Tips “Me Time” untuk Anda yang Punya Waktu Luang Terbatas

0
3100
me time

Ketika seseorang sudah memiliki karier bagus dan keluarga yang bahagia, bukan berarti bisa merasa gembira sepenuhnya. Sebab tak jarang pekerjaan akan menyita tenaga dan perhatian. Sementara akhir pekan dikhususkan untuk “family time”. Hingga ia akan kehilangan waktu untuk diri sendiri.

Padahal mencintai diri sendiri adalah hal penting. Dengan mencintai diri, Anda akan lebih rileks dalam menjalani hidup, tentunya merasa bahagia. Me time adalah satu cara untuk mewujudkannya. Tapi menurut Margaret Moore, Co-director Institute of Coaching dari McLean Hospital, kebanyakan dari kita memiliki kemampuan baik dalam manajemen pekerjaan, namun tidak pada kehidupan pribadi.

Untuk me time, Anda tidak harus selalu menyediakan banyak waktu. Yang perlu dipertimbangkan, apa yang bisa dilakukan dalam waktu singkat dan akan membuat perasaan bahagia? Bila Anda belum memiliki jawabannya, berikut pencerahan dari kami:

Me Time Selama 5-10 Menit

Rumah. Jika akhir pekan ini jadwal Anda sudah cukup padat dengan acara keluarga, bukan berarti tidak bisa punya waktu untuk diri sendiri. Sebelum mulai beraktivitas, pergilah ke beranda pada pagi hari, duduk di bangku, menikmati secangkir kopi sambil membaca buku. Atau, bisa juga Anda hanya duduk dan menikmati langit yang cerah, untuk menikmati “me time” yang berkualitas.

Kantor. Siapa bilang seseorang tidak bisa punya “me time” di kantor? Di sela tugas-tugas yang masih menumpuk, Anda bisa mencuri waktu untuk diri sendiri. Kalau sudah mulai penat, Anda bisa beranjak dari meja kerja, melakukan peregangan, berjalan di antara kursi rekan kerja, atau naik turun tangga.

Jika tidak ingin pergi meninggalkan meja kerja, lepaskan tangan Anda dari atas keyboard komputer. Lalu, bernafas dalam sambil menutup mata selama lima menit. Biarkan pikiran mengembara dan membayangkan hal-hal menyenangkan.

Baca juga: Cara Bahagiakan Orang Tua untuk Perantau

Perjalanan. Kemacetan yang terjadi selama perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya membuat Anda merasa “tua di jalan”. Daripada Anda terus mengutuk pengemudi lain yang ugal-ugalan, lebih baik manfaatkan waktu selama di perjalanan untuk menyenangkan diri sendiri.

Jika tidak menyetir saat di perjalanan, Anda bisa menyapa teman lama dengan menggunakan aplikasi chat, tanyakan kabarnya, lalu biarkan obrolan mengalir. Mengontak teman lama tidak perlu alasan. Jadi, jangan menghubunginya hanya karena Anda perlu mengatur acara reuni sekolah.

Me Time Selama 15-30 Menit

Mungkin salah satu resolusi Anda tahun ini adalah menyelesaikan membaca sejumlah buku. Tapi, sampai bulan ketiga di tahun ini, Anda belum juga menyentuh buku yang ada dalam daftar itu. Nah, bila ada waktu luang sekitar 15-30 menit, Anda bisa memiliki me time dengan membaca satu bab dari buku yang paling menarik.

Kalau tidak tertarik membaca buku, kembali pada pertanyaan: apa yang bisa membuat saya bahagia? Ada banyak hal sederhana yang bisa membuat Anda merasa gembira. Misalnya, jika Anda senang melihat hal-hal yang indah, maka gunakan waktu 15-30 menit untuk menyusun rangkaian bunga dan memajangnya di meja kerja.

Me Time Selama 30-60 Menit

Anda sangat beruntung jika punya waktu untuk diri sendiri selama satu jam. Sebab Anda bisa melakukan banyak hal dalam waktu selama itu. Misalnya, pergi ke salon untuk melakukan perawatan diri di akhir pekan, atau berjalan-jalan di taman sambil mengobrol dengan teman.

Bahkan, jika berada di kantor, Anda bisa menyelinap dan tidur siang sebentar di sela jam makan siang. Menurut sejumlah ahli yang dikutip situs Lifehacker, tidur selama 10-20 menit bisa meningkatkan kewaspadaan seseorang. Jadi, Anda akan mendapatkan me time yang berkualitas dan bermanfaat.

Baca juga: Tips Kelola Uang untuk Makan Di Restoran

Kini Anda sudah tahu bila me time bisa dilakukan meski waktu luang sangat terbatas. Yuk, mulai rencanakan jadwal me time, agar kebahagiaan diri bisa tercapai 🙂