Tips Me Time Hemat Namun Membahagiakan

0
3169
me time hemat

Memanjakan diri setelah menggeluti rutinitas harian perlu dilakukan, loh. Tujuannya tentu saja untuk melindungi Anda dari stres, juga menjaga kesehatan mental dan fisik. Salah satu cara untuk memanjakan diri yang bisa dilakukan adalah menikmati waktu sendiri alias me time.

Namun sejumlah orang, termasuk Anda, terkadang menunda keinginan untuk me time karena alasan uang. Itu mungkin terjadi karena Anda membayangkan me time yang terlalu “sempurna” dan mahal. Akibatnya, setelah menimbang-nimbang masalah biaya yang terlalu besar, Anda malah mengurungkan niat untuk me time.

Menurut pendapat Independent Financial Planner dari QM Financial, Titis Syahluddin BSc.,CFP yang dikutip dari situs Market+, Anda sebaiknya menghindari me time yang bisa membuat bangkrut hanya karena menjaga gengsi. Lebih jauh, Titis menyarankan Anda untuk menyisihkan maksimal 20 persen dari penghasilan ke dalam sebuah rekening untuk me time setiap bulan, sehingga tidak mengganggu keuangan bulanan.

Selain menyisihkan dana khusus, Anda juga bisa me time dengan dana minim. Berikut beberapa tips me time hemat namun membahagiakan Anda.

Baca juga: Bisnis Potensial di Instagram

Nonton film

Salah satu cara memanjakan diri sendiri adalah dengan menonton film bagus. Dengan menonton, Anda akan tenggelam dalam cerita, karakter, dan dunia masuk ke dunia yang diciptakan sang sutradara. Jadi jika ada film menarik yang sudah ditunggu selama ini, langsung saja pergi ke bioskop sendiri. Agar lebih hemat, pilih waktu di mana Anda bisa mendapatkan tiket nonton hemat lebih murah, misalnya pada hari Senin setelah jam kerja.

Apabila film favorit Anda sudah beredar dalam bentuk DVD, mengapa tidak memilih untuk menontonnya saja di rumah? Anda bisa menciptakan suasana ruang keluarga seperti layaknya bioskop dengan mematikan lampu dan menyiapkan camilan sendiri. Cara ini akan menekan biaya me time yang perlu Anda keluarkan.

Memaksimalkan fungsi gawai

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan gawai yang Anda miliki. Selain menelepon dan berkirim pesan, Anda juga bisa bermain game, membaca e-book, hingga karaoke. Anda bisa mengunduh semua aplikasi yang dibutuhkan, kemudian memanfaatkannya saat menikmati waktu sendiri.

Perawatan diri

Melakukan perawatan diri tidak harus di salon, Anda bisa melakukannya di rumah. Berbagai produk perawatan kecantikan bisa dibeli dengan bebas di mana saja. Pilihlah produk yang sesuai dengan kulit dan rambut Anda. Bahkan, Anda bisa meracik masker atau krim creambath sendiri dengan bahan alami yang ada di rumah.

Windows shopping

Saat merasa stres dan cemas pada pekerjaan dan problema kehidupan, terkadang Anda perlu sedikit windows shopping, alias melihat-lihat barang menarik di mall atau di online shop. Namanya juga windows shopping, Anda tidak harus membeli suatu barang. Cukup mengitari mal dan melihat hal-hal baru, terkadang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Dari hasil “cuci mata” di mal ini, Anda jadi bisa mendapat inspirasi memadu-padankan baju, tas, atau aksesoris yang sudah Anda miliki di rumah. Jika Anda betul-betul tertarik untuk membeli barang, Anda bisa juga membelinya tanpa menggunakan uang (cashless), yakni dengan menggunakan poin kartu kredit atau poin dari app yang Anda miliki. Bonusnya lagi, Anda bisa lebih terencana dalam berbelanja alias belanja cermat. Amat disarankan sebelum menikmati me time di mal seperti ini, ada baiknya Anda tetapkan anggaran belanja agar bisa mendisiplinkan diri pada bujet yang telah dibuat. Kalau perlu, carilah barang diskon sehingga Anda masih bisa menghemat uang. Hati senang, kantong pun aman.

Aktifkan Jiwa Seni Anda

Ini yang biasa Anda dengar dengan sebutan “Do-It-Yourself” a.k.a DIY atau mengubah barang yang tak terpakai menjadi punya kegunaan lain. Di zaman serba digital ini, Anda bisa menemukan inspirasinya via Youtube, Instagram atau Pinterest. Daripada menghabiskan me time dengan sia-sia, Anda dapat melatih keterampilan dengan mencoba berkreasi lewat cara-cara baru yang unik. Jangan salah, bohlam lampu yang terpakai bisa Anda ubah menjadi hiasan dinding yang bernilai. Kardus bekas pun jangan dulu dihempas ke tong sampah karena ia bisa dilukis untuk menjadi benda lain yang berguna sebagai pajangan. Masih banyak ide menarik lainnya, Anda hanya butuh mengaktifkan sisi kreatif dalam diri saja.

Baca juga: Tips Menjadi Pekerja Lepas

Selamat menikmati me time yang sederhana, hemat namun bahagia!