11 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Menyusun Anggaran

0
5628
aplikasi pengatur keuangan terbaik

Menyusun anggaran tahunan sudah menjadi agenda rutin bagi setiap orang. Sekarang, Anda tak perlu pusing lagi ketika harus menyusun anggaran tahunan. Sebab, saat ini ada banyak aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa membantu Anda dalam menyusun anggaran. Apa saja?

Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Menyusun Anggaran

1. Mint

Kelebihan: aplikasi gratis ini termasuk salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik dan mudah untuk financial tracking, termasuk mengecek penghasilan dan pengeluaran secara real-time, tabungan, utang kartu kredit, tagihan, pajak, dll. Mint juga dapat memberikan notifikasi jika Anda mengalokasikan dana berlebihan di suatu pos.

2. Acorns

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik berbayar ini cocok untuk Anda yang ingin mengembangkan dana dengan berinvestasi. Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi alokasi sisa transaksi Anda untuk rekening tabungan dan investasi. Rekomendasi ini didasarkan pada kondisi kekayaan bersih (net worth), gaji tahunan, dan batas toleransi risiko. Sehingga, aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi atau investor pemula yang ingin mengalokasikan sebagian kecil penghasilan untuk investasi. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur pengecekan rekening yang bisa melakukan transfer antarbank gratis dan penarikan gratis di seluruh ATM di seluruh dunia.

3. You Need a Budget

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini gratis selama sebulan, kemudian dikenakan biaya. Aplikasi ini bisa menolong Anda mengendalikan keuangan, menentukan prioritas, merencanakan keuangan, dan mengelola utang kartu kredit.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Agar Tak Merana di Tanggal Tua

4. Toshl

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Aplikasi ini bisa membantu Anda membuat rencana pengeluaran dan anggaran sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang perlu Anda lakukan ialah memasukan informasi penghasilan dan belanja rutin Anda, kemudian pilih periode anggaran antara mingguan, dwi-mingguan, bulanan, atau tahunan; kemudian pilih tanggal mulai anggaran.

5. Mvelopes

Kelebihan: aplikasi ini gratis di bulan pertama, kemudian berbayar di bulan selanjutnya. Sesuai namanya, Mvelopes membagi anggaran bulanan dalam amplop-amplop atau pos-pos keuangan tertentu. Aplikasi ini terkoneksi ke semua rekening bank, kartu kredit, akun tabungan yang dimiliki pengguna, sehingga pengguna bisa mengecek alur transaksinya.

6. Goodbudget

Kelebihan: aplikasi gratis ini membantu Anda mencapai tujuan keuangan dengan cara mengalokasikan dana Anda pada pos-pos keuangan yang sudah ditentukan setiap bulan. Sehingga, aplikasi ini tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan seperti liburan atau melunasi utang.

7. Expensify

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Expensify membantu para pekerja individu seperti freelancer dan self-employed yang memerlukan aplikasi untuk mengecek alur pengeluaran rutin dan perjalanan. Di dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan beberapa fitur seperti The SmartScan untuk foto struk belanja, mengkategorikan struk tersebut, dan menyimpannya. Selain itu, ada pula fitur lain yakni Track Time, Add Expense, dan Track Distance. Sementara untuk melacak perjalanan, Expensify memungkinkan Anda terhubung dengan fitur lokasi online.

Baca juga: Jurus Mudah Menghindari Financial Shock Saat Memiliki Anak

8. HomeBudget

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. HomeBudget merupakan aplikasi yang membagi keuangan Anda ke dalam beberapa pos, seperti belanja, tagihan, penghasilan. Semua pos ini tersedia dalam satu halaman di layar aplikasi sehingga memudahkan siapa saja yang menggunakannya. Selain itu, HomeBudget juga cocok digunakan oleh para freelancer karena memiliki fitur Payees yang memudahkan freelancer untuk mengelola transaksi dengan klien, fitur Reports yang bisa melihat kondisi keuangan Anda secara garis besar, serta fitur Search yang memudahkan Anda mencari invoice dan nama klien.

9. FamZoo

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini dapat digunakan secara gratis selama sebulan, kemudian berbayar. FamZoo berperan sebagai virtual family bank yang membantu orangtua mengajarkan uang kepada anak. Dengan FamZoo, orangtua dapat memasukkan uang ke prepaid debit card yang dapat digunakan anak untuk uang jajan atau bonus mingguan jika anak mengerjakan tugas. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan reward, pemberian “upah” atau bonus ke rekening tabungan anak, pengeluaran bersama, denda jika lalai melakukan tugas, dan sebagainya.

Baca juga: Suami Istri Sama-sama Bekerja Perlukah Asuransi Jiwa Dua-duanya?

10. Honeyfi

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini dapat diakses gratis selama sebulan, kemudian berbayar. Honeyfi cocok untuk pasangan yang ingin melacak pengeluaran. Anda tinggal memasukkan informasi seputar rekening, lalu Anda bisa melacak keuangan Anda dan pasangan, bahkan melacak arus rekening antarbank. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa memperoleh notifikasi ketika pasangan Anda melakukan transaksi, dapat membuat budget bersama dengan tujuan bersama yang hendak dicapai.

11. Jenius

Kelebihan: aplikasi pengatur keuangan terbaik ini gratis! Ia juga bisa membantumu mengalokasikan uang ke sejumlah pos anggaran, seperti tabungan, dana darurat, investasi, dan sebagainya.

Menyusun anggaran tahunan kini tak perlu pusing lagi. Dengan bantuan aplikasi pengatur keuangan terbaik, kini Anda bisa membuat anggaran tahunan dengan mudah. Selamat menyusun anggaran!