Bijak Mentraktir Keluarga dan Teman dengan Gaji Pertama

0
4940
gaji pertama

Gaji pertama selalu terasa spesial karena akhirnya Anda bisa mendapatkan uang dari hasil keringat sendiri. Tentunya, Anda ingin menggunakan uang tersebut untuk hal-hal yang istimewa, bukan? Hingga tidak sedikit pegawai baru, bisa jadi Anda juga, sudah menyusun rencana penggunaan gaji pertama, mulai dari membeli barang yang sudah lama diidamkan hingga memanjakan diri sendiri.

Menurut Direktur PT. Panin Asset Management, Rudiyanto yang dikutip dari situs Kontan, pada prinsipnya, penghasilan yang Anda dapatkan memang harus dihabiskan. Namun, Anda tetap perlu menggunakannya dengan cermat. Karena itu, Rudiyanto memperkenalkan prinsip 10-20-30-40 agar Anda dapat memanfaatkan seluruh penghasilan dengan baik.

Lebih lanjut Rudiyanto menjelaskan, angka 10 pada prinsip 10-20-30-40 artinya Anda bisa menghabiskan 10 persen dari gaji untuk hal yang sifatnya kebaikan. Sementara angka 20 bermakna 20 persen gaji untuk dialokasikan pada pos dana darurat, asuransi, dan investasi. Adapun angka 30 berarti 30 persen gaji untuk cicilan produktif. Terakhir, angka 40 yang mewakili 40 persen penghasilan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kali ini, kita akan membahas bagaimana menggunakan gaji pertama untuk hal yang sifatnya kebaikan. Misalnya, Anda adalah karyawan baru yang bekerja di sebuah kantor di kota besar dengan penghasilan Rp5 juta per bulan. Anda bisa menggunakan 10 persen dari gaji, yaitu sebesar Rp500 ribu untuk kebaikan. Beberapa hal yang termasuk dalam kategori kebaikan yang dimaksud Rudiyanto antara lain sumbangan untuk rumah ibadah, dan mentraktir keluarga serta teman-teman.

Baca juga: Langkah Mudah untuk Menabung

Mungkin Anda berpikir angka Rp500 ribu terlalu kecil untuk digunakan mentraktir teman dan keluarga. Untuk menyiasatinya, Anda harus cermat dalam memilih orang yang akan ditraktir hadiah serta jenis dan bentuk hadiahnya. Berikut tips bijak mentraktir dengan gaji pertama:

Diri sendiri

Anda tentu boleh menggunakan gaji pertama untuk menyenangkan diri sendiri. Selama sebulan ke belakang, Anda sudah berjuang keras bergulat dengan pekerjaan baru, mempelajari sistem, dan mencoba beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan. Hal ini bisa menyebabkan fisik dan mental terasa lelah. Maka, di akhir bulan, traktir diri Anda dengan melakukan perawatan wajah dan tubuh di spa atau hanya pesta es krim di rumah.

Jangan merasa berdosa karena telah menggunakan gaji pertama untuk memanjakan diri. Menurut pernyataan editor fitsmallbusiness.com, David T. Waring seperti dikutip dari Career Builder, pekerja muda boleh saja merayakan gaji pertama. Namun, ia mengingatkan agar pegawai baru tidak langsung menaikkan tingkat gaya hidup. Jangan mentang-mentang sudah punya uang sendiri, lantas Anda tidak mau lagi makan di kantin, memilih kopi yang lebih mahal, dan membeli barang bermerk demi menunjang penampilan.

Orang tua

Orang tua telah mendidik Anda sehingga bisa mandiri seperti sekarang. Mereka sudah banyak berkorban untuk Anda. Mereka memilih hidup sederhana demi bisa menabung biaya pendidikan untuk Anda. Jadi, inilah saatnya Anda membalas kebaikan mereka.

Sebenarnya, sebanyak apa pun uang Anda, tidak akan mampu membalas jasa orang tua. Tapi, Anda bisa memberikan hadiah bermakna untuk mereka. Misalnya dapat memberikan voucher salon kepada ibu yang sudah lelah mengurus rumah tangga selama ini, atau membelikan buku yang sudah lama diinginkan ayah.

Teman

Mungkin Anda punya banyak teman dan sahabat. Anda tidak mungkin mentraktir mereka semua. Jika berniat memberi hadiah pada seorang teman, pilihlah orang yang berkontribusi selama masa pencarian kerja Anda. Misalnya, teman yang mengabarkan informasi tentang lowongan kerja, rekan yang memberi rekomendasi, atau sahabat yang mengantar ke tempat wawancara. Anda tidak harus mentraktir teman dengan cara mengundangnya makan malam di restoran mewah. Anda bisa memberikan sebuah hadiah sederhana yang berkesan seperti cokelat dengan kartu ucapan terima kasih.

Baca juga: Tips Pilih Tawaran Kerja

Nah, setelah membaca tips di atas, apakah Anda sudah memiliki bayangan siapa saja yang akan Anda traktir pada gaji pertama?