Agar Tidak Kesepian, Ini Cara Bersosialisasi Meski #diRumahAja

0
6931
cara bersosialisasi meski #dirumahaja

Perintah #DiRumahAja harus dipatuhi, apa pun kondisinya, sebagai upaya kita turut berkontribusi memutus rantai penyebaran virus corona. Sudah bosan? Kangen bertemu teman-teman atau ingin hang out bareng? Jangan putus asa. Dengan teknologi yang ada saat ini, kita bisa kok tetap memiliki cara bersosialisasi meski #DiRumahAja dan tetap terhubung dengan siapa saja.

Percaya tidak dengan pepatah yang mengatakan “kebahagiaan itu kita yang ciptakan”? Ada benarnya juga, lho. Pada situasi pandemi virus corona seperti saat ini, hati harus bahagia meski banyak yang dibatasi, termasuk mobilitas kita. Dalam situasi normal, kita bisa pergi ke mana saja sesuka hati. Jadwal traveling sebulan sekali; bertemu teman untuk nongkrong, nonton di bioskop atau nge-gym bareng seminggu sekali, bisa kapan saja dilakoni. Kini, ketika membayangkannya, serasa jadi sebuah kemewahan.

Ini Cara Bersosialisasi Meski #diRumahaja

Group video chat

Kangen nongkrong dengan teman satu gank? Jangan gigit jari, kamu tetap bisa memiliki cara bersosialisasi meski #dirumahaja. Bisa kok, tetap nongkrong bareng secara virtual. Anda bisa mengatur jadwal bersama teman-teman, misalnya, di akhir pekan untuk melakukan group video chat. Banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan, di antaranya Whatsapp group video call (maksimal 4 orang), ZoomGooogle Hangout, dan banyak lagi pilihan lainnya. Biar seru, Anda bisa janjian nongkrong virtual dengan outfit kompakan, sama-sama pakai baju warna merah, misalnya. Masing-masing bisa mempersiapkan secangkir kopi dan cemilan. Jadi deh, nongkrong bareng sambil ngopi.

Baca Juga: Cara Positif Menjaga Kesehatan Mental selama #DiRumahAja

Main game online bareng 

Agar masa isolasi semakin seru, Anda juga bisa bermain game online bersama teman-teman. Ada sejumlah game online yang bisa jadi pilihan. Melansir The Oprah Magazine (2020), berikut beberapa permainan daring yang bisa dimainkan bersama-sama:

  • Cards Against Humanity
    Game  ini berupa permainan kartu yang dapat dimainkan online melalui platform Playing Cards. Anda tidak perlun mengunduhnya. Ini link untuk memainkan game ini: Playing Cards.
  • Words with Friends 2
    Ini permainan yang mengasah otak, adu kata, cukup kompetitif tetapi ringan. Permainan Words with Friends 2 ini dimainkan satu lawan satu. Untuk memainkannya, Anda harus mengunduh aplikasi di Apps Store.
  • Scrabble Go
    Jika keluarga Anda suka bermain Scrabble, terhubunglah dengan mereka secara virtual melalui permainan Scrabble GO, versi aplikasi online dari board game yang sangat populer. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di App Store atau Google Play.

Download panduan E-book di sini

Olahraga online bareng

Di media sosial, kita juga bisa menemukan berbagai keseruan dari mereka yang ingin tetap eksis selama #DiRumahAja. Ada yang dancing bareng, bahkan olahraga bersama-sama. Dengan kemajuan teknologi dan berbagai pilihan aplikasi, hal ini tak mustahil dilakukan. Anda bisa menemukan berbagai undangan olahraga online bersama-sama, dengan instruktur yang siap mengarahkan para pesertanya. Berbagai kantor juga mengadakan olahraga bareng ini untuk para karyawannya. Dalam situasi seperti ini, kesehatan harus dijaga, salah satunya dengan olahraga. Kalau dilakukan bersama-sama, pasti lebih semangat! Jika di kantor Anda belum ada yang mengisiniasinya, coba deh diusulkan. Anda bisa mengontak salah satu coach fitnes atau yoga untuk jadi pemandu.

Baca juga: Tips Tetap Produktif Saat Work from Home Selama COVID-19

Bergabung di komunitas buku online

Suka membaca? Jika ya, bergabung di komunitas buku online bisa jadi pilihan untuk mengisi aktivitas selama #DiRumahAja. Ada banyak komunitas online bagi para pencinta buku. Salah satunya Online Book Club, yang bisa diakses di sini. Pilihan lainnya:

  • Our Shared Shelf
    Komunitas ini digagas oleh artis Emma Watson, dan fokus pada mereka yang suka dengan buku bertema gender dan keadilan. Informasi tentang komunitas ini, bisa diakses di sini: Our Shared Shelf.
  • Oprah’s Book Club 2.0
    Mereka yang bergabung dengan komunitas ini, bisa mendapatkan berbagai inspirasi dari rak buku Oprah Winsfrey. Akses informasi komunitas ini di sini: Oprah’s Book Club 2.0.

Masih banyak komunitas online pencinta buku lainnya yang bisa Anda temukan di mesin pencarian.

Virtual traveling

Kangen jalan-jalan? Jangan putus asa! Anda bisa kok mengobati kerinduan berjalan-jalan atau traveling dengan melakukannya secara virtual. Coba cari di mesin pencarian, ada banyak tawaran virtual traveling yang bisa ditemukan. Disneyland misalnya, membuka virtual tour ke beberapa wahana yang ada di Florida dan California. Atau, semudah Anda “berjalan-jalan” dengan menelusuri Google Street View dan berputar-putar di lokasi yang ingin Anda kunjungi. Misalnya, bulan ini seharusnya Anda menghabiskan cuti di Bali, tetapi tertunda gara-gara virus corona. Untuk mengobati kecewa, kenapa tak melakukannya secara virtual? Sekali lagi, bahagia itu bisa kita ciptakan sendiri!

Mengirim kartu dan kejutan

Dalam situasi sulit seperti saat ini, saling mendukung satu sama lain akan bisa menguatkan. Anda bisa memiliki cara bersosialisasi meski #dirumahaja dengan memberikan dukungan bagi anggota keluarga, teman, atau rekan kerja lewat kejutan berupa kartu. Bikin saja kartu digital dan buat sepersonal mungkin untuk setiap orang yang ingin Anda sapa, dengan pesan-pesan yang memotivasi dan memberikan semangat. Atau, pesan makanan secara online kemudian diantarkan melalui jasa pengiriman. Kejutan-kejutan kecil pasti akan sangat berarti pada saat seperti ini.

Baca juga: Kegiatan Anti Bosan di Rumah Selama Pandemi Corona, Jangan Mati Gaya!

Aksi sosial

Berbagilah maka engkau akan merasa kaya. Anda juga bisa berkontribusi dengan memberikan donasi untuk mereka yang terdampak pandemi virus corona. Berbagai platform dan komunitas menyediakan saluran berdonasi bagi mereka yang ingin berbagi.  Meski tak terlibat langsung dalam penyalurannya, hal ini akan membuat Anda merasa tetap terhubung dengan dunia luar dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Tetap #DiRumahAja untuk Kebaikan, Yuk Isi dengan Kebiasaan Baik

Me time

Menjaga hubungan dengan dunia luar di tengah keterbatasan jangan membuat Anda lupa untuk “me time“. Carilah waktu untuk diri sendiri. Sekadar mendengarkan podcast, musik, atau membaca buku. Pilihan lain yang bisa masuk list Anda, Avrist Assurance akan menayangkan konten-konten seru ala #AvGotYouatHome yang bisa Anda simak di Instagram Avrist Assurance. Nantikan, ya!

Kesempatan “menyendiri” juga bisa Anda manfaatkan untuk mengevaluasi kondisi keuangan karena dampak virus corona pasti berimbas pada perekonomian. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, kini saatnya untuk meninjau pengeluaran Anda dan memprediksi kondisi ke depan. Salah satunya berhitung apakah perlindungan terhadap keluarga sudah cukup aman atau belum.

Selamat mencoba cara bersosialisasi meski #dirumahaja dan tetap bahagia!

Download panduan E-book di sini