5 Ide Side Hustle Agar Passion Terpenuhi dan Pendapatan Bertambah

0
21148
ide side hustle

Memiliki pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan passion memang idaman semua orang. Terlebih bila pekerjaan tersebut mendatangkan penghasilan yang memuaskan. Namun sayangnya, tidak semua orang beruntung dapat menjalani pekerjaan yang sesuai dengan minat pribadi. Suatu lembaga konsultan manajemen Gallup Inc pada tahun 2017 mengadakan riset terhadap jutaan pekerja di hampir 200 negara. Hasilnya menunjukkan, sekitar 85% orang pekerja tidak menyukai pekerjaannya. Menjalani  pekerjaan yang tidak disukai pasti terasa berat bahkan bisa membuat Anda rentan terjebak stres. Supaya tidak berlarut-larut, jangan berhenti mengeksplorasi kegiatan yang mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda. Caranya, Anda bisa menjalankan ide side hustle. 

Ini adalah istilah untuk menyebut aktivitas sesuai passion yang Anda kerjakan di sela pekerjaan utama. Berbeda dengan side job yang tujuan utamanya adalah mencari pendapatan sampinganside hustle bertujuan memenuhi kepuasan pribadi melalui kegiatan sesuai minat diri. Serunya lagi, ada banyak ide side hustle yang memberikan pendapatan tambahan cukup menarik, lho. Tertarik menjajaki?

Simak lima ide side hustle di bawah ini

1. Food Instagrammer

Di era media sosial seperti saat ini, acara makan atau berkuliner tak lengkap rasanya bila tidak didahului dengan acara memotret dahulu makanan yang hendak disantap, lalu posting gambar tersebut di akun media sosial. Seiring dengan kecanggihan kamera ponsel yang terus meningkat, hasil jepretan foto-foto makanan para amatir di media sosial pun makin berkualitas, tak kalah dengan karya fotografer profesional.

Ini yang menyebabkan banyak akun-akun food instagrammer bermunculan. Food instagrammer ialah sebutan buat mereka yang rajin berbagi foto makanan berikut informasi kuliner di akun instagram. Menjadi food instagrammer bisa menjadi ide side hustle yang dapat Anda jajaki. Terlebih bila Anda selama ini memang menyukai wisata kuliner dan suka memotret makanan.

Bila Anda konsisten membesarkan akun media sosial berisi konten kuliner berikut menampilkan hasil jepretan foto yang menarik, lambat laun Anda bisa menarik banyak follower. Seiring dengan itu, peluang mendapatkan penghasilan pun terbuka. Mulai dari menerima endorsement hingga menjadi food influencer.

Baca juga: Gaji Tak Kunjung Naik, Apa yang Harus Dilakukan?

2. Bisnis jasa titip (personal shopper)

Banyak orang senang berbelanja akan tetapi tidak semua orang punya waktu atau akses untuk melakukannya sendiri. Misalnya, tinggal di daerah yang cukup pelosok dan jauh dari pusat perbelanjaan, atau ibu-ibu yang sulit menyisihkan waktu khusus untuk berbelanja karena sudah terlampau sibuk mengurus anak dan rumah. Di sinilah peluang bisnis jasa titip (jastip) atau personal shopper bisa Anda tekuni. Side hustle sebagai personal shopper cocok bagi Anda yang menyukai shopping dan jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.

Peluang pendapatannya juga menarik. Dalam satu event pameran buku saja, seorang penyedia jasa titip bisa mengantongi untung bersih hingga jutaan rupiah. Hasrat berbelanja dan jalan-jalan terpenuhi, dompet juga makin tebal. Anda bisa memulainya dengan membidik satu fokus pasar. Misalnya, membuka jastip khusus produk anak-anak, jastip barang branded,  jastip luar negeri, dan lain sebagainya. Tetapkan tarif jasa titip bersaing supaya bisa meraih pasar. Optimalkan akun media sosial untuk mempromosikan jasa yang Anda tawarkan tersebut.

3. Home decor enthusiast

Senang mendandani rumah dan rajin membaginya di media sosial? Cobalah side hustle sebagai home decor enthusiast. Banyak orang mencari inspirasi penataan rumah idaman melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Nah, Anda bisa menjalankan hobi mendandani rumah dan membagi berbagai tips penataan agar bisa menginspirasi orang lain.

Bila Anda konsisten menjalankannya, lambat laun akan banyak follower yang mendapatkan inspirasi. Bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan penawaran proyek home decor dari follower, diundang sebagai narasumber di acara home decor, belum lagi penawaran endorsement di segmen home and furniture.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Generation Gap di Tempat Kerja

4. Beauty vlogger

Senang berdandan atau mendandani orang lain dengan make up? Jangan berhenti sebatas hobi. Bila Anda seriusi, menjadi beauty vlogger bisa menjadi ladang penghasilan yang lumayan. Tentu untuk ke sana, Anda perlu melakukan banyak usaha. Misalnya, secara konsisten memproduksi video tutorial make up atau skincare, terutama lewat Youtube dan Instagram.

Bila konten Anda menarik, tentu akan banyak orang yang memilih menjadi follower. Dari sana Anda bisa membuka banyak peluang menjadi endorser produk kecantikan ataupun menerima tawaran menjadi make up artist. Tarifnya menarik, bisa jutaan rupiah tiap satu posting atau sekali make up. Ini bisa menjadi tambahan pendapatan yang lumayan.

5. Mystery shopper

Siapa sih, yang tidak suka berbelanja? Aktivitas berbelanja adalah salah satu aktivitas yang digemari oleh hampir semua orang. Tapi, bagaimana menjadikan aktivitas belanja Anda lebih produktif? Bagi Anda yang menggemari acara shopping, Anda bisa menimbang menjadi mystery shopper alias pembeli misterius. Ini adalah profesi yang belakangan semakin banyak diminati karena pekerjaannya menyenangkan yaitu berbelanja dan bisa dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama.

Baca juga: Yakin Pendapatan Sudah Sesuai? Begini Cara Menghitung Kenaikan Gaji

Tugas mystery shopper adalah berperan sebagai pelanggan anonim sebuah layanan, apakah itu supermarket, bank, atau perusahaan lain yang menjadi klien. Dari pengalaman berbelanja tersebut, mystery shopper harus mengevaluasi layanan dan memberikan laporan pada klien. Untuk menjadi mystery shopper, Anda bisa mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia pembeli misterius. Pendapatan dari sini lumayan juga. Bahkan bila Anda tergabung ke penyedia jasa mystery shopper luar negeri, Anda berkesempatan mendapatkan honor dalam mata uang Euro. Kisaran honornya menarik, bisa mencapai €10 hingga €200 per sekali belanja.

6. Katering makanan sehat

Anda rajin membuat menu makan sehat seperti salad atau green juice dan memamerkannya di media sosial? Sekalian saja buka jasa katering makanan sehat. Kesadaran mengasup makanan sehat seperti salad dan green juice kini semakin besar, lho. Jadi, ketimbang bikin untuk diri sendiri dan memajangnya di media sosial, mengapa tidak membuka peluang cuan dari sini? Bila hitungan Anda tepat, bisnis kuliner makanan sehat bisa memberi keuntungan minimal 40%. Hal yang sama berlaku juga bila Anda memiliki hobi produktif lain seperti blogging atau crafting, atau mungkin hobi menggambar? Hobi-hobi tersebut bisa memberikan pendapatan tambahan bila Anda melakukan strategi yang tepat.

Itulah beberapa ide side hustle yang bisa Anda pertimbangkan. Jadi, tidak perlu lagi kehilangan passion saat mencari tambahan pendapatan. Tertarik menjajaki?