Bagaimana Mengatur Budget Hadiah Akhir Tahun?

    0
    1406
    budget hadiah akhir tahun

    Perayaan Natal dan tahun baru sudah di depan mata. Kedua perayaan ini biasanya dirayakan dengan tukar kado. Bagaimana mengatur budget hadiah akhir tahun agar ritual tukar kado tidak mengganggu finansial?

    Halo Avrist,

    Natal dan tahun baru tinggal sebentar lagi. Biasanya, selain menikmati libur, ada ritual yang sangat ditunggu oleh keluarga besar saya untuk merayakan kedua momen ini. Ya, apalagi kalau bukan momen tukar kado di hari Natal. Apa ya, kado yang sebaiknya saya siapkan? Lalu, bagaimana cara mengatur budget hadiah akhir tahun untuk kado masing-masing anggota keluarga?” – Daniel, 26 tahun.

    Hai Daniel,

    Ini adalah momen yang sangat tepat untuk mempersiapkan perayaan Natal dan tahun baru. Mulai awal Desember, biasanya banyak orang mulai mempersiapkan kebutuhan Natal dan tahun baru dengan berbelanja . Agar momen keriaan ini tidak berubah menjadi bencana finansial untuk Anda, mari bersiap-siap mengatur budgethadiah akhir tahun yang akan diberikan kepada anggota keluarga.

    Pembagian bujet hadiah bisa Anda bagi menjadi tiga kategori. Pertama, mari kita sebut Anda “The Big Santa”. Mengapa begitu? Bila keuangan Anda sejak saat ini sangat memadai, coba sisihkan setidaknya total Rp200.000 hingga Rp300.000 untuk kado yang Anda berikan kepada saudara-saudara perempuan. Sedangkan untuk hadiah saudara-saudara pria, setidaknya sisihkan budget sekitar total Rp200.000 hingga Rp600.000. Perbedaan ini karena barang-barang untuk pria harganya cenderung lebih mahal dibanding barang untuk perempuan.

    Kedua, bila kondisi Anda “The Little Santa”, ini saatnya Anda berkreasi untuk membuat hadiah spesial buatan sendiri. Selain lebih bermakna, kado buatan sendiri juga berbeda dengan barang-barang yang bisa dibeli di luar. Budget yang bisa Anda siapkan antara Rp0 hingga Rp100.000. Caranya, Anda bisa memanfaatkan bahan yang Anda miliki di rumah. Toh, hal yang terpenting dari momen indah ini adalah berbagi kebersamaan dengan keluarga, bukan?

    Lifeguide Tips

    Natal dan akhir tahun sebenarnya sama dengan perayaan lainnya. Momen ini dirayakan setiap tahun di tanggal yang sama. Jadi, mumpung menjelang akhir tahun, usahakan untuk memiliki anggaran tabungan di tahun depan untuk pengeluaran-pengeluaran khusus hadiah. Dengan perencanaan ini, Anda tidak perlu lagi was-was pengeluaran akan membludak setiap harus mempersiapkan hadiah untuk orang-orang tersayang. Momen spesial tetap lancar, keuangan pun aman.

    Selamat Natal dan liburan akhir tahun! Selamat menikmati momen berkumpul bersama keluarga ya.