Beli Kado Istimewa untuk Ibu, Bagaimana Cara Menabungnya?

0
1230
kado istimewa untuk ibu

Desember adalah bulannya ibu. Ya, pada tanggal 22 Desember, kita akan memperingati Hari Ibu Nasional. Momen ini tepat sekali Anda gunakan untuk mengekspresikan cinta dan kasih sayang terhadap ibu. Ingin memberikan sesuatu yang berbeda di Hari Ibu? Simak beberapa ide berikut ini dan cara menabung untuk beli kado istimewa untuk ibu.

Pertama, Anda ingat-ingat lagi hobi, kesenangan, atau kegemaran ibu Anda. Kemudian, bagaimana ia menghabiskan waktu senggangnya? Informasi-informasi ini bisa membantu Anda mendapatkan ide beli kado istimewa untuk ibu.

Baca Juga: Konsep Re-Gifting Itu Sebenarnya Etis atau Tidak Ya

1. Paket perjalanan mengesankan

Kado paket perjalanan bisa jadi pilihan kado istimewa untuk ibu yang punya hobi jalan-jalan atau menjajal berbagai kuliner. Tak perlu yang jauh-jauh. Anda bisa merancang paket perjalanan ke daerah yang tak jauh dengan tempat tinggal ibu Anda, tetapi belum pernah ia jelajahi. Banyak paket yang ditawarkan dengan biaya ramah kantong.

Misalnya, paket wisata tiga hari di Yogyakarta yang berisi kunjungan ke berbagai tempat yang menurut Anda terjangkau dan tak terlalu melelahkan bagi ibu. Siapkan pula orang yang akan mendampinginya. Entah itu ayah atau orang lain yang dianggap bisa menjadi teman perjalanan mengasyikkan bagi ibu Anda.

2. Buku

Buku memang kado yang umum atau paling sering diberikan. Tetapi, akan menjadi istimewa jika Anda mengetahui buku apa yang tengah menjadi incaran ibu, apalagi jika ia memang hobi membaca. Atau, mencari tahu apa yang tengah disenanginya saat ini, maka buku yang berkaitan dengan itu pasti akan sangat berkesan baginya.

3. Karikatur

Banyak jasa pembuatan karikatur bisa Anda temukan di media sosial. Kado berupa karikatur juga tengah tren. Mengapa tidak memilih ini sebagai alternatif kado istimewa bagi ibu? Agar menjadi karikatur yang istimewa, jangan lupa memberikan deskripsi yang paling menggambarkan sosok ibu Anda. Dengan demikian, karikatur yang dihasilkan benar-benar menggambarkan sosok ibu. Bisa juga karikatur dengan ibu sebagai tokoh sentral, kemudian dikelilingi anak dan cucunya. Karikatur seperti ini akan mengingatkan bahwa ia dikelilingi oleh keluarga yang mencintainya.

4. Bibit tanaman

Kenapa tidak memilih bibit tanaman sebagai hadiah? Unik bukan? Apalagi jika ibu Anda memiliki hobi berkebun atau bercocok tanam. Anda bisa mengajak ibu berburu bibit bersama di pusat tanaman. Atau, bisa juga mengajaknya ke pameran flora dan fauna. Selain berburu kado, ini sekaligus menjadi ajang mengajak ibu jalan-jalan. Atau, jika waktu Anda terbatas, saat ini ada banyak penjual tanaman online yang menawarkan bibit tanaman. Pilihlah bibit-bibit tanaman yang unik, jarang ditemui, dan membuatnya bersemangat menyemainya.

Baca juga: Hadiahi Usia 40-an Tahun Anda dengan Solo Travel, Begini Persiapannya

5. Paket perawatan diri

Memberikan kado paket perawatan diri juga bisa menjadi pilihan. Misalnya, paket spa and massage. Berikan ibu waktu untuk rileks dan menyegarkan tubuhnya melalui kado yang Anda berikan. Dia pasti senang!

6. Polis asuransi

Tak biasa? Iya. Tetapi, kado berupa polis asuransi pasti akan sangat bermanfaat, dan berguna untuk jangka panjang. Pilihlah asuransi yang tepat bagi ibu. Misalnya, dia memiliki kendaraan tetapi belum diasuransikan, Anda bisa memilih asuransi kendaraan, dan lain-lain. Informasi soal asuransi bisa Anda dapatkan di Avrist Assurance.

Bagaimana cara merealisasikannya?

Dengan waktu yang tersisa, pikirkan bagaimana bisa merealisasikan kado yang akan Anda berikan kepada ibu. Cek tabungan, silakan berhitung, mana kado yang paling rasional dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Anda. Jika masih cukup waktu, Anda bisa mulai menyisihkannya sebagai tabungan.

Baca juga: Membeli Kado Ultah Teman, Lebih Baik Membeli Sendiri Atau Patungan?

Langkah yang perlu dilakukan:

  1. Cari informasi mengenai harga dari hadiah yang akan Anda berikan. Misalnya, Anda memilih akan menghadiahkan paket perjalanan, mulailah mencari tahu rentang harganya.
  2. Bandingkan harga. Ini juga langkah bijak saat membeli suatu barang. Siapa yang tak mau mendapatkan harga terbaik? Selain itu, salah satu upaya berhemat jika mendapatkan harga yang lebih murah.

Setelah menentukan hadiah dan bagaimana merealisasikannya, persiapkan pula rancangan mengejutkan saat menyerahkannya. Misalnya, mengajak ibu berjalan-jalan di akhir pekan, atau makan malam bersamanya sembari menyerahkan kado istimewa yang sudah Anda siapkan.

Selamat berburu beli kado istimewa untuk ibu!