5 Tips Perencanaan Keuangan Agar Liburan ke Luar Negeri Terwujud

0
2439
Perencanaan Keuangan Agar Liburan ke Luar Negeri Terwujud

Belajar banyak dari target-target yang telah Anda susun di awal tahun namun belum tercapai, di menjelang akhir tahun ini Anda memiliki kesempatan luas untuk mewujudkan resolusi tersebut. Misalnya, target liburan ke tempat impian. Berikut ini tips perencanaan keuangan agar liburan ke luar negeri terwujud.

Pergi berlibur ke tempat impian terlebih bila bersama orang-orang dekat adalah salah satu cara mudah melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari. Namun, harus diakui, mewujudkan rencana liburan yang asyik dan nyaman membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mumpung saat ini masih awal tahun, Anda bisa menyiapkan perencanaan yang matang agar target liburan ke tahun 2019 bisa terwujud. Bagaimana caranya? Ikuti lima tips perencanaan keuangan agar liburan ke luar negeri terwujud di bawah ini.

1. Tuliskan rencana detil

Perencanaan yang detil bisa dibilang sudah setengah jalan menuju kesuksesan mewujudkan sebuah target. Termasuk target liburan di tahun ini. Maka itu, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah menuliskan rencana liburan secara detil. Pertama, kemana Anda ingin berlibur? Apakah di dalam negeri saja atau ke luar negeri, ke daerah pegunungan atau pesisir pantai? Tentukan secara spesifik tempat tujuan berlibur untuk memudahkan Anda menyiapkan kebutuhan dana sekaligus itinerary.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Penting untuk Anda yang Suka Traveling

Kedua, tentukan juga kapan Anda akan pergi berlibur. Penentuan kapan Anda akan berlibur akan mempengaruhi efektivitas strategi pengumpulan dana kelak. Ketiga, bersama siapa saja Anda akan berlibur. Seorang diri atau bersama keluarga? Keempat, ketahui kebutuhan dana.

2. Perinci kebutuhan dana

Kebutuhan dana bisa dihitung berdasarkan itinerary yang telah disusun. Di era internet seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan mesin pencari untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya perkiraan biaya. Daftar biaya setidaknya memuat beberapa pos berikut yaitu biaya transportasi meliputi tiket pesawat atau kereta api bila Anda berencana memakai moda transportasi tersebut, atau biaya bensin dan jalan tol apabila Anda berniat memakai kendaraan pribadi. Tuliskan juga biaya transportasi saat di tempat liburan.

Lalu, pos biaya akomodasi selama di tempat liburan. Mulai dari biaya hotel atau penginapan, juga biaya makan dan minum. Alokasikan pula bujet untuk biaya wisata kuliner atau tiket masuk ke wahana wisata sesuai itinerary liburan. Setelah itu, totalkan semua kebutuhan biaya liburan. Itulah target dana yang harus Anda kumpulkan agar bisa berlibur sesuai keinginan.

3. Mengumpulkan dana

Kini, Anda sudah mengetahui berapa nilai kebutuhan biaya untuk mendukung target liburan. Saatnya menyiapkan strategi terbaik untuk mengumpulkan kebutuhan dana tersebut. Karena target waktu pelaksanaan liburan adalah tahun ini juga, alias kurang dari dari setahun, maka Anda tidak memiliki opsi terlalu banyak untuk pengumpulan dana kecuali dengan menabung biasa. Pasalnya, bila Anda mengumpulkan dana dengan cara investasi di produk finansial seperti reksa dana atau saham, risikonya akan terlalu besar.

Baca juga: 8 Langkah Menabung dengan Mudah

Maka itu, jalan satu-satunya adalah dengan menyisihkan uang secara rutin setiap bulan dan menempatkannya di tabungan biasa. Supaya dana tetap mampu berkembang, Anda bisa menempatkannya di tabungan yang memberikan imbal hasil cukup menarik di atas inflasi. Saat ini, sudah cukup banyak pilihan produk tabungan yang bisa memberikan bunga di atas rata-rata bunga tabungan bank.

Sebagai gambaran, total biaya yang Anda butuhkan untuk mendukung acara liburan Anda adalah sekitar Rp5 juta. Target liburan adalah saat akhir tahun 2019 kelak, tepatnya Desember 2019. Itu berarti, Anda memiliki waktu maksimal 11 bulan untuk menyiapkan dananya. Untuk mencapai dana yang dibutuhkan, Anda tinggal menyisihkan minimal sebesar Rp455.000 per bulan selama 11 bulan.

Supaya target penyisihan dana tidak meleset, Anda bisa membantu disiplin diri dengan mengaktifkan fitur autodebit di rekening. Sehingga setiap tanggal tertentu, saldo rekening Anda otomatis terpotong untuk disimpan di tabungan khusus.

4. Manfaatkan promo

Sembari mengumpulkan kebutuhan dana berlibur, Anda juga dapat memanfaatkan penawaran-penawaran promo tiket maskapai, kereta api, atau promo menginap agar bisa mendapatkan harga menarik sehingga biaya liburan lebih hemat.

manfaatkan promo maskapai

Anda bisa mendapatkan penawaran promo menarik ini di ajang travel fair tahunan. Sebut saja, di bulan Februari 2019 akan ada travel fair yang akan digelar oleh Asosiasi Travel Agent Indonesia atau Astindo Fair. Ada juga Garuda Travel Fair yang juga rutin digelar tiap tahun, belum lagi travel fair yang diselenggarakan oleh agen travel seperti Panorama Travel Fair, Golden Rama and Tours Travel Fair, Kompas Travel Fair, dan lain sebagainya.

Baca juga: Belanja saat Stres Boleh Saja, Asal Lihat Trik Ini

Cara lain memburu promo adalah dengan rajin memantau penawaran promo dari online travel agent. Banyak platform online travel agent yang menyediakan fitur alertsaat harga tiket destinasi tujuan tengah diskon atau saat hotel di tempat tujuan wisata tengah turun harga. Pantau juga promo kartu kredit yang sering memberikan juga penawaran promo paket liburan atau promo pembelian tiket maskapai.

5. Berhemat dan menjadi wise spender

Mengumpulkan dana kebutuhan liburan acapkali menjadi perjuangan yang cukup berat. Terlebih bila di sekitar kita saat ini semakin banyak godaan untuk berlaku konsumtif, seperti godaan hangout di kedai kopi kekinian, belanja barang-barang lucu yang tengah jadi tren, dan sebagainya. Supaya tahan godaan, Anda perlu selalu fokus pada tujuan besar yang menjadi bagian dari target tahun ini yaitu berlibur ke tempat idaman. Belajarlah untuk berhemat atau menjadi wise spender agar penghasilan yang Anda dapatkan bisa optimal manfaatnya, misalnya dengan mengurangi pengeluaran remeh temeh.

Melalui aksi berhemat, Anda berkesempatan mengumpulkan kebutuhan dana liburan lebih cepat. Misalnya, apabila tanpa berhemat secara serius, Anda mungkin hanya bisa menyisihkan Rp455.000 tiap bulan untuk tabungan liburan. Namun, dengan mengurangi frekuensi jajan kopi, Anda bisa menghemat hingga Rp100.000 hingga alokasi dana yang dikumpulkan untuk pos dana liburan bisa lebih besar menjadi Rp555.000 per bulan. Dengan begitu Anda bisa mengumpulkan kebutuhan dana libur Rp5 juta hanya dalam waktu 9 bulan saja, atau lebih cepat 3 bulan dari target. Asyik, bukan?

Itulah lima tips perencanaan keuangan agar liburan ke luar negeri terwujud mudah yang bisa Anda jalankan. Yuk, segera praktikkan!