Cara Adil Berbagi Tagihan Saat Makan Bersama Teman

0
3043
tagihan makan

Apa kegiatan favorit yang Anda biasa lakukan saat jalan bersama sahabat atau rekan kerja? Selain jalan-jalan, karaoke, mengobrol, tentu saja di saat itu Anda akan makan bersama. Masing-masing pasti akan langsung memesan makanan kesukaannya. Setelah semua selesai makan dan tiba waktunya tagihan datang, apa yang biasa Anda lakukan?

Seringkali saat makan-makan bersama teman atau rekan kerja, tagihan yang datang ke meja hanya satu. Padahal, saat itu Anda tidak makan sebanyak teman-teman yang lain, atau memang menu yang Anda pesan tidak semahal menu yang lain.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kelola Keuangan Untuk Generasi Now

Bagaimana sih cara yang adil dan nyaman bagi Anda dan teman untuk berbagi tagihan saat makan bersama? Kalau Anda kerap dilema dalam posisi ini, beberapa solusi di bawah ini patut Anda coba!

Bagi Tagihan Secara Rata

Kalau memang Anda tidak masalah membayar secara merata dan pesanan Anda hanya berbeda sedikit dengan harga yang lain, sebaiknya split the bill secara rata. Cara ini lebih cepat dan praktis.

Baca Juga: Bijak Mentraktir Keluarga dan Teman

Pisah Tagihan

Tagihan memang biasanya hanya diberikan satu. Namun, Anda bisa kok meminta tagihan terpisah. Biasanya, sang pelayan nantinya akan memberikan Anda tagihan baru. Kalau Anda pandai dalam berhitung, Anda bisa langsung hitung jumlah semua makanan dan minuman yang Anda pesan. Tapi jangan lupa untuk bagi rata jumlah pajak dan tip, ya!

Bayar Secara Bergantian

Biasanya kalau Anda sering sekali nongkrong terus makan bersama teman dekat, pasti di lain waktu Anda juga akan bertemu dengan mereka lagi, kanNah, cara ketiga ini bisa juga Anda coba. Misalkan, dalam kesempatan ini Anda membayarkan dulu seluruh jumlah tagihannya. Giliran makan berikutnya, tinggal tentukan teman Anda yang lain yang harus membayar.

Tip Avrist:

Satu hal penting lainnya yang harus Anda tahu adalah Anda juga harus mengenali karakter-karakter teman, agar nantinya bisa lebih nyaman saat makan bersama: Apakah kebiasaan atau budaya mereka terbiasa membagi tagihan secara rata, memisah tagihan mereka, atau bayar secara bergantian. Dengan begitu Anda tidak akan salah mengambil keputusan.

Sudah tidak bingung lagi, kan? Cara-cara di atas bisa menjadi solusi untuk Anda menggunakan uang lebih bijak. Kalau Anda punya trik atau cara lain, share ya di kolom komentar di bawah!