5 Cara Menghadapi Teman Kantor yang Julid

    0
    11355
    cara menghadapi teman kantor yang julid

    Sebaik apa pun Anda, terkadang ada saja orang-orang yang kerap memberikan cibiran atau julid dan nyinyir tentang Anda di belakang. Bukan hanya dalam pergaulan biasa, orang yang julid dan nyinyir juga kerap kita temui di kantor. Lalu, bagaimana ya cara menghadapi teman kantor yang julid?

    Halo Avrist,

    “Saya punya teman yang selalu menilai saya dengan negatif. Tidak peduli apa yang saya katakan, ia pasti memiliki cara memutarbalikkan fakta ke arah negatif. Awalnya, saya tenang. Sampai akhirnya saya tahu ia mencibir saya di belakang. Bahkan, pernah waktu saya pulang liburan dan beli barang baru, dia berkata langsung ke saya, “Ih, habis beli barang branded lagi pas liburan ya? Pasti mahal. Biar naikin gengsi ya?” Jujur saja, saya tersinggung dan sakit hati rasanya. Padahal, demi bisa berlibur dan membeli barang yang sudah saya impikan ini, saya menabung sejak lama. Bagaimana cara menangani teman yang julid dan nyinyir seperti ini? Dan bagaimana cara menghadapi teman kantor yang julid?” – Agatha, 30 tahun.

    Hai Agatha,

    Tidak ada orang yang luput dari nyinyiran atau kejulidan. Anda bisa jadi selama ini selalu berbuat baik, berbakat dalam banyak hal, atau humoris sehingga disenangi banyak orang. Namun, tetap saja ada orang yang mencibir Anda. Apalagi di tengah era digital saat ini, di mana cibiran dan komentar negatif bisa datang dari orang asing dan tiba-tiba viral.

    Tentu saja, ada cara untuk menangkis semua kejulidan ini. Bagaimana pun, semua orang ingin dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung dan memberi semangat, bukan? Lalu bagaimana cara untuk memproteksi diri sendiri? Juga, bagaimana cara menghadapi teman kantor yang julid?

    1. Abaikan semua nyinyiran orang lain

    Awalnya, tentu saja sulit untuk mengabaikan semua cibiran, apalagi dari teman atau orang terdekat. Tetapi, jika Anda merasa cibiran orang lain tidak benar, maka Anda hanya perlu mengabaikannya. Tidak perlu ambil pusing apalagi sampai baper atau memasukkan cibiran tersebut dalam hati, karena hal itu akan menghambat produktivitas Anda. Selama Anda tidak merugikan orang lain, maka, abaikan saja.

    Percuma juga jika Anda mencoba menjelaskan argumen kepada mereka yang selalu berpikiran negatif. Sebab, mereka cenderung tidak mau menanyakan kejadian sebenarnya dan mendengarkan penjelasan Anda. Kejulidan dan komentar kejam ini biasa mereka lakukan tanpa peduli. Jadi, jika seseorang bersikap kasar atau negatif pada Anda, sebaiknya abaikan saja.

    Baca Juga: Cara Menolak Halus Limpahan Kerja Teman

    2. It’s okay to reward yourself

    Menurut cerita Anda, barang branded yang dibeli adalah salah satu barang impian Anda selama ini. Barang ini pun Anda beli dengan cara menabung dahulu dalam beberapa periode. Menurut kami, memberikan hadiah kepada diri sendiri adalah cara terbaik. Anda tentu sudah bekerja keras dan mengumpulkan uang hingga akhirnya membeli barang itu. Dengan cara ini,Anda akan merasa lebih perhatian dengan diri sendiri dan itu akan memberikan mood baik bagi diri Anda sendiri.

    3. Tanyakan kembali, “Yakin ini barang mahal?”

    Lain waktu, bila ada lagi orang yang julid dengan Anda dan bilang barang-barang yang Anda beli adalah barang mahal. Coba tanyakan padanya: Yakin mahal, kamu bandingkan dengan apa?”

    Bisa jadi ia melontarkan nyinyiran tersebut karena sebenarnya ia iri dengan Anda dan belum mampu untuk membeli barang tersebut. Dengarkan saja penjelasannya apakah nanti jawabannya mengarah pada kemampuan beli yang ia miliki, atau memang ia tidak benar-benar tahu berapa harga barang itu sebenarnya.

    Padahal bila dibandingkan, barang asli dan bermerek biasanya memiliki masa lebih awet dan tahan lama. Kalau beli yang KW lalu cepat rusak, malah Anda juga akan mengeluarkan uang lagi untuk membeli barang baru.

    Baca Juga: Teman Suka Minta Oleh-oleh, Bagaimana Cara Menghadapinya?  

    4. Barang mahal bisa jadi cara berinvestasi

    Pernahkah Anda merasa bahwa sebenarnya, membeli barang-barang branded yang mahal sebagai salah satu cara berinvestasi? Jika iya, memang tepat. Beberapa barang mahal biasanya memiliki nilai yang justru semakin lama semakin naik harganya. Apalagi bila barang yang Anda beli merupakan barang antik. Jangan heran bila suatu saat barang antik ini menjadi incaran para kolektor dan memiliki nilai investasi yang tinggi.

    Baca Juga: Tip Punya Teman Suka Traveling Tapi “BPJS”

    5. Kurangi kontak dan hindari mereka

    Hal-hal yang negatif dan hal-hal yang positif bisa menular ke orang lain. Jika Anda dikelilingi oleh orang positif, maka hidup Anda juga akan terpengaruh menjadi positif. Sebaliknya, jika Anda banyak berinteraksi dengan orang negatif, maka Anda berpotensi terbawa arus negatif.

    Sebaiknya, mundur perlahan dari orang-orang yang berpengaruh negatif. Caranya ialah dengan mengurangi kontak atau menghindari mereka. Lagi pula, tidak sehat menghabiskan terlalu banyak waktu dengan orang-orang yang membuat Anda kesal. Waktu Anda sangat berharga, jadi habiskan bersama orang-orang yang memiliki efek positif untuk diri Anda.

    Meskipun tidak pernah menyenangkan menerima komentar negatif tentang diri Anda, tapi realitas kehidupan akan menghadapkan Anda dengan hal tersebut. Itu lah sedikit tip cara menghadapi teman kantor yang julid. Semoga tip ini bisa Anda membantu Anda untuk merespons cibiran dengan cara yang anggun, berkelas, dan penuh kedewasaan. Stay happy and stay strong!