Cara Positif Menjaga Kesehatan Mental selama #DiRumahAja

0
5934
cara positif Menjaga Kesehatan Mental selama covid-19

Pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19) yang melanda sejak awal tahun belum juga usai. Sehingga, kita pun terus dihimbau untuk terus berkegiatan #DiRumahAja dan membatasi diri dengan orang lain, alias social distancing serta pentingnya menjaga kesehatan mental selama #dirumahaja. Bahkan, kini pemerintah memperketat kebijakan karantina ini dengan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan begitu, praktis ruang gerak kita pun semakin terbatas. Di tengah masa karantina yang tak kunjung usai serta pandemi yang belum berakhir, kita memang perlu menghadapinya dengan tetap tenang dan jangan panik. Karena, stres dan khawatir yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan mental, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan fisik. Berikut ini kami bahas mengenai cara positif menjaga kesehatan mental selama #dirumahaja.

Gangguan pada kesehatan mental akan mempengaruhi kesehatan fisik

Sangat mudah dipahami jika situasi sekarang ini menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mental seperti mudah terbawa emosi, cemas, bahkan depresi. Pasalnya, setiap saat masyarakat dihujani oleh berbagai informasi seputar virus corona, baik melalui media massa maupun lewat media sosial. Tidak semua berita tersebut bernada positif. Sebagian besar berita yang berseliweran justru menambah rasa cemas masyarakat. Belum lagi banyaknya berita tidak benar atau hoax yang bertebaran di grup Whatsapp.

Terpaan informasi seputar virus corona ini akhirnya menimbulkan gangguan kesehatan mental pada banyak orang. Mungkin Anda sudah pernah dengar gejala psikosomatik yang ramai bermunculan belakangan ini. Psikosomatik merupakan suatu kondisi di mana ketidakseimbangan di dalam pikiran akan memicu keluhan fisik. Contohnya, karena seseorang stres dan khawatir menghadapi pandemi COVID-19, ia merasa meriang, demam, pusing, sakit tenggorokan, padahal tubuhnya menunjukkan suhu normal.

Cara positif menjaga kesehatan mental

Gangguan mental yang timbul ini pada akhirnya akan menurunkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh akan mudah terserang suatu penyakit. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, bukan? Agar Anda bisa menjaga kesehatan mental selama masa Covid-19 ini, berikut ini beberapa langkah positif yang bisa Anda lakukan.

1. Buat sebuah rutinitas baru

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) membuat waktu kerja Anda jadi lebih efektif karena Anda tidak perlu membuang waktu di perjalanan. Fleksibilitas waktu ini dapat Anda manfaatkan untuk membentuk rutinitas baru yang sebelumnya tidak bisa Anda lakukan, seperti mendampingi anak belajar dari rumah atau learn from home, memasak sarapan pagi tanpa tergesa-gesa, olahraga sebelum atau setelah bekerja, dan kebiasaan baru lainnya. Untuk memudahkan Anda menjalani rutinitas baru tersebut, buatlah jadwal.

Baca juga: 7 Cara Mempertahankan Bisnis di Tengah Krisis Corona

2. Batasi diri dari terpaan berita

Caranya, Anda bisa melakukan filter terhadap berita-berita yang tidak ingin Anda baca. Misalnya, di Twitter, Anda bisa masukkan frasa, hashtag, atau kata yang hendak dibisukan atau mute dengan mengklik Profil, lalu pilih Pengaturan dan Privasi, kemudian klik Tambahan. Untuk grup Whatsapp, Anda bisa mematikan notifikasi pada grup yang sering menyebarkan berita hoax. Atau cara lain, Anda bisa membuat jadwal pribadi untuk bersentuhan dengan gadget dan media sosial. Misalnya, hanya pukul 09.00 WIB-12.00 WIB dan pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Sisanya, Anda bisa fokuskan waktu untuk bekerja dan quality time bersama keluarga.

3. Terhubung dengan orang terdekat

Jangan biarkan ruang gerak yang terbatas #DiRumahAja membuat Anda bosan dan bingung hendak melakukan apa. Seperti layaknya bekerja di kantor di mana Anda bisa menyapa rekan kerja sesering mungkin, Anda juga bisa menyapa mereka dengan Whatsapp video call atau bahkan “nongkrong live” dengan aplikasi conference call seperti Zoom dan Skype. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk saling menguatkan keluarga, kolega, dan teman agar tetap semangat.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami?

4. Lakukan perawatan diri

Agar tetap semangat, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan perawatan diri atau self-care seperti makan makanan enak, minum minuman kesukaan, mencoba kosmetik baru, manicure dan pedicure, olahraga, meditasi, yoga, mewarnai rambut, atau bahkan memotong rambut. Bukan rahasia lagi bahwa makanan dan minuman kesukaan akan membantu meningkatkan semangat dan mood kerja Anda seharian. Jadi, sebelum memulai rutinitas sehari-hari, siapkan camilan dan minuman kesukaan Anda untuk menjaga semangat. Anda juga boleh-boleh saja belanja online, seperti mencoba kosmetik baru. Tapi yang perlu diingat, alokasikan dana belanja maksimal 10% dari gaji bulanan. Membatasi diri dengan anggaran akan membantu Anda terhindar dari belanja impulsif.

Download panduan E-book #AvGotYouatHome

5. Cari siaran TV kesukaan, podcast, buku

Jikalau pekerjaan Anda telah selesai, Anda bisa bersantai dengan menonton acara TV kesukaan, podcast yang menarik, atau membaca buku. Masa karantina ini juga merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan diri dengan mengikuti berbagai kursus online.

6. Tetap optimistis

Dan yang tak kalah penting dari semuanya dalam menjaga kesehatan mental selama masa pandemi ialah, tetaplah semangat, optimistis, jangan putus asa, dan berpikiran positif bahwa pandemi COVID-19 akan segera berlalu. Dengan fakta bahwa semakin banyak pasien yang sembuh, itu artinya penyakit ini bisa disembuhkan. Daripada cemas berlebihan, lebih baik Anda terus menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari virus corona dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun selama 40-60 detik atau hand sanitizer, tidak menyentuh wajah, selalu menggunakan masker saat di luar rumah, menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, serta berkegiatan #DiRumahAja.

Baca juga: Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Selama COVID-19

Lakukan aktivitas dengan tenang dengan memiliki proteksi

Agar dapat melakukan berbagai aktivitas dengan tenang, Anda dapat melengkapi proteksi diri dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan. Sebagai penyedia asuransi kesehatan yang terpercaya, Avrist Assurance mendukung Anda untuk melakukan kegiatan #DiRumahAja dengan aman melalui semangat #AvGotYouatHome. Dengan semangat ini, Anda bisa tetap melakukan berbagai kegiatan dengan tenang karena Avrist Assurance telah menyediakan berbagai proteksi yang bisa menolong Anda memperoleh pelayanan kesehatan terbaik saat jatuh sakit dengan premi terjangkau.

Salah satu proteksi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Avrist Simple Start, asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan asuransi jiwa dengan premi yang sangat terjangkau per bulannya. Avrist Simple Start menawarkan berbagai manfaat mulai dari manfaat kamar rawat inap harian, manfaat rawat jalan, manfaat rawat jalan umum, manfaat pembedahan, manfaat bonus tanpa klaim, dan manfaat asuransi jiwa.

Sementara untuk menyemarakkan kegiatan Anda selama #DiRumahAja, Anda bisa menemukan konten-konten seru ala #AvGotYouatHome di Instagram Avrist Assurance. Dengan berbagai konten seru tersebut, aktivitas harian Anda tidak akan terasa membosankan.

Dengan ulasan di atas, semoga kini Anda semakin sadar bahwa menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menghindarkan diri dari gangguan kesehatan fisik. Yuk, lakukan cara positif dalam menjaga kesehatan mental selama #dirumahaja.

Download panduan E-book #AvGotYouatHome