Jurus Sederhana Agar Lebih Ramah Lingkungan di Kantor

0
2548
ramah lingkungan

Anda pasti sudah tahu bukan, bahwa setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day? Hari ini memang patut dijadikan sebuah momen penting untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Dan tentunya, memberikan apresiasi terhadap bumi yang telah memberikan kita hidup.

Membantu menjaga pelestarian alam sudah pasti menjadi tanggung jawab setiap individu. Dan Anda juga bisa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan menjalani gaya hidup yang ramah lingkungan, atau go green. Ternyata, langkah ini dapat dilakukan dengan beberapa hal mudah. Tak hanya di rumah, aksi ini dapat juga Anda lakukan di kantor. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

1. Kurangi penggunaan kertas

Salah satu pemborosan yang paling sering dilakukan saat bekerja adalah menggunakan kertas secara berlebihan. Sebaiknya, Anda hanya mencetak dokumen yang benar-benar diperlukan saja. Selain itu, jika memang perlu mencetak dokumen bentuk draft, gunakan kertas bekas yang telah digunakan di satu sisi.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu mencetak dokumen dalam dua sisi kertas. Tak hanya menghemat kertas, dokumen Anda juga menjadi lebih tipis, ringan dan mudah untuk disimpan.

Baca Juga: Cara Sukses dalam Karir, Intip 6 Tips Mencintai Pekerjaan Anda

2. Hemat listrik

Sering kali kita membiarkan saja kabel charger yang telah selesai digunakan dengan anggapan bahwa hal tersebut tidak memberi dampak buruk. Ternyata kebiasaan ini juga memboroskan listrik. Sehingga, selalu ingat untuk mencabut kabel charger setelah menggunakannya. Selain itu, tumbuhkan kebiasaan baik untuk mematikan AC dan lampu dalam ruangan meeting setelah selesai.

3. Lakukan diet plastik

Plastik adalah sampah yang paling banyak menimbun polusi karena proses penguraiannya yang membutuhkan waktu lama, yaitu 50 hingga 100 tahun. Oleh karena itu, selalu sediakan botol minum atau tumbler saat Anda sedang membeli minuman di kantor sehingga tidak perlu menggunakan kemasan yang disediakan oleh gerai minuman. Keuntungannya, beberapa gerai kopi memberikan diskon untuk pelanggan yang membawa botol sendiri. Cara diet plastik yang lain adalah dengan membawa sedotan stainless, alat makan pribadi hingga bekal makan siang dari rumah. Selain lebih hemat, Anda dapat mengurangi penggunakan kemasan plastik atau styrofoam.

Baca Juga: Percaya atau Tidak, Anda Bisa Kaya dengan Memberi

4. Gunakan tisu secukupnya

Tisu terbuat dari bubur kertas yang bahan dasarnya tentu saja berupa kayu. Yuk gunakan tisu dengan jumlah yang cukup! Seperti saat Anda ke toilet, pilih untuk mengeringkan tangan menggunakan dryer daripada tisu. Atau Anda juga bisa memilih untuk selalu membawa sapu tangan sebagai pengganti tisu. Dengan menekan jumlah tisu yang Anda gunakan, Anda juga turut membantu mengurangi angka deforestasi yang tinggi di Indonesia.

5. Buang sampah sesuai jenisnya

Sediakan tempat sampah yang berbeda yang disesuaikan dengan jenisnya. Pemilahan sampah ini sebenarnya adalah cara yang mudah untuk dilakukan namun sangat membantu para pengelola sampah ketika melakukan proses daur ulang.

Baca Juga: Punya Pekerjaan Berisiko Tinggi, Cari Tahu Apa yang Bisa Melindungi Keluargamu

6. Pilih untuk berjalan kaki

Anda ingin pergi makan siang di luar kantor bersama rekan kerja? Sesekali, jangan langsung memesan transportasi online. Jika memungkinkan, jatuhkan pilihan untuk berjalan kaki saja untuk mencapai lokasi tersebut. Selain lebih sehat, Anda juga membantu untuk tidak menambahkan emisi kendaraan bermotor yang tidak begitu diperlukan ke udara.

Ternyata ada banyak hal sederhana yang dapat memberikan dampak besar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mari kita jadikan kebiasaan sehari-hari mulai dari sekarang sehingga Anda bisa menjalani gaya hidup yang lebih ramah terhadap alam. Karena jika bukan kita yang mulai untuk memilih go green, siapa lagi?  Yuk kita mulai sekarang!