Kriteria Asuransi yang Cocok untuk Anak Muda, Apa Saja?

0
4608
Asuransi yang Cocok untuk Anak Muda

Tahukah Anda, bahwa perencanaan keuangan tak hanya soal menabung atau menginvestasikan uang dalam bentuk saham, reksa dana, dan sebagainya? Asuransi juga merupakan elemen penting dalam perencanaan keuangan. Alasannya, asuransi menjadi proteksi atas risiko yang mungkin terjadi dalam keseharian kita. Bagi Anda yang masih mencari asuransi yang cocok, simak pembahasan kriteria asuransi yang cocok untuk anak muda berikut ini.

Tak ada yang berharap sakit atau celaka. Tetapi sedia payung sebelum hujan adalah pilihan bijak. Tak terkecuali bagi mereka yang masih berusia muda. Kesadaran pentingnya asuransi harus dimiliki. Selain karena penting, mulai memiliki asuransi dalam usia muda juga memberikan peluang mendapatkan biaya premi yang lebih murah. Apa yang harus dilakukan anak muda saat akan memilih asuransi dan bagaimana menentukan kriteria asuransi yang cocok untuk anak muda?

1. Berhitung

Hitung kebutuhan asuransi. Maksudnya, ketahui perlindungan seperti apa yang Anda butuhkan. Tentunya disesuaikan dengan keseharian dan prediksi masa depan. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan agen asuransi atau perencanaan keuangan.

Baca juga: Asuransi Penyakit Kritis, Sebenarnya Perlu atau Tidak?

2. Asuransi jiwa, kesehatan, dan penyakit kritis

Umumnya, ada tiga asuransi yang dibutuhkan. Ketiga asuransi yang cocok untuk anak muda ini yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi penyakit kritis. Mumpung masih muda, ada peluang mendapatkan premi asuransi yang lebih murah.

Asuransi kesehatan akan menjamin ketika Anda sakit dan akan menutupi biaya pengobatan sesuai cakupan atau coverage. Asuransi jiwa akan memberikan pertanggungan ketika pemilik polis asuransi meninggal dunia. Sementara, asuransi penyakit kritis akan memberikan pertanggungan jika terjadi risiko penyakit kritis seperti kanker, jantung, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui agar Tak Tertipu Saat Membeli Asuransi

3. Pelajari produk asuransi yang akan dipilih

Setelah menentukan asuransi yang dibutuhkan, mulailah mencari tahu produk asuransi yang bisa memenuhi kriteria kebutuhan Anda. Ada banyak produk yang ditawarkan berbagai perusahan asuransi.

Berbagai informasi produk asuransi seperti asuransi jiwa dan asuransi umum bisa Anda dapatkan di avrist.com.

Untuk asuransi jiwa, Anda bisa mempertimbangkan Avrist Simple Start yang merupakan asuransi jiwa dengan perlindungan kesehatan dari Avrist Assurance. Avrist Simple Start memberikan perlindungan berjangka waktu satu tahun dan dapat diperbaharui. Pemegang polis akan mendapatkan perlindungan ketika membutuhkan perawatan atau tindakan medis lanjutan di rumah sakit.

Baca juga: Inilah Penyebab Mengapa Premi Asuransi Anda Jadi Mahal

Lebih cepat lebih baik

Sebaiknya, jangan menunda untuk memiliki asuransi selagi usia masih muda. Seperti disampaikan di atas, saat risiko ancaman kesehatan masih kecil, ada peluang premi yang Anda bayarkan akan lebih murah.

Selain itu, mereka yang sudah memiliki penghasilan tetap dipandang paling tepat untuk berasuransi. Anda bisa mengatur keuangan, berapa angka yang pas untuk dialokasikan membayar premi.

Tak hanya untuk alasan proteksi, memiliki asuransi juga dianggap sebagai salah satu cara mengelola keuangan sehingga mendatangkan manfaat. Selain berjaga-jaga, mengalokasikan keuangan untuk premi asuransi juga bisa membuat perencanaan keuangan terpola dan terarah.

Selamat memilih asuransi!