Bagaimana Sih Tips Menabung Beli Smartphone Baru untuk Pelajar?

    0
    10993
    tips menabung beli smartphone baru untuk pelajar

    Saat ini ada banyak gadget keluaran terbaru yang bikin banyak orang tertarik memilikinya. Tak ketinggalan Apple yang baru saja meluncurkan beberapa varian smartphone terbaru iPhone. Buat Anda yang masih berstatus pelajar, bagaimana sih tips menabung beli smartphone baru untuk pelajar?

    Dear Avrist,

    Terkadang saya iri melihat teman-teman saya punya smartphone dengan teknologi yang terbaru. Sementara penghasilan belum ada, bagaimana cara bagi saya yang masih pelajar bisa memenuhi keinginan untuk membeli smartphonebaru? – Kemal, 18 tahun.

    Halo Kemal,

    Punya smartphone atau gadget lain keluaran baru memang menyenangkan. Karena biasanya, varian terbaru gadget didukung dengan teknologi mutakhir yang belum pernah ada sebelumnya.

    Tapi Kemal, sebelum Anda memutuskan untuk membeli apapun itu, termasuk smartphone, ada baiknya melihat kembali kebutuhan Anda. Kalau masih bisa memaksimalkan fungsi dari gadget yang Anda miliki sekarang, kenapa harus beli yang baru?

    Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Saat Teman Minta Harga Teman

    Tapi tentu saja, ada beberapa strategi yang bisa Anda coba jika memang sangat menginginkan produk terbaru ini. Pertama, Anda bisa mencoba menabung dengan menyisihkan sedikit demi sedikit uang saku yang Anda miliki. Agar tabungan cepat terkumpul, ada beberapa tips menabung beli smartphone baru untuk pelajar yang bisa Anda coba.

    Pertama, mulai kebiasaan membawa bekal untuk menekan pengeluaran. Biasanya, pengeluaran yang sulit sekali ditahan adalah membeli makanan atau jajanan ringan. Jadi, agar lebih hemat, tidak ada salahnya bawa makanan dan minuman dari rumah. Dengan demikian, jumlah uang yang bisa Anda sisihkan lebih banyak.

    Baca Juga: Bagaimana Mengontrol Kebiasaan Belanja yang Kurang Bijak Agar Bisa Menabung?

    Kedua, mulai sekarang cobalah menjadi pekerja lepas atau  freelancer. Selama ini Anda pasti punya hobi. Demi impian gawai baru ini, coba manfaatkan hobi Anda mulai dari menulis, foto, videografi, atau menggambar untuk mendapatkan uang tambahan. Cari kesempatan pekerjaan freelancer dengan cara menawarkan jasa yang Anda miliki ke teman-teman atau marketplace freelancer.

    Baca Juga: Teman Suka Minta Oleh-oleh, Bagaimana Cara Menghadapinya Ya?

    Ketiga, tunggu hingga akhir tahun. Mengapa menunggu hingga akhir tahun? Alasannya, kalau Anda membeli gadget di akhir tahun harganya akan menurun. Karena biasanya, di masa ini akan muncul model terbaru dan juga ada banyak promo diskon akhir tahun.

    Semoga tips menabung beli smartphone baru untuk pelajar tadi bikin Anda semangat menabung ya!