Mudah dan Kekinian, Ini 10 Bisnis Potensial di Instagram

0
19305
Bisnis

Perkembangan teknologi dan media sosial menjanjikan banyak hal bagi mereka yang bisa melihat peluang dan memanfaatkannya. Misalnya media sosial tak sebagai ajang wadah pertemanan, tetapi juga membangun bisnis online. Salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk berbisnis dewasa ini ialah Instagram. Bermodal foto yang apik, memanfaatkan endorser, serta produk yang berkualitas, maka memasarkan produk lewat Instagram akan efektif meningkatkan produksi dan omzet.

Tertarik memulai bisnis online yang memanfaatkan Instagram? Sebelum memutuskan hal itu, ada baiknya Anda mengetahui bisnis seperti apa yang berpeluang moncer jika dipasarkan melalui Instagram. Toh, tak hanya jualan produk, menawarkan jasa di Instagram juga cukup menjanjikan.

Simak 10 ide bisnis dan pekerjaan yang bisa dijalankan di Instagram berikut. Siapa tahu, salah satunya menjadi pilihan Anda.

1. Influencer dan product reviewer

Anda bisa mulai menjajaki menjadi seorang influencer di media sosial. Dengan demikian, banyak yang terpengaruh dengan posting-an Anda. Hal ini akan membuat produsen produk atau perusahaan melirik dan menggunakan jasa Anda. Dengan menjadi influencer, Anda juga bisa menjadi product reviewer, yaitu seseorang yang mengulas produk dan jasa tertentu.

2. Bidang fotografi dan video

Industri kreatif, termasuk jasa fotografi, tengah naik daun saat ini. Bagi Anda yang punya kemampuan di bidang fotografi, Anda bisa menawarkan jasa melalui Instagram. Beberapa layanan yang bisa Anda tawarkan misalnya jasa foto pre-wedding dan wedding yang sedang nge-hits, pemotretan produk, event, lokasi pariwisata, layanan, dan lain-lain.

Selain foto, Instagram juga memungkinkan pengguna mem-posting video pendek. Anda dapat memulai bisnis sebagai videografer dan menggunakan Instagram untuk memublikasikan karya Anda.

Tak hanya itu. Yang kini banyak dicari juga adalah food photographer, yaitu mereka yang punya kemampuan memotret produk-produk kuliner. Tertarik?

3. Kuliner

Kuliner juga merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di Instagram. Baik bagi produsen maupun reseller, menjajakan makanan di Instagram sama-sama prospektif. Apalagi, jika produk kuliner yang ditawarkan tergolong unik dan lagi hits.

4. Blogger

Bagi para travel blogger, food blogger, atau lifestyle blogger, Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan jaringan dan mendapatkan manfaat secara ekonomi dari hobi “ngeblog“. Caranya, foto dan sekelumit ulasan mengenai makanan atau restoran yang ada di blog Anda, bisa diunggah ke akun Instagram. Demikian pula bagi travel blogger dan lifestyle blogger. Tak sedikit blogger yang semakin luas jaringannya setelah merambah Instagram.

Baca juga: Solo Travelling di Usia 40 Tahun

5. Endorser

Menjadi seorang endorser juga peluang bisnis yang menjanjikan di platform media sosial Instagram. Akan tetapi, untuk menjadi seorang endorser, Anda harus memiliki followers atau pengikut dengan jumlah yang signifikan. Dan untuk mencapainya, perlu proses dan waktu yang tidak singkat.

6. Make up artist

Make up mengandalkan media visual. Instagram adalah platform media sosial berbasis visual. Maka, bagi Anda yang memiliki kemampuan tata rias, Instagram pilihan tepat untuk memasarkan jasa Anda.

7. Barang vintage

Banyak orang yang saat ini tertarik dengan sesuatu yang vintage, baik perabot maupun produk fashion. Hal ini juga bisa menjadi peluang membangun bisnis online dengan menjual barang-barang bekas yang antik. Kini, banyak yang membuka toko online dengan menjual barang-barang antik dan baju-baju bekas yang bergaya vintage. Anda mau coba? Ayo bongkar lemari!

8. Event organizer

Punya kemampuan merancang event dan sudah sering menjadi bagian dari event organizer? Anda bisa coba memasarkan bisnis ini melalui Instagram. Pengguna Instagram banyak juga yang mencari organizeruntuk berbagai event seperti perkawinan, ulang tahun, maupun acara-acara lainnya.

9. Berjualan produk fashion

Bisnis produk fashion juga potensial dipasarkan melalui Instagram, baik sebagai produsen maupun sebagai reseller. Kuncinya, foto yang Anda tampilkan harus apik sehingga memikat calon konsumen.

10. Produk unik

Bagi Anda yang punya kemampuan hand lettering, melukis, atau membuat aneka produk kerajinan (craft), daur ulang, dan lain-lain, bisa mencoba memasarkan kemampuan Anda melalui Instagram.

Tak sedikit yang mencari produk unik untuk kado spesial, misalnya, ucapan selamat atau kata-kata inspiratif yang ditulis dengan apik dan penuh warna. Bagi mereka yang punya kemampuan hand lettering art, kesempatan ini bisa dimanfaatkan.

Yang tak kalah penting untuk Anda ketahui ialah, kepercayaan menjadi kunci membangun bisnis online. Oleh karena itu, sebelum menjajakan produk dan jasa di Instagram, Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Cantumkan informasi lengkap di profil Anda
  • Cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dan responsif membalas pesan pelanggan
  • Posting foto produk asli dan jasa yang sesuai dengan yang Anda tawarkan

Instagram sangat potensial untuk mendulang rezeki. Yang perlu Anda lakukan ialah, pilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan komitmen menjalankan bisnis tersebut.

Baca juga: Me Time untuk Anda yang Sibuk

Selamat mencoba!