Etika Punya Tabungan Tanpa Diketahui Pasangan

    0
    8730
    etika punya tabungan tanpa diketahui pasangan

    Ketika sudah memiliki pasangan, bolehkah kita menyimpan rahasia, termasuk tabungan? Simak etika punya tabungan tanpa diketahui pasangan seperti yang dibagikan oleh sahabat Avrist berikut ini.

    Dear Avrist,

    “Belakangan ini beberapa teman bercerita kalau ternyata mereka memiliki tabungan pribadi yang tidak diketahui oleh pasangannya. Awalnya, saya tidak terpikir sama sekalikarena selama ini saya selalu terbuka dengan pasangan mengenai hal apapun, termasuk keuangan. Menurut Avrist, etis gak sih jika saya punya tabungan di luar pengetahuan pasangan? Bukankah dalam hubungan, keterbukaan merupakan salah satu hal utama?” – Indira, 28 tahun.

    Dear Indira,

    Tentunya dalam setiap hubungan, meski statusnya masih berpacaran atau sudah menikah, keterbukaan menjadi salah satu prioritas utama. Rahasia-rahasia yang Anda simpan bisa saja kelak memengaruhi kedekatan hubungan Anda berdua. Namun, semakin lama Anda bersama pasangan, maka rahasia-rahasia Anda, mulai dari rahasia kecil hingga rahasia konyol masa lalu pasti terkuak.

    Baca Juga: Pilih Menikah dengan Bujet Sederhana atau Bujet Besar?

    Terkait dengan tabungan rahasia atau yang tidak diketahui oleh pasangan, itu kembali lagi ke komitmen Anda dengan pasangan dalam mengelola keuangan. Faktanya, pada beberapa pasangan, terlebih bagi yang belum menikah, biasanya memungkinkan pasangannya untuk membuka rekening tabungan pribadi. Pada beberapa pasangan suami-istri, ada pula yang berinisiatif pribadi menyisihkan uang yang diberikan oleh pasangannya untuk ditabung sebagai dana darurat. Dana darurat ini berguna bila ada keperluan ekstra dan sifatnya mendadak. Tanpa perlu minta dari pasangan, seseorang bisa menutupi kebutuhan mendesak dari tabungan rahasia tersebut. Memiliki tabungan rahasia juga membuktikan bahwa seseorang bisa berhemat.

    Baca Juga: Konsep Re-Gifting Itu Sebenarnya Etis atau Tidak ya?

    Namun, jika Anda dan pasangan berkomitmen untuk selalu terbuka dalam hal apapun, termasuk urusan tabungan, maka Anda sebaiknya terbuka juga soal tabungan. Apalagi jika Anda sudah menjadi pasangan suami-istri, maka perencanaan keuangan bersama akan membantu Anda dan pasangan mencapai target di masa depan. Hal ini bisa tercapai jika Anda dan pasangan merencanakan tabungan dan tujuan penggunaannya.

    Apapun keputusan Anda, etika punya tabungan tanpa diketahui pasangan, pilihlah yang membuat hubungan Anda tetap langgeng dan harmonis. Semoga berhasil!