3 Cara Bahagiakan Orang Tua Meski Jarak Memisahkan

0
7175
Bekerja

Sebagai anak, umumnya ada tiga kondisi yang membuat seseorang harus meninggalkan rumah orang tua, yakni: menuntut ilmu, menikah, atau mengejar karir. Karena tinggal berjauhan, ditambah anak sibuk dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, ada kalanya ini bikin hubungan anak dengan orang tua serasa menjauh. Padahal, meski jauh di mata, anak-anak selalu ada di hati para orang tua.

Jika Anda termasuk yang tinggal berjauhan dari orang tua, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membahagiakan orang tua dan membuat mereka selalu merasa dekat dengan Anda. Di antaranya:

Sering berkomunikasi

Menurut sebuah artikel di Huffington Post beberapa waktu silam, komunikasi adalah kunci utama agar orang tua tetap merasa dekat dengan Anda. Semakin berumur, orang tua cenderung merasa ingin diperhatikan lebih oleh anak-anaknya. Tak jarang juga mereka merasa kesepian. Maka, usahakanlah mengontak orang tua sesering mungkin. Asyiknya lagi, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan orang tua.

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda menelepon gratis melalui internet. Tak cuma itu, Anda juga bisa ngobrol sambil bertatap muka dengan orang tua dengan video call. Jika Anda sudah berkeluarga, ajak pula pasangan dan anak-anak Anda menyapa orang tua lewat telepon. Meski hanya mendengar suara atau melihat Anda lewat layar smartphone, orang tua pasti sudah senang dan merasa diperhatikan.

Baca juga: Bijak Mentraktir Teman dan Keluarga dengan Gaji Pertama

Pulang dan ajak mereka liburan

Meski sering berkomunikasi via telepon, namun bertatap muka langsung akan lebih berarti bagi siapa pun, termasuk orang tua. Itu sebabnya, sebuah artikel di Forbes menyarankan, perlu ada pertemuan rutin antara anak dengan orang tua. Lalu, saat bertemu, jangan lupa berikan orang tua senyuman, pelukan, dan sentuhan sebagai ungkapan sayang.

Ajak juga orang tua ke tempat-tempat liburan yang bisa membuat mereka senang dan aman. Atau, bisa juga mengajak mereka ke tempat yang membawa kenangan atau napak tilas ketika mereka masih muda. Kenangan nostalgia semacam ini bisa membangkitkan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

Menunjuk orang kepercayaan

Mengingat Anda tidak bisa memantau setiap saat kondisi orang tua, perlu juga meminta bantuan orang kepercayaan untuk merawat mereka. Jika Anda punya saudara kandung yang tinggal serumah atau sekota dengan orang tua, maka mereka adalah orang pertama yang bisa Anda mintakan tolong. Namun jika semua anak tinggal berjauhan, Anda bisa memberikan kepercayaan pada kerabat yang paling dekat untuk memantau kondisi orang tua dan membantu mereka ketika anak-anaknya tidak bisa hadir.

Menemani orang tua cek kesehatan

Dari semua hal tersebut, pastikan kesehatan orang tua menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Karena semakin lanjut usia orang tua, makin menurun pula kondisi kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan, lakukan checkup rutin dan usahakan Anda yang mengantar orang tua ke dokter. Jika tidak memungkinkan, pastikan Anda tetap berkomunikasi melalui telepon dengan dokter yang merawat orang tua untuk memantau kesehatan mereka.

Anda juga bisa melengkapi orang tua dengan asuransi kesehatan. Tujuannya, untuk melindungi finansial orang tua dan Anda jika suatu hari mereka jatuh sakit. Namun, memilih asuransi untuk orang tua terhitung gampang-gampang sulit. Karena, pertama, usia keikutsertaan asuransi bisanya dibatasi maksimal 59 tahun. Kedua, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan perlindungan untuk orang lanjut usia.

Jadi sebelum terlambat, ayo lindungi orang tua tercinta dengan asuransi kesehatan. Dengan begitu, orang tua tetap terlindungi, dan Anda pun dapat lebih tenang bila harus tinggal berjauhan dengan mereka.

Baca juga: Punya Pekerjaan Berisiko Tinggi, Cari Tahu Apa yang Bisa Melindungi Keluargamu