Intip 6 Inspirasi Bisnis Daur Ulang Barang Bekas

0
6933
bisnis daur ulang

Gaya hidup ramah lingkungan yang semakin marak saat ini mendorong orang-orang untuk menggunakan barang-barang daur ulang. Selain memberikan kebanggaan tersendiri, menggunakan produk daur ulang juga merupakan kontribusi nyata para penggunanya untuk pelestarian lingkungan. Alhasil, bisnis produk-produk olahan daur ulang semakin diminati dan memiliki nilai jual. Nah, kalau Anda tengah berpikir untuk menjajaki bisnis, mengapa tak mencoba bisnis daur ulang barang bekas?

Ada sejumlah barang bekas yang bisa Anda manfaatkan dan olah menjadi produk bernilai ekonomi. Bagaimana mengolahnya? Tak sulit jika Anda ingin mencoba atau mempelajarinya. Coba saja berselancar di Instagram dan Youtube, Anda akan menemukan beragam tutorial.

Beberapa akun yang bisa Anda cek di antaranya Instagram @kertabumikliniksampah dan ikuti video tutorialnya di Youtube Kertabumi Klinik Sampah. Selain itu, Anda juga bisa mengecek akun Instagram @zerowaste.id_official beserta channel Youtube Titiz Craft.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Sambil Bekerja

Sebagai inspirasi, berikut enam barang bekas yang bisa Anda sulap menjadi barang-barang apik, dengan prospek bisnis daur ulang yang menjanjikan.

Inspirasi Bisnis Daur Ulang

1. Kain atau kaus bekas

Coba lihat lemari atau kardus berisi pakaian bekas yang menumpuk di rumah. Jika memang Anda anggap tak layak untuk disumbangkan, coba mengolahnya menjadi selimut, tas belanja, atau mungkin keset kaki. Kain bekas, seperti sarung yang sudah robek, bisa Anda olah menjadi taplak meja dengan motif beragam yang acak atau patchwork. Tabrak motif tak apa, sekarang juga diminati, kok! Selain itu, kaus bekas yang tak terpakai bisa diolah menjadi tas belanja yang bisa dipakai berulang-ulang. Anda juga bisa memasarkannya dan berkreasi dengan berbagai modifikasi.

2. Koran atau kertas bekas

Jangan biarkan koran atau buku bekas diam teronggok. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam barang, seperti kartu ucapan, frame foto, dan lain-lain. Anda bisa juga mengolah kertas bekas menjadi bubur kertas yang selanjutnya bisa diolah menjadi beragam produk, seperti tempat tisu, kotak kado, kotak mainan, dan sebagainya. Ada banyak tutorial membuat berbagai produk ini yang bisa Anda temukan di Pinterest, Instagram, dan Youtube. Hasilnya juga tak kalah apik dengan buatan pabrik. Kuncinya, kreatif dan tak menyerah menemukan ide baru!

Baca juga: Mudah dan Kekinian, Ini 10 Bisnis Potensial di Instagram

3. Bekas minuman kaleng

Pot bunga dan celengan adalah dua contoh produk yang bisa Anda hasilkan dengan memanfaatkan bekas kaleng minuman. Tinggal bagaimana mengolahnya menjadi produk yang unik. Jika tak memiliki stok kaleng minuman, kenapa Anda tak mencoba bekerjasama dengan pengepul atau pemulung barang bekas? Di samping membangun usaha, Anda juga belajar menjalin kemitraan.

4.  Kotak kemasan bekas

Sulaplah kotak susu atau kotak kardus bekas menjadi replika rumah-rumahan, mobil-mobilan, dan lain-lain, yang bermanfaat sebagai mainan anak-anak. Kemudian, pasarkan mainan-mainan ini secara online atau di kelompok ibu-ibu. Tunjukkan kreativitas Anda melalui produk-produk tersebut. Karena handmade, tentunya akan limited edition, alias setiap produk berbeda dan tidak sama dengan produk lainnya. Nah, ini bisa jadi nilai jual tersendiri. Ternyata, tak sedikit pengusaha yang berhasil menjalankan bisnis dari olahan kotak bekas ini.

5. Bekas bungkus permen, kopi instan, deterjen cair, dan lain-lain

Jangan buang limbah plastik dari berbagai produk rumah tangga, seperti bekas bungkus cairan pel, deterjen cair, kopi instan, dan lain-lain. Bahkan, bungkus permen juga bisa Anda olah. Cuci bersih limbah plastik ini, kemudian keringkan. Dengan bermodal plastik-plastik ini, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai produk seperti boneka, tas, pot bunga, dan lain-lain. Hasilnya pasti akan mengagumkan.

Baca juga: Ini Dia Ide Bisnis dan Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan

6. Plastik kresek

Kampanye membawa kantong belanja sendiri tengah ramai didengungkan saat ini. Jika Anda ingin turut menyukseskan gerakan ini, berikan dukungan dengan mengolah sisa-sisa plastik kresek menjadi tas belanja yang menarik. Bisakah? Bisa. Anda bisa menemukan banyak tutorialonline tentang bagaimana mengolah plastik kresek menjadi tas belanja, pouch, tote bag, dan lain-lain. Bahkan, ada yang memadukannya dengan plastik bekas bungkus mie instan. Hasilnya, sangat mengagumkan. Jadi, kenapa Anda tak mencoba juga berkreasi dan memasarkan produk hasil kreasi sendiri?

Masih banyak lagi barang-barang bekas yang bisa Anda olah. Yang perlu Anda lakukan ialah mengeksplorasi dan menemukan ide bisnis daur ulang yang menarik dan menjanjikan.

Bagi Anda yang serius menekuni dunia bisnis, pikirkan pula perlindungan atas kelangsungan bisnis dan tempat usaha Anda dengan berasuransi. Asuransi akan memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan yang bisa terjadi pada usaha Anda. Kerusakan yang bisa terjadi antara lain kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, dan letusan gunung berapi. Salah satu asuransi yang bisa Anda jajaki adalah Asuransi Mikro Stop Usaha Merapi yang dikeluarkan oleh Avrist General Insurance.

Selamat mencoba!