Deretan Festival Musik Indonesia 2018 yang Perlu Dicatat Tanggal Mainnya

    0
    3585
    konser musik

    Anda yang gemar musik, tentunya kerap menjambangi berbagai konser musik, bahkan sampai menonton gelaran di luar negeri Tapi sebetulnya, Anda tak perlu sampai ke negeri asing demi nonton konser. Toh, di Indonesia juga tergelar banyak konser musik.

    Di 2018 ini, bahkan Anda bisa menikmati musik dari berbagai genre. Mulai dari jazz, metal, hingga electronic dance. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, festival-festival musik tersebut juga mampu menyedot penonton dari luar negeri.

    Nah, berikut daftar festival musik 2018 yang patut Anda catat tanggal mainnya:

    Java Jazz Festival

    Java Jazz tahun ini bakal menyasar generasi milenial. Buktinya, banyak subgenre Jazz yang bisa Anda tonton seperti fusion, acid, swing, hingga bebop, tentu tanpa melupakan jazz klasik. Untuk menyajikan seluruh genre itu, rencananya digelar 10 panggung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

    Baca juga: Trik Mudah Kelola Keuangan

    Soal musisi yang tampil di dalamnya, tidak perlu diragukan lagi. Dari mancanegara saja, ada sekitar 22 penampil macam Goo Goo Dolls, Daniel Caesar, Lauv, hingga musisi lawas Lee Ritenour dan Dionne Warwick. Sedangkan dari kancah lokal ada Kunto Aji, Dira Sugandhi, Andien, Glenn Fredly, dan Maliq and D Essential.

    Dihelat pada 2-4 Maret 2018, semua artis, kru, dan penonton (sekitar 18,130 orang) Java Jazz dilindungi Avrist Assurance, loh. Tahun ini sendiri merupakan tahun ke-5 Avrist Assurance menjadi Official Insurance Partner dengan #BeSafeAndSound. Selain itu, Avrist Assurance mempunyai stage tersendiri yang diramaikan performance dari Petra Sihombing, Dewa Bujana, Ecoutez dan Incognito.

    Untuk info lebih lanjut, cek di sini ya.

    We The Fest

    Tahun lalu, We The Fest makin heboh lantaran dikunjungi Presiden Jokowi. Bahkan, Jokowi beberapa kali terlihat mengenakan kaos We The Fest saat santai di Istana. Seperti tahun lalu, We The Fest 2018 diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran. Acaranya digelar 20-21 Juli 2018.

    Belum lama ini, panitia mengumumkan 15 musisi yang bakal memanjakan para penonton dengan beragam genre musik. Ada dua musisi dunia yang lagi nge-hip yang akan tampil di acara ini: Lorde dan James Bay. Selain mereka, ada pula Honne, Alt-J, dan Petit Biscuits. Untuk musisi lokal, Anda bisa bergoyang bareng Maliq and D Essentials, Seringai, Mooner, hingga Teza Sumendra.

    Soundrenaline

    Untuk Anda yang bosan nonton konser di Jakarta, Soundrenaline bisa jadi pilihan. Sejak empat tahun lalu, Soundrenaline selalu digelar di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Suasana di sini cukup enak untuk menonton festival musik. Penyelenggara Soundrenaline, KILAU Indonesia, belum mengumumkan kapan acara musik tersebut bakal digelar. Tapi perhelatan musik ini biasanya digelar September.

    Tahun lalu, Soundrenaline masih mengutamakan musisi tanah air untuk main. Ada Mondo Gascaro, Kelompok Penerbang Roket, Barasuara, hingga Neomora. Tapi musisi internasional juga jadi daya tarik di Soundrenaline. Sementara di 2015 ada Wolfmother dari Australia, saat 2016 ada Simple Plan hingga Bloc Party, dan tahun lalu ada JET. Meski masih harus menunggu kepastian tanggal konsernya, tak ada salahnya Anda mulai set jadwal cuti sejak sekarang.

    Baca juga: Tips Me Time untuk Kamu yang Sibuk

    Hammersonic

    Kalau Anda doyan musik cadas, festival musik Hammersonic wajib dicatat di agenda. Panitia Hammersonic belum mengumumkan tanggal dan tempat penyelenggaraannya. Namun, mereka memastikan musisi yang tampil lebih variatif, dan tetap musisi cadas.

    Melihat pengalaman tahun lalu, satu dari empat dedengkot band thrash metal hadir membakar Jakarta: Megadeth. Adapula The Black Dahlia Murder, Abbath, hingga Entombed AD dari luar negeri. Adapun dari dalam negeri, band-band macam Burgerkill, Seringai, dan Sucker Head sukses menghipnotis para metalhead. Sungguh deretan band metal yang bisa membuat Anda headbanging ataupun slamdance di sana.

    Djakarta Warehouse Project

    Festival musik Jazz? Ada Java Jazz Festival. Festival musik metal? Ada Hammersonic. Kalau festival musik electronic dance? Ada Djakarta Warehouse Project. DWP merupakan festival musik dance terbesar di Asia, yang biasanya digelar menjelang akhir tahun. Tak heran jika penontonnya tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari Singapura, Malaysia, Filipina, hingga China.

    Tahun lalu, selain DJ-DJ yang tampil baik lokal maupun luar negeri, ada pula rapper seperti Rich Chigga, Higher Brothers, dan Joji. Bisa dipastikan tahun ini pun deretan musisinya bakal pecah seperti tahun-tahun sebelumnya.

    Nah bagaimana, Indonesia punya banyak ragam festival musik bukan? Dari jazz, metal, hingga electronic dance. Tinggal kamu pilih festival musik apa yang akan kamu ingin saksikan. Tidak perlu ke luar negeri untuk menyaksikan festival musik bukan?