Tips Liburan Murah ke Luar Negeri Saat Akhir Tahun

0
1474
liburan murah ke luar negeri

Akhir tahun selalu menjadi favorit banyak orang untuk berlibur. Maklum, penghujung tahun merupakan peak season karena banyak orang akan merayakan Natal, tahun baru, dan bertepatan dengan musim liburan sekolah. Ini membuat biaya akomodasi, seperti hotel dan pesawat, meningkat. Lalu bagaimana cara liburan murah ke luar negeri saat akhir tahun?

Jika Anda memang berencana ke luar negeri di akhir tahun, tetap ada strategi untuk berhemat. Simak beberapa tips di bawah ini.

Tips Liburan Murah ke Luar Negeri Saat Akhir Tahun

1. Pertimbangan jalan-jalan ke negara yang tidak memerlukan visa

Untuk menghemat budget visa yang bisa memakan Rp1,5 juta-Rp2,5 juta, Anda bisa mempertimbangkan berlibur ke negara yang tidak memerlukan visa. Negara-negara yang tidak memerlukan visa misalnya negara-negara di Asia Tenggara, Jepang, Maladewa, Hong Kong, Nepal, Fiji, Turki, dan lainnya.

2. Pilih penerbangan transit

Untuk menghemat budget tiket pesawat, Anda juga bisa menimbang transit flight yang biasanya lebih murah ketimbang direct flight. Sebagai contoh, harga penerbangan ke Tokyo untuk satu kali transit bisa lebih murah hingga 11% daripada direct flight yang sekitar Rp6,2 juta pada weekdays. Sementara untuk penerbangan dengan dua kali transit bisa lebih murah hingga 27% ketimbang direct flight.

Baca juga: Jumlah Anak Bertambah, Perlukah Menambah Asuransi Jiwa?

3. Booking tiket pesawat di siang hari weekdays

Lalu, strategi lain yang layak Anda coba ialah melakukan booking pesawat pada siang hari di hari kerja (weekdays). Biasanya, booking tiket pesawat di siang hari dan weekdays bisa 5%-10% lebih murah ketimbang booking malam hari dan weekend. Kalau Anda merencanakan liburan murah ke luar negeri dengan keluarga yang beranggotakan empat orang atau lebih, tentu potongan ini lumayan, bukan?

4. Pakai poin kartu kredit

Anda juga bisa memanfaatkan poin atau miles kartu kredit untuk membeli tiket pesawat, tiket masuk tempat wisata seperti amusement parkbookinghotel, dan lain sebagainya. Agar poin kartu kredit Anda optimal, Anda bisa mengumpulkannya sejak jauh-jauh hari, misalnya setahun sebelum rencana jalan-jalan. Artinya, selama setahun ke depan, usahakan bertransaksi dengan membayar pengeluaran bulanan menggunakan kartu kredit. Contoh, jika sebulan pengeluaran Anda adalah Rp20 juta, usahakan transaksi pengeluaran tersebut dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Jika poin sudah cukup banyak, Anda bisa menukarkannya. Dalam tahap ini yang perlu Anda ingat, gunakanlah kartu kredit untuk bertransaksi, bukan berutang.

5. Pakai app diskon

Ketika hendak booking tiket pesawat dan hotel, pertama-tama Anda bisa mengunjungi situs perbandingan harga tiket seperti Skyscanner.com atau Traveloka.com. Dari situ, Anda bisa langsung mengetahui maskapai penerbangan apa saja yang menawarkan harga tiket termurah. Kemudian, kunjungilah website maskapai dan booking tiket langsung dari website maskapai tersebut. Karena umumnya, harga di website maskapai sedikit lebih murah ketimbang website lain. Sementara untuk kamar hotel dan tiket tempat wisata, Anda bisa membandingkan harga-harga dan booking melalui website seperti Booking.com atau Traveloka.com.

Baca juga: Cara Menghemat Uang dengan Promo Diskon dan Cashback

6. Pilih Airbnb untuk biaya penginapan yang lebih murah.

Jika Anda benar-benar ingin memotong budget penginapan, Anda bisa memakai Airbnb untuk booking penginapan. Karena Anda menyewa langsung kamar dari landlord, maka Anda berkesempatan mendapat harga super miring.

7. Pakai transportasi publik

Ketika sampai di negara tujuan, cobalah untuk memakai transportasi publik ketimbang sewa mobil. Selain murah, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman berbeda merasakan transportasi publik di negara lain.

8. Jajal makan di convenience store

Di beberapa negara seperti Jepang, Hong Kong, dan Korea, Anda bisa menemui banyak convenience store yang menawarkan fresh food. Jika beruntung, Anda bisa menemukan makanan citarasa lokal yang kelezatannya tak kalah dengan makanan di resto, dengan harga sangat terjangkau.

Baca juga: 5 Tips Perencanaan Keuangan Agar Liburan ke Luar Negeri Terwujud

Agar liburan tak jadi bencana, berikut beberapa tips finansial menyiapkan liburan

Berlibur bersama keluarga memang ampuh untuk menyegarkan pikiran dan menghabiskan quality time di akhir tahun. Namun, agar liburan murah ke luar negeri Anda tidak menyisakan masalah keuangan ketika Anda pulang, ada beberapa strategi yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Jangan liburan dengan utang kartu kredit atau kredit tanpa agunan (KTA), melainkan pakailah dana lebih atau excess fund untuk berlibur. Berlibur dengan utang hanya akan menyebabkan Anda stres menyicilnya ketika liburan usai.

2. Siapkan dana liburan sejak jauh-jauh haritermasuk mengumpulkan poin kartu kredit sejak minimal setahun sebelumnya.

3. Anda bisa menyicil tukar mata uang negara yang hendak dituju dengan membeli mata uang tersebut ketika lagi murah.

4. Jangan lupa beli asuransi perjalanan untuk mencegah risiko selama di perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan atau travel insurance, Anda bisa memperoleh beberapa perlindungan seperti penggantian biaya pengobatan jika jatuh sakit selama dalam perjalanan, biaya ganti rugi untuk bagasi hilang, ganti rugi jika terkena kecurian, atau ganti rugi akibat perubahan jadwal penerbangan.

Jadi, sudah siap untuk liburan murah ke luar negeri saat akhir tahun? Selamat berburu tiket dan siapkan dana liburan dengan bijak.