Pastikan Rumah Aman Saat Mudik Agar Anda Tenang

0
1521
rumah aman saat mudik

Kembali ke kampung halaman seakan menjadi kerinduan yang selalu ditunggu oleh para perantau. Akhirnya, mudik menjelang Lebaran menjadi agenda rutin yang dilakukan untuk mengobati kerinduan untuk berkumpul di tengah pelukan hangat keluarga.

Saat mudikjangan sampai Anda risau akan keamanan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong. Ada 8 tips yang bisa Anda perhatikan agar rumah aman saat mudik berikut ini.

1. Rumah aman saat mudik: Sewa “safe deposit box” untuk menyimpan barang berharga

Pilah-pilih barang-barang berharga seperti surat rumah, surat tanah, perhiasan, logam mulia, dan lain-lain. Tempatkan barang-barang ini di tempat yang aman. Misalnya, memanfaatkan layanan safe deposit box yang biasanya tersedia di sejumlah bank.

Syarat penyewaan safe deposit box di antaranya, harus menjadi nasabah bank tersebut, memilih ukuran deposit box yang pas untuk menyimpan barang berharga Anda, dan lain-lain. Biaya sewa biasanya tergantung ukuran boks. Jika ingin menyimpannya di rumah, pastikan Anda menempatkannya pada tempat yang “tidak biasa” dan tidak mudah ditemukan.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Properti, Ketahui Sebelum Membeli

2. Pastikan kondisi pintu dan jendela

Jika tingkat keamanan di sekitar kediaman Anda meresahkan, tak ada salahnya mengganti kunci pintu yang menjadi akses utama. Demikian pula gemboknya. Hal ini untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa tak ada pihak lain yang menggandakan kunci pintu rumah Anda. Trust nobody, demi keamanan dan ketenangan hati.

Cek juga kunci-kunci jendela pada rumah Anda. Pastikan tak ada yang rusak sehingga memudahkan orang yang berniat tak baik untuk masuk rumah Anda melalui jendela tersebut.

3. Informasikan pada tetangga atau petugas keamanan

Salah satu tips agar rumah aman saat mudik: Jangan meninggalkan rumah tanpa menginformasikan orang terdekat, tetangga, atau petugas keamanan di lingkungan Anda bahwa Anda akan mudik selama beberapa hari. Informasikan pula pada mereka tanggal berapa Anda akan berangkat mudik dan kapan akan kembali. Jangan lupa pula untuk meninggalkan nomor telepon untuk memudahkan mereka menghubungi Anda jika ada sesuatu yang mendesak. Dengan cara ini, secara tidak langsung, Anda “menitipkan” rumah Anda kepada mereka dan meminta tolong mereka untuk mengawasi rumah Anda.

Baca juga: Menambah Aset Pribadi dengan Langkah Mudah

4. Pastikan keamanan saluran listrik, gas, dan air

Cek dan ricek apakah saluran listrik juga menjadi salah satu cara agar rumah aman saat mudik. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan tak akan terjadi korsleting saat rumah ditinggal mudik. Jangan lupa pula mematikan saklar atau mencabut stop kontak sebelum meninggalkan rumah, dengan begitu dipastikan rumah aman saat mudik. Pastikan pula kompor gas dalam kondisi mati, demikian pula dengan tabung gas. Lebih aman jika Anda menutup saluran gas untuk memastikan tak ada kebocoran selama ditinggal.

5. Nyalakan lampu penerangan utama

Nyalakan lampu-lampu yang memberikan penerangan saat malam hari. Misalnya, lampu teras depan, teras belakang, samping, atau lampu teras atas. Lebih baik lagi jika Anda menggantinya dengan lampu otomatis yang memiliki sensor cahaya. Lampu seperti ini akan menyala saat gelap dan mati saat mendeteksi sinar matahari.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Anda Lakukan dengan THR

6. Pastikan tak meninggalkan sampah

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumah dalam keadaan bersih. Jangan meninggalkan sisa makanan atau sampah basah di tempat sampah. Pastikan semua sampah sudah dikeluarkan dari rumah, membersihkan perangkat dapur, kulkas, dan tak menyisakan makanan. Hal ini untuk memastikan tak ada yang membusuk dan menimbulkan bau tak sedap saat Anda kembali ke rumah. Selain itu, hal ini juga penting agar tidak mengundang binatang masuk ke dalam rumah.

7. Mengasuransikan rumah

Mengasuransikan properti atau rumah Anda juga bisa jadi salah satu pilihan untuk memberikan ketenangan. Melalui asuransi properti, rumah akan mendapatkan perlindungan dari sejumlah potensi risiko yang mungkin terjadi seperti misalnya risiko kebakaran, gempa, dan lain-lain. Ada beberapa jenis asuransi properti produk Avrist Assurance yang bisa Anda pertimbangkan, selengkapnya bisa dicek di Avrist Property.

8. Jangan “pengumuman” di media sosial

Jangan posting di media sosial yang menginformasikan bahwa Anda mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Jangan pula posting potret bagian depan rumah Anda. Menahan diri untuk tak eksis soal ini semata-semata untuk alasan keamanan.

Selamat mudik, selamat melepas rindu dan bersenang-senang dengan keluarga!