Kegiatan Anti Bosan di Rumah Selama Pandemi Corona, Jangan Mati Gaya!

0
60182
kegiatan anti bosan di rumah selama pandemi corona

Lebih dari sebulan imbauan untuk melakukan physical distancing sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona berjalan. Sebagian besar pekerja, siswa, dan mahasiswa diminta bekerja dan belajar dari rumah. Apa yang Anda rasakan selama lebih dari satu bulan di rumah saja? Semoga kebahagiaan masih terjaga, ya. Melihat di media sosial, banyak yang mulai mengeluhkan rasa bosan, dan bingung mau ngapain, alias mati gaya. Padahal, di saat wabah virus corona seperti ini, kita dituntut menjaga kondisi tubuh. Imunitas harus kuat untuk melawan virus. Kunci menjaga imunitas tubuh tak hanya soal asupan, tetapi juga perasaan. Bahagia. Mereka yang bahagia, konon punya imunitas tubuh yang kuat. Nah, sekarang mari berpikir bagaimana menjaga suasana hati seisi rumah tetap bahagia dan gembira meski harus di rumah saja? Berikut ini beberapa kegiatan anti bosan di rumah selama pandemi corona yang mungkin bisa Anda lakukan bersama pasangan, saudara, atau anak-anak di rumah.

Kegiatan Anti Bosan di Rumah Selama Pandemi Corona

Awali hari-hari Anda dengan rutinitas ini

Berikut dua hal utama yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengawali rutinitas menyenangkan setiap hari:

  • Buat jadwal harian
    Hal pertama yang Anda perlu lakukan, buat jadwal harian. Karena mungkin kita masih akan di rumah saja beberapa waktu ke depan, tak ada salahnya menyusun jadwal aktivitas setiap hari. Untuk Anda dan anak-anak.
  • Berbagi tugas
    Buatlah penugasan, siapa melakukan apa, lakukan bersama-sama.
Baca juga: Tips Perlindungan Diri dari Virus Corona Saat Bekerja di Luar Rumah

Paling tidak, ketika membuka mata di pagi hari, setiap penghuni rumah sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. Membangun kesepakatan di awal soal pembagian tugas dan aktivitas wajib yang harus dilakukan setiap hari menjadi penting. Mengapa? Ini akan membuat semua orang memiliki kontribusi atas pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang harus dikerjakan bersama-sama. Dengan cara ini, tidak ada yang merasa lebih capek, sehingga emosi dan psikis juga terjaga.

Ketika Anda atau anak Anda harus menjalani aktivitas bekerja dan belajar online, maka lakukan kewajiban sesuai waktu yang sudah dijadwalkan.

Nah, setelah rutinitas wajib sudah beres, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk melakukan aktivitas menyenangkan yang bisa membuat rileks semuanya. Apa saja?

1. Bermain games

Banyak kegiatan anti bosan di rumah selama pandemi corona yang bisa Anda coba. Seperti bermain games atau permainan yang bisa Anda mainkan bersama seluruh anggota keluarga, misalnya:

  • Permainan monopoli
  • Halma
  • Ular tangga
  • Scrabble
  • Puzzle, dan lain-lain.

Carilah “hukuman” yang seru untuk mereka yang kalah. Tujuannya hanya untuk having fun. Misalnya, yang kalah wajahnya akan diberi bedak tebal, atau dicoret dengan spidol face painting, dan lain-lain. Selain seru, permainan ini juga akan mempererat ikatan dan meningkatkan quality time Anda bersama keluarga.

Baca juga: Tidak Bisa Refund Tiket Traveling? Siapkan Strategi Mengatur Sisa Uang

2. Masak bersama

Di rumah saja pasti juga membuat Anda berpikir keras soal makanan, kan? Apa ya menu makan hari ini? Apa cemilan buat si kecil? Agar tak capek sendiri, Anda bisa mengajak si kecil atau pasangan Anda untuk masak bersama. Buatlah makanan yang disukai seluruh anggota keluarga. Stok saja bahan-bahan yang memudahkan, seperti pizza base siap pakai sehingga Anda hanya mempersiapkan topping-nya dan biarkan si kecil berkreasi membuat topping pizza. Atau, mempersiapkan frozen donut. Anda tinggal menggorengnya, dan kemudian si kecil bisa menghiasnya dengan sesuka hati. Kegiatan seperti ini sederhana, tetapi pasti akan menyenangkan!

Download panduan E-book #AvGotYouatHome 

3. Virtual travelling

Sejak wabah virus corona merebak dan semua orang diminta di rumah saja, tempat-tempat wisata termasuk museum menutup akses pengunjung. Meski demikian, pengelola museum membuka akses kunjungan secara virtual. Museum-museum Indonesia dan dunia bisa Anda jelajahi melalui ponsel atau laptop.

Sebagai referensi, berikut link beberapa museum di dunia yang bisa Anda kunjungi secara virtual:

Tak hanya dunia, Anda juga bisa melihat koleksi museum-museum Indonesia secara digital. Mana saja? Ini beberapa di antaranya:

Anak-anak pasti suka diajak bertualang melihat koleksi-koleksi museum secara virtual. Banyak lagi museum yang menyediakan akses kunjungan virtual selama masa pandemi virus corona ini. Anda bisa mencari alternatif lainnya melalui mesin pencarian.

4. Crafting

Yuk bikin kerajinan alias crafting! Ya, aktivitas ini juga pasti bisa jadi kegiatan yang menyenangkan di rumah. Apa saja kegiatan sederhana yang bisa dilakukan? Tidak usah yang ribet. Misalnya, sambil berjemur pagi, Anda ajak si kecil menyapu halaman rumah dan mengumpulkan daun kering. Daun-daun kering ini bisa Anda kreasikan menjadi hiasan yang ditempel di kertas. Biarkan anak-anak berkreasi. Atau, ajak anak-anak menggambar dan membuat kartu edukasi tentang virus corona. Tentunya, aktivitas ini butuh arahan dari Anda. Lakukan bersama-sama.

Tips dari Unicef 

United Nations Children’s Fund atau Unicef, organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa yang konsen terhadap permasalahan anak juga mengeluarkan panduan bagi orangtua selama masa pandemi virus corona.

Dalam panduannya, Unicef memberikan beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Kegiatan bersama bayi/toddler, contohnya:

  • Menirukan ekspresi dan suara mereka
  • Bernyanyi
  • Menyusun balik
  • Bercerita dan membacakan buku

Bersama remaja, misalnya berbincang tentang artis, musik, atau teman-temannya, dan lain-lain. Panduan lengkap Unicef bisa Anda akses di sini: Panduan untuk Orangtua dari Unicef.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis dengan Modal Kecil, Apakah Bisa?

Percayalah, hati yang senang akan membuat pikiran tenang. Pastikan juga pikiran Anda tenang karena sudah memiliki perlindungan kesehatan. Untuk memperoleh perlindungan terbaik, percayakan kebutuhan proteksi Anda pada Avrist Assurance yang berkomitmen mendukung Anda lewat semangat #AvGotYouatHome. Salah satu perlindungan Avrist Assurance yang bisa Anda jajaki adalah Avrist Simple Start yang memberikan proteksi dengan premi terjangkau per bulannya. Anda bisa mengalihkan anggaran transportasi yang tak terpakai pada masa pandemi virus corona ini untuk membayar premi asuransi.

Selain itu, agar kegiatan anti bosan di rumah selama pandemi corona tidak terasa membosankan, Avrist Assurance juga akan menayangkan konten-konten seru ala #AvGotYouatHome yang bisa Anda simak di Instagram Avrist Assurance. Jadi, Anda pasti tidak akan mati gaya di rumah. Tetap sehat dan bahagia selalu, ya!

Download panduan E-book #AvGotYouatHome