Bagaimana Kalau Teman Mengajak ke Resto di Luar Budget Keuangan Anda?

    3
    4326
    teman mengajak ke resto

    Jika menolak, nanti disangka sombong. Tapi kalau ikut, akan menyusahkan kantong sendiri. Lain kali, bila Anda diajak nongkrong bareng ke resto atau bar di luar budget keuangan Anda, kami punya solusinya!

    Halo Avrist,

    Belakangan ini, saya begitu bingung. Rekan kerja dan teman-teman kerap mengajak saya pergi ke bar atau restoran yang sedang hits. Saya tahu, harga minuman atau makanan di sana pasti mahal. Sebenarnya, bukan ingin terus menerus menolak. Namun kondisinya jujur saja, saya sedang tidak punya uang atau sedang ingin menabung. Jadi, apa yang harus saya lakukan bila sedang dalam kondisi budget terbatas namun diajak teman pergi ke resto atau bar yang lumayan menguras kantong? – Kathrina. D

    Halo Kathrina,

    Let’s be honest here. Keputusan Anda untuk jujur dengan kondisi keuangan sendiri dan memiliki perencanaan keuangan untuk menabung itu perlu diacungi jempol. Anda paham dengan kebutuhan Anda. Tanpa perlu memaksakan kondisi diri untuk ikut nongkrong di tempat yang memang di luar budget keuangan Anda.

    Kami paham, sebagai teman, Anda juga tidak ingin disangka sombong karena terus menerus menolak ajakan mereka. Namun kalau memaksakan diri, hal ini bisa menimbulkan masalah untuk keuangan Anda. Solusi dari kami: Pertama, jujur dan terbukalah kepada teman Anda. Sampaikan kepada salah satu teman terdekat Anda mengenai kondisi keuangan Anda, bahwa Anda ingin menabung. Percayalah, teman yang suportif tidak akan mempermasalahkan hal itu. Malah yang menjadi masalah nantinya adalah kalau Anda terus menolak ajakan mereka tanpa alasan yang jelas. Kedua, Anda mengajukan diri menjadi perencana agenda nongkrong. Bila Anda bisa menentukan tempat nongkrong, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget Anda. Jadi, Anda tak perlu harus selalu menghindar dan bisa tetap menghabiskan waktu dengan mereka. Ketiga, menerima bahwa gaya hidup Anda dan teman Anda berbeda. Bagaimanapun kondisinya, kebahagiaan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama. Selama Anda merasa nyaman dan bahagia dengan kenyamanan kondisi finansial Anda, maka Anda sudah berada di jalur yang tepat. Selalu melihat sisi positif dari strategi keuangan yang Anda ambil. Memang Anda tidak bisa ikut nongkrong di bar atau resto yang mahal. Tapi di sisi lain, Anda jadi punya tabungan untuk masa depan atau untuk merencanakan perjalanan liburan sendiri. Suatu hari, Anda tidak akan menyesali keputusan untuk menolak ajakan mereka.

    Sudah tak bingung lagi, kan? Solusi ini bisa Anda lakukan bila nanti ajakan itu datang lagi. Kalau Anda biasanya punya trik atau cara lain, share ya di kolom komentar di bawah!

    3 COMMENTS