Risiko Kian Tinggi, Berikut Alasan Perlu Punya Asuransi di Tengah Pandemi

0
3408
Perlu Punya Asuransi di Tengah Pandemi

Pandemi COVID-19 diperkirakan masih akan berlangsung lama dan berbahaya karena obat dan vaksinnya belum juga ditemukan. Di beberapa negara dunia yang sempat mengalami penurunan kasus positif COVID-19, belakangan mengumumkan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi besar di abad ke-21 itu. Di Indonesia, angka positif kasus penyakit akibat virus corona juga terus memperlihatkan tren peningkatan di tengah penerapan new normal. Penambahan kasus rata-rata 1.000 kasus baru setiap hari. Di tengah situasi yang masih penuh risiko seperti saat ini, Anda perlu memperkuat safety net atau jaring pengaman untuk menjaga keamanan tubuh dan finansial. Untuk itu penting untuk perlu punya asuransi di tengah pandemi.

Selain itu, Anda juga butuh dana darurat untuk mengantisipasi guncangan finansial akibat kondisi perekonomian yang terus terpuruk. Sementara sebagai upaya proteksi, Anda perlu mengelola risiko finansial yang timbul jika tertular COVID-19. Itu sebabnya, Anda perlu memiliki asuransi kesehatan di tengah pandemi corona. Salah satu asuransi kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Avrist Simple Start. Berikut ini empat alasan pentingnya memiliki Avrist Simple Start di tengah pandemi COVID-19.

Alasan Mengapa Perlu Punya Asuransi di Tengah Pandemi

1. Risiko kesehatan makin besar

Sejak 9 Maret 2020, World Health Organization (WHO) mendeklarasikan virus COVID-19 sebagai pandemi. Artinya, penyakit yang dipicu oleh virus corona ini telah menyebar dalam skala masif ke seluruh dunia. Yang membuat COVID-19 begitu berbahaya adalah penyebarannya sangat cepat dan bisa berakibat fatal bagi kalangan rentan seperti bayi, balita, dan orang-orang lanjut usia dengan penyakit bawaan berat. Sejak kasus pertama muncul di Indonesia pada awal Maret sampai detik ini, jumlah kasus positif COVID-19 terus bertambah. Di banyak negara yang sempat menyatakan status “bebas COVID-19”, nyatanya kasus positif COVID-19 bermunculan lagi.

Kenyataan itu dapat dilihat sebagai indikasi bahwa penyakit COVID-19 masih akan terus menjadi ancaman kesehatan paling berbahaya. Di tengah itu, ancaman penyakit seperti demam berdarah dengue, malaria, tifus, dan sebagainya, tetap tinggi. Selain menjaga kesehatan lebih ketat dan memperkuat daya tahan tubuh dengan asupan makanan bergizi, memiliki asuransi kesehatan pribadi juga sebaiknya Anda lakukan. Asuransi kesehatan bisa membantu Anda meringankan kecemasan apabila suatu ketika risiko sakit terjadi. Asuransi kesehatan pribadi juga dapat membantu Anda memastikan diri dan keluarga mendapatkan layanan kesehatan terbaik di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Pandemi Masih Lama, Tunda Dulu 5 Pengeluaran Ini

2. Risiko finansial perlu dikelola lebih baik

Pandemi COVID-19 telah merontokkan perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia. Prediksi terbaru yang dirilis oleh pemerintah seperti dikutip CNBC Indonesia pada Juni 2020 menyebutkan, pandemi ini akan melahirkan tambahan angka pengangguran baru hingga 13 juta orang sampai tahun depan. Selain PHK, kebanyakan perusahaan akhirnya menempuh kebijakan efisiensi untuk memperkuat daya tahan menghadapi resesi ekonomi. Misalnya, memotong beberapa tunjangan untuk karyawan, menurunkan gaji, menutup bisnis non-inti, hingga merumahkan para karyawan mereka (unpaid leave)

Risiko finansial meningkat tinggi di semua level. Tidak ada yang bisa menjamin sampai kapan stabilitas keuangan yang saat ini Anda nikmati akan bertahan. Sewaktu-waktu bisa saja vonis PHK atau unpaid leave akan datang. Memperkuat ketahanan finansial melalui keberadaan dana darurat dan proteksi asuransi adalah hal yang dapat Anda tempuh untuk mengantisipasi risiko itu.

Pastikan dana darurat Anda sudah memadai. Proteksi asuransi juga sebaiknya tidak hanya mengandalkan BPJS Kesehatan. Lengkapi manajemen risiko keuangan pribadi dengan menutup kebutuhan proteksi. Bila Anda pencari nafkah keluarga, pastikan memiliki asuransi jiwa. Adapun untuk proteksi risiko finansial karena kesehatan, tutuplah dengan asuransi kesehatan. Dengan dua langkah itu, setidaknya Anda mengurangi kecemasan tentang keamanan finansial keluarga.

3. Siapkan bujet untuk proteksi keuangan

Supaya risiko-risiko finansial dapat terkelola, Anda bisa memanfaatkan asuransi. Dengan membayar sejumlah premi, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat perlindungan sesuai kebutuhan dari produk asuransi. Nah, berapa bujet yang perlu disiapkan untuk menutup kebutuhan proteksi keuangan tersebut? Cek dulu kebutuhan proteksi seperti apa yang memadai untuk keluarga Anda. Tulis kriteria asuransi kesehatan yang Anda butuhkan.

Misalnya, Anda membutuhkan asuransi kesehatan yang bukan cuma memberikan manfaat rawat inap, melainkan juga ada manfaat rawat jalan, rawat gigi dan manfaat lain yang spesifik. Begitu pun kriteria kelas kamar yang Anda butuhkan apabila harus rawat inap di rumah sakit. Setelah menentukan kriteria asuransi kesehatan yang dibutuhkan, lakukan riset singkat melalui internet apa saja produk yang mendekati kriteria tersebut dan berapa kisaran preminya. Dari sini Anda bisa memperkirakan berapa rentang bujet yang perlu disiapkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Sebagai awalan, Anda dapat menyiapkan sekitar 10% dari pendapatan bulanan untuk menutup kebutuhan premi asuransi. Jadi, bila saat ini pendapatan Anda sekitar Rp10 juta, Anda memiliki bujet sekitar Rp1 juta untuk premi asuransi.

Baca juga: Manfaat Avrist Simple Start: Asuransi Lengkap untuk Yang Suka Kepraktisan

4. Pilih asuransi paling simpel dan mendukung physical distancing

Kendati kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dilonggarkan di banyak daerah, bukan berarti risiko penularan COVID-19 telah menurun. Tetap jaga kewaspadaan dengan menerapkan physical distancing dan protokol pencegahan penularan COVID-19 apapun aktivitas Anda. Nah, begitupun dengan asuransi. Pilih asuransi kesehatan yang memungkinkan Anda mengurus semua prosesnya dari mulai pembelian hingga klaimnya secara online saja. Anda bisa menikmati kelebihan ini pada Avrist Simple Start, asuransi kesehatan simpel dan praktis dari Avrist Assurance

Anda tinggal klik website Avrist dan submit ketertarikan Anda mendapatkan proteksi ini. Proses selanjutnya, Anda akan dihubungi lewat telepon dan email oleh Avrist Assurance. Apa, sih, keunggulan asuransi ini? Avrist Simple Start cocok bagi Anda yang tengah mencari asuransi kesehatan dengan manfaat lengkap dan fitur-fitur menarik. Avrist Simple Start memberikan perlindungan kesehatan berjangka selama satu tahun dan bisa diperbarui di akhir periode perlindungan.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain manfaat rawat inap, manfaat pembedahan, manfaat biaya medis, manfaat rawat jalan hingga manfaat bonus tanpa klaim (no claim bonus). Selain itu, walau pengobatan Anda mungkin sudah ditutup sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan, Avrist Simple Start tetap memberikan manfaat santunan harian.

Baca juga: Avrist Simple Start: Asuransi Kesehatan Rawat Jalan dengan Premi Terjangkau

Itulah mengapa Anda perlu punya asuransi di tengah pandemi karena dengan asuransi kesehatan yang memberi manfaat lengkap, Anda bisa lebih tenang menjalankan hari-hari penuh tantangan selama pandemi COVID-19 ini. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa lindungi diri dengan proteksi asuransi.