Mana yang Lebih Bermanfaat, Arisan Barang atau Arisan Uang?

    0
    7272
    Arisan Barang atau Arisan Uang

    Arisan bisa menjadi cara yang dapat membantu Anda mengelola keuangan. Berikut hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika harus memilih hendak ikut arisan barang atau uang. Mana yang lebih bermanfaat, arisan barang atau arisan uang ya?

    Dear Avrist,

    Baru-baru ini, rekan-rekan di kantor mengajak saya untuk ikut arisan uang. Nah, ternyata saya baru tahu kalau para tetangga di lingkungan rumah juga ada yang mengajak ikut arisan barang. Sebenarnya, bila keduanya dibandingkan, mana sih yang lebih baik dan bermanfaat: arisan uang atau arisan barang? – Natasia, 31 tahun.

    Halo Natasia,

    Pada dasarnya arisan itu bisa menjadi salah satu cara untuk membantu Anda menabung. Soalnya, dengan cara mengikuti arisan, entah itu cara arisan barang atau uang, Anda belajar disiplin menyetorkan uang setiap bulan kepada seseorang yang ditunjuk sebagai kepala arisan. Setoran uang ini umumnya berlangsung dalam periode tertentu, tergantung kesepakatan anggota yang ikut serta.

    Baca Juga: Saat Darurat, Bagaimana Etika Pinjam Uang ke Orangtua?

    Ketika hendak memilih antara arisan barang atau uang, maka Anda harus melihat kebutuhan Anda pribadi. Pertama, manakah yang lebih Anda butuhkan saat ini, apakah uang atau barang? Bila jawabannya adalah uang, maka arisan uang adalah pilihan yang tepat. Arisan uang membuat Anda seolah-olah mendapatkan “pinjaman” di awal, sehingga selanjutnya Anda tinggal membayarkan cicilan “pinjaman” tersebut  selama periode arisan berlangsung.

    Kedua, bila Anda membutuhkan barang yang menjadi tujuan suatu arisan, maka mengikuti arisan tersebut adalah pilihan yang tepat. Dengan mengikuti arisan barang, maka Anda bisa mendapatkan barang yang Anda idamkan secara langsung dengan cara memperoleh “pinjaman” dana dari sesama rekan arisan. Ini sangat membantu Anda jika misalnya saat ini dana Anda belum mencukupi jika ingin membeli barang tersebut secara tunai. Anda mau beli secara langsung saat ini uangnya belum mencukupi secara tunai.

    Baca Juga: Saat Kita Tahu Gaji Semua Rekan Kerja di Kantor, Bagaimana Cara Mengatur Rasa Cemburu Sosial?

    Manfaat lain dari arisan uang atau arisan barang, Anda jadi tidak perlu membayar bunga seperti halnya jika Anda mencicil barang secara kredit dari bank atau lembaga kredit. Jadi, saatnya bijak melihat kebutuhan Anda.