Ibu Bekerja Tidak Perlu Khawatir Jauh dari Anak, Lakukan 5 Trik Bonding Ini

0
4421
ibu bekerja

Menjadi ibu bekerja alias working mom memiliki tantangan tersendiri. Seorang ibu bekerja memiliki tuntutan “abadi” untuk menyeimbangkan antara keluarga dan karir. Bekerja selama 9 jam di kantor, ditambah perjalanan yang bisa memakan waktu 3 jam setiap hari, mau tidak mau membuat waktu untuk anak-anak akan lebih sedikit.

Namun, bukan berarti seorang ibu bekerja tidak bisa memiliki bonding atau ikatan yang kuat dengan anak-anak, lho. Keterbatasan waktu memang menjadi tantangan bagi setiap ibu bekerja agar dapat menciptakan waktu berkualitas bersama anak-anak. Dengan memiliki waktu berkualitas, maka ikatan ibu dan anak tetap kuat.

Baca juga: Tips Me Time untuk Kamu yang Sibuk

Ada banyak ide aktivitas bersama anak yang dapat dilakukan oleh ibu bekerja. Anda bisa menyontek beberapa inspirasi kegiatan berikut:

1. Memandikan anak

Di hari-hari kerja biasa, mungkin seorang ibu bekerja akan kesulitan menyempatkan waktu untuk memandikan anak-anak. Maklum, jam masuk kantor membuat seorang ibu harus berangkat lebih pagi agar bisa masuk kerja tepat waktu sehingga memandikan anak pun tidak sempat dilakukan. Tidak mengapa. Anda bisa memanfaatkan waktu saat akhir pekan tiba atau ketika hari libur lain untuk memandikan anak-anak Anda sendiri.

Aktivitas mandi bisa sangat menyenangkan. Anda dan anak bisa bermain busa atau bubble play. Di sela acara mandi Anda juga bisa mengajarkan anak pengetahuan sederhana tentang air, pentingnya mandi dan menggosok gigi, dan lain sebagainya.

2. Memasak bersama

Anak Anda susah makan? Saatnya Anda memanfaatkan waktu berkualitas dengan melibatkan mereka untuk memasak makanan bersama. Ajak anak Anda berperan dalam proses pembuatan sebuah menu. Misalnya, Anda mengajaknya memasak menu sayur. Si kecil bisa Anda berikan tugas untuk mencuci sayuran atau memetik daun.

Di sela acara memasak Anda bisa mengajarkan pada mereka pentingnya makan makanan sehat seperti sayuran agar sehat. Anak biasanya akan lebih tertarik untuk makan ketika dia mengetahui proses pembuatan makanan.

3. Ajak si kecil berbelanja

Cara lain membangun ikatan kuat dengan anak adalah dengan mengajaknya berbelanja. Aktivitas berbelanja, apakah ke supermarket atau pasar tradisional, bisa memberikan banyak pengalaman menyenangkan bagi si kecil. Anda bisa mengenalkan mereka dengan berbagai jenis bahan makanan, si kecil juga dapat mulai mengenal proses transaksi, dan sebagainya.

4. Membacakan buku setiap malam sebelum tidur

Ada ungkapan yang menyebut bahwa waktu terpenting bagi si anak adalah ketika bangun tidur dan ketika hendak tidur. Walau meninggalkannya seharian untuk bekerja, Anda bisa menutup hari anak dengan indah melalui aktivitas membaca buku. Bacakan buku kesukaan mereka, berceritalah dengan cara semenarik mungkin agar imajinasi anak berkembang.

Baca juga: Pilihan Investasi untuk Generasi Millenial

5. Sering memeluk

Ini cara lama yang akan selalu efektif untuk memperkuat ikatan antara ibu dan anak: berpelukan. Di banyak kesempatan, peluklah anak Anda sesering mungkin. Anda berdua akan merasakan energi cinta yang lebih mendalam melalui pelukan. Anak akan merasa aman dan dicintai. Sebaliknya, Anda sebagai ibu juga merasakan kedekatan batin yang selalu kuat.

Itulah 5 cara mudah meningkatkan bonding dengan anak bagi ibu bekerja. Selamat meluangkan waktu bersama anak tercinta!