau ruko sendiri.

4. Representatif. Terletak di wilayah perkantoran serta terpelihara dengan baik membuat coworking space representatif untuk bekerja dan bernegosiasi dengan mitra bisnis. Sehingga, meski usaha yang Anda bangun ialah usaha rintisan, Anda tetap berkesempatan bekerja atau melakukan rapat di tempat yang representatif. Ini tentu akan meningkatkan citra dan reputasi Anda di mata rekan bisnis.

Namun, yang perlu diingat, selalu jaga etika saat bekerja di ruang bersama ini. Misalnya, menjaga ketenangan, tidak asyik dengan “dunia sendiri” dan tetaplah menjalin komunikasi dengan coworkers lain. Karena siapa tahu, ini akan menjadi pintu bagi Anda untuk berkolaborasi dengan coworkers lain.

Baca juga: Intip 6 Inspirasi Bisnis Daur Ulang

Selain memperhatikan tempat kerja, yang tak kalah penting untuk Anda miliki sebagai entrepreneur ialah perlindungan kesehatan berupa asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda terhindar dari pengeluaran yang besar saat risiko sakit menimpa. Sehingga, kecil kemungkinan Anda memakai dana pribadi atau uang bisnis untuk menutupi biaya pengobatan ketika sakit.

Apakah Anda sedang mencari asuransi kesehatan? Jika ya, maka Anda bisa menimbang Avrist Simple Start, asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kesehatan dari Avrist Assurance. Dengan memiliki Avrist Simple Start, nasabah akan memperoleh berbagai perlindungan medis, termasuk manfaat kamar rawat inap harian, rawat jalan, dan perlindungan penyakit khusus wanita atau pria. Anda juga bisa memilih opsi cashless yang memudahkan tertanggung ketika bertransaksi di rumah sakit.

Selamat bekerja!